Fase latihan senam aerobik

Senam aerobik merupakan senam yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan anda. Manfaat senam aerobik selain membuat tubuh selalu bugar dan menjaga kesehatan, perlu anda ketahui bahwa senam aerobik juga dijadikan alternatif kaum wanita untuk menjaga tubuh agar tetap langsing.selai itu dengan porsi latihan yang lebih bisa membakar kalori atau kegemukan yang sering dialami oleh banyak wanita, karena mungkin kurang PD dalam kondisi tubuh yang kurang seksi atau normal.

Bagi anda penggemar berat senam aerobik perlu anda ketahui bahwasanya dalam latihan senam aerobik tidak asal dilakukan tetapi harus dengan cara / prosedur latihan yang benar. jika anda asal latihan bukan manfaat yang anda dapatkan melainkan malah akibat yang mengganggu kesehatan anda.kali ini volimaniak akan memberikan sedikit penjelasan yang wajib anda ketahui sebelum anda latihan senam aerobik,yaitu fase/ urutan melakukan senam aerobik, untuk lebih jelasnya berikut rincian lengkapnya;

Sebenarnya senam aerobik itu memiliki banyak macamnya,mungkin anda hanya mengetahu saja senam aerobik saja tanpa tahu sebenarnya apa saja sih macam-macam senam aerobik itu, untuk itu saya anjurkan sebelum memulai latihan senam aerobik silahkan anda bisa baca lebih lanjut mengenai : macam-macam senam aerobik

Fase Urutan Latihan Senam Aerobic

Pemanasan (Warming Up)

http://www.volimaniak.com/Dalam fase ini dapat menggunakan pola warming happening yang didahului oleh kegiatan stretching / penguluran otot otot tubuh dan dilanjutkan dengan gerakan dinamis pemanasan. Pola yang kedua yaitu kebalikan dari pola pertama dimana seseorang melakukan pemanasan dinamis dulu kemudian dilanjutkan dengan melakukan kegiatan penguluran otot  otot tubuh / stretching.

Kegiatan pemanasan / warming happening ini memiliki tujuan yaitu : meningkatkan elastisitas otot dan ligamen di sekitar persendian untuk mengurangi resiko cedera. Meningkatkan suhu tubuh dan denyut nadi sehingga mempersiapkan diri agar siap menuju ke aktivitas utama, yaitu aktivitas latihan.
Dalam fase ini, pemilihan gerakan harus dilakukan dan dilaksanakan secara runtut dan tetap. Misalnya, apabila gerakan tersebut dimulai dari kepala, maka urutannya adalah kepala, lengan, dada, pinggang dan kaki. Begitu pula sebaliknya.

Kegiatan Inti


Fase latihan adalah fase utama dari urutan latihan senam aerobik. Dalam fase ini mean latihan haruslah tercapai. Salah satu indikator latihan telah memenuhi hope adalah dengan memprediksi bahwa latihan tersebut telah mencapai training zone. Training zone adalah daerah ideal denyut nadi dalam fase latihan. Rentang training zone adalah 60 %  90 % dari denyut nadi maksimal seseorang (DNM). Denyut nadi yang dimiliki oleh setiap orang berbeda, tergantung dari tingkat usia seseorang. Berikut ini adalah rumus untuk mencari denyut nadi maksimal seseorang (DNM) :

DNM = 220  Usia (Tahun)
Umumnya rumus ini digunakan untuk ATLET.
rumus menghitung denyut nadi maksimal bagi
ORANG AWAM / bukan atlet adalah :
DNM = 200  Usia (Tahun)
Dalam senam aerobic, fase inti dapat dilakukan dengan aktivitas senam aerobic low impact, self-denying impact, high impact maupun amalgamation impact selama 25  55 menit.

Untuk mengukur daya tahan tubuh atau denyut nadi yang sehat dan normal itu gimana silahkan anda bisa baca postingan volimaniak yang lalu yaitu mengenai : Cara mengukur masa indeks tubuh

Pendinginan (Cooling Down)


Pada fase ini hendaknya melakukan dan memilih gerakan  gerakan yang mampu menurunkan frekuensi denyut nadi untuk mendekati denyut nadi yang manner, setidaknya mendekati awal dari latihan. Pemilihan gerakan pendinginan ini harus merupakan gerakan penurunan dari tingkatan tinggi ke gerakan tingkatan rendah.

Ditinjau dari segi ILMU FAAL, perubahan dan penurunan tingkatan secara bertahap tersebut berguna untuk menghindari penumpukan asam laktat yang akan menyebabkan kelelahan dan rasa pegal pada bagian tubuh/ otot tertentu.

Demikian informasi terkait senam aerobik yang bisa volimaniak sampaikan tunggu saja postingan berikutnya saya akan berikan contoh gerakan senam aerobik yang bisa digunakan untuk latihan dengan berbagai koleksi house music/DJ yang merupakan karya buatan saya sendiri baik dari aransemen musik dan gerakan senam aerobik. moga membantu anda semua dalam memahami apa itu senam aerobik. terimakasih
Powered by Blogger.