Rangkuman Materi Penjas Kelas 8 Kurikulum KTSP 20016 Semester 1 dan 2

Pada postingan kali ini volimaniak akan menjelaskan mengenai Rangkuman Materi Penjas Kelas 8 Kurikulum KTSP 20016 Semester 1 dan 2. pada bab ini kalian akan belajar semua materi penjas kelas 8 mulai dari semester 1 dan 2.

Pelajaran penjas merupakan mapel yang banyak disukai para murid, karena olahrga bersifat netral dan ini bisa dijadikan sebagai sarana refresing yang selama 1 minggu penuh kita menerima pelajaran lainnya, tetapi jangan disalah artikan dengan olahraga penjas sendiri tidak hanya materi praktek saja, kalian juga harus menguasai materi teori penjas kelas 8 juga, untuk itulah saya sediakan rangkuman materi penjas kelas 8 ini sebagai bekal anda dalam mengikuti pelajaran penjaskes sewaktu dudutk di kelas 8.

Rangkuman materi penjas kelas 8 ini sudah saya lengkapi mulai dari semester 1 dan 2, jadi dengan adanya rangkuman ini saya berharap anda sebisa mungkin mempersiapkan materi yang ada, dan dijadikan sebagai sarana belajara, sehingga anda tidak menguasai praktek saja, tetapi juga menguasai teori dasarnya, karena pengetahuan materi ini sangatlah penting, tak lain halnya dengan materi pelajaran lainnya, materi penjas ini juga bisa dijadikan sebagai bentuk pelajaran yang menunjang prestasi anda disekolah.

Untuk menyingkat waktu bagi anda semuanya yang sedang membutuhkan Rangkuman materi penjas kelas 8 ini bisa langsung menyimak lebih jelasnya pada artikel ini, silahkan anda baca dan cermati sampai finish ya.

Rangkuman Materi Penjas Kelas 8


Sebenarnya topik materi penjeas kelas 8 ini sudah saya jelaskan pada postingan kemarin, disitu sudah saya simpulkan lengkap materinya mulai dari permainan bola besar sampai finish, silahkan anda bisa melihat daftar materi penjas kelas 8.
rangkuman-materi-penjas-kelas-8

Yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah keseluruhan rangkuman materi dari Bab 1 sampai terakhir seperti yang sudah anda lihat pada materi penjas kelas 8, berikut keterangannya;

BAB 1 Permainan dan Olahraga Bola Besar

Pada bab ini materi yang kalian akan dapatkan adalah;
  1. Sepak Bola
  2. Bola Voli
  3. Bola Basket
  4. Soal-soal Pengembangan Kompetensi
Berikut rangkuman singkat materi bab 1 permainan bola besar;
  1. Teknik sepak bola adalah segala gerakan yang dilakukan dalam bermain bola, baik dengan bola maupun tanpa bola. Teknik sepak bola dengan bola, meliputi dribel, pass, control, heading, throw in, keeping, dan shooting. Throw in (lemparan ke dalam) adalah gerakan lemparan yang dilakukan dari samping lapangan karena bola meninggalkan melalui garis samping lapangan.
  2. Ada tiga prinsip dalam melakukan lemparan ke dalam, yaitu bola dilempar oleh kedua tangan dari atas kepala; pada saat melempar kedua kaki harus melekat tanah dan tidak boleh melakukan gerakan tipu.
  3. Teknik menahan bola dapat dilakukan dengan dasar kaki, kura-kura kaki, kaki bagian dalam, paha, dada, dan kepala. Bentuk-bentuk latihan teknik terpadu, meliputi menggiring (dribel), menahan bola (control), dan mengoper (pass); menggiring dilanjutkan menembak (shooting) ke gawang. Off side terjadi apabila seorang pemain pada saat menerima operan berada di daerah lawan dan tinggal berhadapan dengan satu pemain lawan.
  4. Servis dalam bola voli ada dua macam, yaitu servis bawah dan atas. Servis atas terdiri atas tennis service dan float service. Servis adalah pukulan permulaan yang dilakukan dari belakang garis untuk melewati net dan jatuh pada lapangan lawan. Mengumpan adalah penyajian atau mengoper bola kepada teman agar dapat melakukan smes untuk memperoleh point. Smes (spike) adalah pukulan yang dilakukan dengan keras dan arahnya menukik untuk mematikan lawan. Ada tiga macam smes/spike yang lazim digunakan, yaitu normal smash, semi smash, dan push smash. Rally point terjadi apabila pemain melakukan kesalahan atau mati, regu lain akan mendapat tambahan point.
  5. Dalam permainan bola basket terdapat beberapa teknik dasar, di antaranya lay- up shoot, passing, dan shooting. Untuk memulai permainan bola basket didahului dengan lempar bola ke atas yang dilakukan oleh wasit yang disebut jump ball. Jump ball dilakukan apabila pertandingan dimulai dan terjadinya held ball. Lay-up shoot untuk mencetak nilai dengan jarak dekat dapat dilakukan dari tiga arah, yaitu kanan, kiri, dan depan ring basket.
BAB 2 Permainan dan Olahraga Bola Kecil

Pada bab permainan bola kecil materi yang akan kalian dapatkan adalah;
  1. Bulu Tangkis
  2. Tenis Meja
  3. Softball\
Secara singkat berikut rangkuman materinya;
  1. Bulu tangkis merupakan permainan yang dilakukan oleh kedua pihak yang dibatasi dengan net, baik tunggal maupun ganda di atas lapangan. Pegangan raket dalam bulu tangkis meliputi cara memegang kampak, gebuk kasur, campuran, dan backhand. Pukulan smash dalam bulu tangkis, meliputi smash penuh, smash silang, smash mengintai kepala, dan smash backhand. Pukulan drop shot ada dua, yaitu drop shot bawah dan atas. Macam-macam pukulan dalam bulu tangkis, yaitu service, drop shot,  smash, forehand, backhand, dan drive.
  2. Tenis meja merupakan cabang olahraga dilakukan di dalam gedung (in door) yang dilakukan secara tunggal atau ganda. Permainan ini dilakukan di atas meja dengan ukuran yang telah ditentukan dengan cara menyeberangkan bola ke jaring dan jatuh di lapangan la Permainan tenis meja diawali dengan pukulan servis dan seti pemain melakukan dua kali berturut-turut.
  3. Jenis pukulan tenis meja, antara lain side spin, forehand, block, dan forehand block. Langkah kaki (foot work) dalam tenis meja dibedakan menjadi dua, yaitu foot work menyerang dan foot work bertahan.
  4. Softball adalah olahraga yang dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri atas 9 orang, dan dimainkan di atas lapangan datar dengan ukuran tertentu. Cara bermain soft- ball meliputi cara memukul, cara mematikan, pukulan benar, pukulan salah, pukulan meleset, dan mati bola. Teknik softball meliputi memukul, melempar, menangkap kecepatan, dan ketepatan.
BAB 3 Atletik
Bab 3 menjelaskan semua tentang atletik termasuk;
  1. Lari Jarak Menengah
  2. Lempar Lembing Gaya Jingkat
  3. Lompat Jauh Gaya Menggantung
  4. Lempar Cakram
Secara singkat berikut rangkuman materi penjas atletik'
  1. Lari jarak menengah adalah jenis lomba lari berjarak 800 m–1.500 m. Start yang digunakan adalah start berdiri. Sikap lari jarak menengah adalah badan condong ke depan, ayunan tangan santai, frekuensi langkah tetap, dan pendaratan kaki ke tanah diawali sisi bagian luar. Teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pelari, meliputi start, sikap lari, dan melewati garis finis.
  2. Lembing adalah benda yang berbentuk tombak terbuat dari kayu, bambu, atau aluminium yang digunakan untuk lomba nomor lempar lembing. Teknik dasar lembing, meliputi cara memegang lembing, awalan/langkah, cara melempar, dan gerak ikutan. Lempar lembing gaya langkah jingkat adalah lempar lembing yang sebelum melakukan lemparan didahului dengan gerakan langkah jingkat. Cara memegang lembing dibedakan menjadi tiga cara, yaitu cara Amerika, cara Finlandia, dan cara tang. Lemparan dalam lempar lembing dinyatakan sah apabila:
    • dilempar dari lintasan/lapangan yang disediakan;
    • lembing jatuh menancap pada mata lembing di dalam sektor lemparan.
  3. Lompat jauh adalah nomor atletik yang dilakukan dengan gerakan melompat di lapangan lompat jauh dan mendarat di bak pasir yang diawali dengan lari cepat. Teknik dasar lompat jauh meliputi: awalan, tolakan, melayang, dan mendarat.
  4. Lempar cakram awalan menyamping adalah lempar cakram yang awalannya berdiri menyamping ke arah sektor lemparan. Ada empat teknik yang harus dikuasai oleh atlet lempar cakram, yaitu cara memegang cakram, awalan, ayunan tangan, pada saat melempar, dan gerak ikutan.
BAB 4 Pencak Silat

Ini Adalah bagian materi pencak silat yang akan kalian terima selalu duduk dikelas 8
  1. Hakikat Pencak Silat
  2. Bentuk Latihan Gerakan Pembelaan dalam Pencak Silat
  3. Gerakan Serangan Tangan atau Kaki
  4. Tangkapan
  5. Latihan Teknik Kombinasi Pencak Silat
Adapun rangkuman materi pencak silat secara singkat adalah sebagai berikut;
  1. Teknik pencak silat meliputi penyerangan dan pembelaan. Pembelaan dalam pencak silat terdiri atas tangkisan, hindaran, dan elakan.
  2. Sedangkan penyerangan terdiri atas penyerangan tangan dan kaki. Adapun arah lintasan serangan tangan meliputi dari arah depan, bawah, samping, dan  atas. Arah serangan kaki meliputi depan, samping, belakang, dan membusur.
BAB 5 Kebugaran Jasmani

Rincian materinya adalah;
  1. Hakikat Kebugaran Jasmani
  2. Latihan Kekuatan
  3. Latihan Ketahanan dan Kecepatan
  4. Latihan Kelincahan dan Kelentukan
  5. Latihan Kombinasi dan Koordinasi
Berikut rangkuman singkat materi kebugaran jasmani kelas 8;
  1. Kebugaran jasmani merupakan kondisi pokok untuk melakukan aktivitas jasmani yang erat hubungannya dengan kemampuan kerja seseorang secara optimal. Latihan kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan cara bergerak, mengangkat, dan peregangan.
  2. Unsur-unsur kebugaran jasmani antara lain meliputi: latihan kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelicahan, kelentukan serta kombinasi latihan dasar.
BAB 6 Aktivitas Senam

Materi senam sebenarnya banyak sekali, tetapi pada kelas 8 ini anda akan mendapatkan lanjutan dari kelas 7, berikut rinciannya;
  1. Hakikat Senam Lantai
  2. Gerakan Meroda
  3. Guling Lenting
  4. Gerak Rangkaian pada Senam Lantai
Adapun rangkuma materi senam adalah dibawah ini;
  1. Menurut Federation Internationale de Gymnastique(FIG) senam dapat digolongkan menjadi 3 yang meliputi senam artistik, senam irama, dan senam umum.
  2. Senam lantai adalah senam yang dilakukan di atas matras dengan unsur-unsur gerakannya terdiri atas mengguling, melompat, berputar di udara, serta menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada waktu meloncat ke depan atau belakang.
  3. Perlombaan senam lantai dilakukan di atas matras yang terbuat dari babut dengan ukuran 12 × 12 meter yang ditentukan dengan waktu untuk putri 70 – 90 detik dan putra 50 – 70 detik.
BAB 7 Senam Irama
  1. Senam irama merupakan gerak senam yang berdasarkan pada irama yang mengiringinya, kelentukan tubuh, dan kontinuitas gerakan. Gerakan senam irama dibedakan menjadi dua, yaitu senam irama tanpa alat dan senam irama dengan alat. Alat yang digunakan pada senam irama, meliputi gada (clubs) dan simpai.
  2. Jenis-jenis teknik memegang simpai, antara lain pegangan biasa (overgrip) pegangan berlawanan (undergrip), pegangan dalam, pegangan luar, dan pegangan campuran. Rangkaian senam irama terdiri atas unsur gerakan sikap awal, langkah, dan ayunan. Macam-macam gerakan berirama menggunakan simpai, antara lain gerak mengayun dan gerak memutar.
BAB 8 Aktivitas Renang

Renang ada beberapa gaya tetapi pada kelas 8 , anda akan mempelajari beberapa gaya saja yaitu;
  1. Renang Gaya Bebas
  2. Renang Gaya Dada
  3. Teknik Meluncur
Rangkuman materi renang adalah sebagai berikut;
  1. Gaya renang yang dilombakan terdiri atas gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Secara prinsip, gerakan renang terbagi atas tiga, yaitu gerakan kaki, gerakan lengan, dan cara bernapas. Dalam lomba resmi renang, kelentukan gaya harus dilakukan sesuai nomor lomba.
BAB 9 Pendidikan Luar Kelas
  1. Penjelajahan merupakan perjalanan yang dilakukan di alam bebas secara kelompok dengan sifat pengembaraan yang dapat menyehatkan badan serta meningkatkan kesadaran akan keagungan Tuhan Yang Maha Esa. Dalam pelaksanaan penjelajahan harus diperhatikan perencanaan, persiapan logistik, peralatan, perlengkapan, koordinasi tim, dan tata tertib.
BAB 10 Budaya Hidup Sehat
Pada bab 10 ini, saya tidak bisa memberikan rangkuman secara rinci, karena kata-kata yang ada didalamnya, melarang blog saya untuk menuliskannya, tetapi anda bisa mendownloadnya di postingan sebelumnya, dan berikut adalah penampilannya
Untuk mengunduh semua materi kelas 8 juga sudah saya persiapkan dengan lengkap, silahkan anda ke link dibawah ini;
Materi Penjas Kelas 8
Cukup sudah Rangkuman Materi Penjas Kelas 8 yang bisa saya berikan, semua tidak bisa saya jelaskan secara rinci karena terlalu panjang, dan semua materi penjas sudah lengkap di volimaniak, anda tinggal mencarinya saja.

Jika artikel pada volimaniak ini membantu anda semuanya, tolong support untuk perkembangan blog ini, caranya dengan klik tombol share dibawah artikel ini ya, semoga bermanfaat dan saya ucapkan selamat belajar.
Powered by Blogger.