Waktu Pelaksanaan UKA dan Tempat UKA Tahun 2015

Waktu Pelaksanaan UKA dan Tempat UKA Tahun 2015 ~ Rekan guru semua yang sudah persiapan bentar lagi menghadapi UKA ( uji kompetensi Awal ) sebagai syarat tes kemampuan bidang studi yang anda ajar. dan juga sebagai pelengkap dasar dalam mengikuti tes sertifikasi PPGJ tahun 2015, Kiranya anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang, baik dari penguasaan materi atau persiapan mental anda.

Untuk itu perlu anda pelajari lebih lanjut mengenai Kisi-kisi materi UKA tahun 2015, agar anda tahu materi apa saja yang diujikan sehingga anda lebih mudah untuk mempelajarinya. UKA wajib diikuti semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS. Pelaksanaan UKA melibatkan berbagai instansi antara lain BPSDMPK-PMP, LPMP, dan Dinas Pendidikan propinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Agar seluruh instansi yang terlibat dalam pelaksanaan UKA memiliki pemahaman yang sama tentang mekanisme pelaksanaan UKA, maka perlu disusun informasi yang lengkap tentang mekanisme pelaksanaan UKA tahun 2015.

Kali ini volimaniak ingin berbagai seputar pelaksanaan UKA, yaitu waktu pelaksanaan UKA dan tempat UKA tahun 2015, untuk lebih jelasnya berikut rinciannya;

Waktu Pelaksanaan UKA


UKA Online


Pelaksanaan UKA tahun 2015 akan berlangsung paling lama 4 (empat) hari pada tanggal 17 s.d 20 Maret 2015. UKA online dimulai secara serentak di seluruh Indonesia. Penetapan jadwal pelaksanaan UKA ditentukan oleh LPMP bersama dinas pendidikan kab/kota. Durasi pelaksanaan UKA pada masing- masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah TUK dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak TUK semakin cepat pelaksanaan UKA.

Bagi guru yang memiliki kekhususan yaitu Tuna Netra memerlukan pendamping dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai pembaca soal. Lamanya waktu yang diperlukan 180 menit dan dijadwalkan khusus.

UKA Manual


Waktu pelaksanaan UKA manual dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama 1 (satu) hari, jadwal pelaksanaan akan ditentukan kemudian diantara tanggal pelaksanaan UKA online.

Tempat UKA


Uji Kompetensi Awal akan dilaksanakan di TUK yang telah ditetapkan dinas pendidikan kabupaten/kota sesuai dengan persyaratan yang telah diverifikasi oleh LPMP. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menetapkan tempat UKA:
  • Lokasi TUK mudah dijangkau
  • Memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan

1. Persyaratan Tempat UKA online

  1. Unit kerja pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau kementerian lain yang memiliki fasilitas pendukung, dapat berupa lembaga pendidikan dan latihan (PPPPTK dan LPMP) atau lembaga pendidikan.
  2. Memiliki sumber daya manusia (operator) yang memahami Lokal Area Network (LAN) dan terbiasa bekerja dengan jaringan internet. Operator tersebut akan bertugas sebagai tim teknis sistem UKA online.
  3. Memiliki laboratorium komputer minimal 20 unit PC dan 1 server, yang terkoneksi dalam jaringan LAN (sebaiknya pakai kabel, bukan WiFi)
  4. Spesifikasi PC Client minimal:
    • Prosessor Intel Pentium 3 - 600Mhz,
    • Memory, 512mb,
    • Hard disk Free 5Gb,
    • Monitor, Keyboard,
    • Mouse Standard.
  5. Spesifikasi server minimal:
  • Prosessor Intel Pentium 4 - 2,4Ghz,
  • Memory : 2 Gb,
  • Hard disk Free 10 Gb,
  • CDROM,
  • Monitor
  • Terkoneksi dengan jaringan internet minimal 256 kbps.
  • UPS (uninteruptible power supply)

2. Persyaratan Tempat UKA Manual

a. Lokasi UKA manual mempertimbangkan:
  1. keterjangkauan oleh peserta;
  2. kelayakan dan daya tampung; dan
  3. keamanan.
b. Minimal terdiri dari 9 (sembilan) ruang. Masing masing ruang maksimal diisi oleh 20 orang peserta UKA untuk mata pelajaran yang sama
c. Apabila 1 (satu) ruang UKA tidak memenuhi 20 orang untuk mata pelajaran yang sama, dapat digabung dengan peserta dari mata pelajaran lain.
d. Dalam satu lokasi UKA minimal harus terdapat dua mata pelajaran.

Demikian informasi singkat dari volimaniak mengenai waktu pelaksanaan UKA tahun 2015,semoga bisa bermanfaat.
Powered by Blogger.