Header Ads

Pengertian, Tujuan, Jenis, Volume dan Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan

Pengertian, Tujuan, Jenis, Volume dan Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan. Dalam dunia bisnis tidak usah kita ragukan lagi bahwa yang menjadi target sasaran adalah dengan banyaknya penjualan serta mendapatkan laba sebesar-besarnya, nah anda pastinya jika disinggung masalah Penjualan pastinya sudah sedikit banyak tahu, tetapi disini volimaniak akan menjelaskan secara rinci apa saja yang harus kalian ketahui dari mulai Pengertian Penjualan, Tujuan Penjualan, Volume Penjualan serta Faktor yang Mempengaruhi Penjualan. dari rangkuman itu maka bisa kita simpulkan bahwa sebenarnya, istilah penjualan memang kompleks dan perlu kita pelajari lebih lanjut agar kita betul-betul paham hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum melakukan penjualan.

Apa sih Penjualan itu?

Sedikit pertanyaan di atas pastinya anda akan bisa menjawab bahwa penjualan adalah proses jual beli barang atau tukar barang untuk mendapatkan hasil tertentu. itu gambaran secara umumnya, tetapi untuk lebih jelasnya yuk kita simak beberapa  Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli, berikut penjelasannya; anda bisa klik daftar isi content penjualan ini untuk menuju ke pokok bahasan tertentu sesuai urutannya.
Pengertian, Tujuan, Jenis, Volume dan Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan
Daftar Isi Konten Materi Penjualan :
  1. Pengertian Penjualan Menurut Para Ahli
  2. Tujuan Penjualan
  3. Macam-macam Transaksi Penjualan
  4. Pengertian Volume Penjualan
  5. Faktor yang Mempengaruhi Penjualan

Pengertian Penjualan Menurur Ahli

  • Menurut Hartson Stapelton (2005:185), mengatakan bahwa volume penjualan adalah pencapaian penjualan yang dinyatakan dalam bentuk kuantitatif dari segi fisik atau volume. 
  • Menurut Basu Swasta (2005:65) berpendapat bahwa volume penjualan merupakan penjualan bersih dari laporan laba perusahaan. Penjualan bersih diperoleh melalui hasil penjualan seluruh produk (produk lini) selama jangka waktu tertentu dan hasil penjualan yang dicapai dari market share (pangsa pasar) yang merupakan penjualan potensial yang dapat terdiri dari kelompok pembeli selama jangka waktu tertentu.
  • Menurut Horngren, Foster dan Datar yang dikutip oleh Basu Swastha (2005:58), volume penjualan adalah ukuran aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan kapasitas dalam satuan uang atau unit produk dimana manajemen akan berusaha untuk mempertahankan volume yang menggunakan kapasitas yang ada dengan sebaik mungkin. 
  • Menurut Wikipedia : Penjualan (sales) adalah aktivitas atau bisnis menjual produk atau jasa. Dalam proses penjualan, penjual atau penyedia barang dan jasa memberikan kepemilikan suatu komoditas kepada pembeli untuk suatu harga tertentu. Penjualan dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti penjualan langsung, dan melalui agen penjualan.

Tujuan Penjualan


Dengan mengetahui beberapa Definisi Penjualan diatas pastilah anda sudah bisa menyimpulkan bahwa Tujuan penjualan adalah mendatangkan keuntungan atau laba dari produk-produk atau jasa yang dihasilkan produsennya dengan pengelolaan yang baik dan juga mengharapkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Untuk mendapatkan laba yang besar perlu adanya mutu, kinerja serta kualitas produk yang diperjualkan oleh para distributor, agar konsumen yakin bahwa produk yang dibelinya benar-benar dengan kualitas bagus, dengan begitu penjualan akan berbanding lurus dan mendapatkan untuk yang lebih banyak dari penjualan produk tersebut.
Pengusaha atau penjual bisa sukses apabila memilih satu tujuan, dan tujuan tersebut akan menjadi kenyataan apabila dilaksanakan dengan kemampuan dan kemauan yang memadai pada umumnya perusahaan mempunyai tujuan mendapatkan laba tertentu dan mempertahankan atau bahkan berusaha meningkatkan unttuk jangka waktu lama. Tujuan tersebut terealisir apabila penjualan dapat dilaksanakan seperti yang direncanakan. Perusahaan mempunyai tujuan utama dalam penjualan antara lain :
  • Mendapatkan volume atau nilai penjualan
  • Mendapakan laba
  • Menunjang pertumbuhan perusahaan

Macam-Macam Transaksi Penjualan

  1. Penjualan Tunai. Adalah penjualan yang bersifat cash dan carry. Pada umumnya terjadi secara kontan dan dapat pula terjadi pembayaran selama satu bulan dianggap kontan.
  2. Penjualan Kredit. Adalah penjualan dengan tenggang waktu rata-rata diatas satu bulan.
  3. Penjualan Tender. Adalah penjualan yang dilaksanakan melalui prosedur tender untuk memenangkan tender selain harus memenuhi berbagai prosedur.
  4. Penjualan Ekspor. Adalah penjualan yang dilaksanakan dengan pihak pembeli luar negeri yang mengimpor barang tersebut.
  5. Penjualan Konsinyasi. Adalah penjualan yang dilakukan secara titipan kepada pembeli yang juga sebagai penjual.
  6. Penjualan Grosir. Adalah penjualan yang tidak langsung kepada pembeli, tetapi melalui pedagang grosir atau eceran.

Pengertian Volume Penjualan

Volume penjualan merupakan hasil akhir yang dicapai perusahaan dari penjualan produk yang dilakukan oleh salesman dan tenaga penjual lainnya. Volume penjualan dihitung berdasarkan target yang diasumsikan dengan realisasi yang dicapai. Volume penjualan tidak memisahkan secara tunai msupun kredit, tetapi dihitung secara keseluruhan dari total yang dicapai. Maka kalau volume penjualan meningkat dan biaya distribusi menurun maka tingkat pencapaian laba perusahaan meningkat. Tetapi sebaliknya bila volume penjualan menurun maka pencapain laba perusahaan menurun.
Volume penjualan adalah barang yang terjual dalam bentuk uang untuk jangka waktu tertentu yang didalamnya mempunyai strategi pelayanan yang baik. (Philip Kotler, 2000 : 68)

Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan


Besar kecilnya hasil penjualan dipengaruhi oleh 2 (faktor) yaitu sebagai berikut (Munawir, 2002 : 217) : ANALISA LAPORAN KEUANGAN
  1. Perubahan harga jual atau satuan produk ; Perubahan harga jual ini ditentukan oleh keadaan pasar yang sulit dikendalikan oleh perusahaan sehingga akan mempengaruhi besar kecilnya penjualan.
  2. Perubahan volume produk yang dijual atau dihasilkan ; Perubahan volume produk yang dijual mempunyai hubungan langsung dengan kegiatan bagian penjualan. Adanya kenaikkan volume yang dijual berarti bagian penjualan bekerja secara aktif (dengan anggapan bahwa biaya pemasaran tetap, dengan naiknya volume penjualan berarti perusahaan semakin efisien dalam opersinya).
Penjualan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu sebagai berikut (Basu Swastha, 2001 : 22) :
  1. Produk ; Salah satu tugas utama dari manajemen penjualan adalah desain produk yaitu mereka diminta bertindak sebagai “mata” dari perusahaan dan secara konstan memberikan saran perbaikan yang diperlukan desain produk.
  2. Harga ; Merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan konsumen untuk mendapatkan suatu produk guna memenuhi kebutuhannya. Penetapan suatu produk yang dihasilkan merupakan salah satu usaha produsen untuk menarik para konsumen agar mau membeli dalam jumlah yang lebih banyak.
  3. Distribusi ; Distribusi merupakan pernyataan barang dari produsen ke konsumen. Semakin luas pendistribusian maka akan mempengaruhi penjualan
  4. Promosi ; Merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan dengan tujuan utama menginformasikan, membujuk, mempengaruhi dan mengingatkan konsumen agar membeli produk yang dihasilkan.
Nah itulah sedikit penjelasan dari volimaniak mengenai : Pengertian, Tujuan, Jenis, Volume dan Faktor Yang Mempengaruhi Penjualan, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda semuanya, perlu diketahui artikel ini saya kutip dari berbagai sumber, baik dari buku ataupun internet, tetap semangat ya;
Powered by Blogger.