Teknik Smash Bola Voli

Teknik Smash Bola Voli ~ Bicara masalah voli pasti kita tidak lepas sama yang namanya teknik. untuk teknik yang akan saya ungkap disini adalah teknik yang sudah tidak asing lagi untuk kita khususnya dalam permainan bola voli. bahkan semua pemain maupun pelajar yang hobi dengan main voli pasti ingin bisa melakukan smash yang keras dan tajam dan tentunya juga langsung mematikan. tapi ini merupakan bagian teknik dalam permainan bola voli bukan yang paling penting. menurut saya justru teknik dalam bola voli yang terpenting adalah pasing. 

andai saja kita bisa pasing pasti masih bisa melakukan permainan yang lumayan bagus. coba bayangkan saja seandainya dalam satu team cuma bisa smash saja tanpa bisa pasing pasti semuanya kacau bahkan permainannya sudah tidak enak lagi dipandang. ok deh kali ini saya akan bahas masalah smash dan gak usah lama-lama buat sobat pembaca semua, cekidot deh:

Pengertian Smash adalah pukulan yang utama dalam penyerangan dalam usaha mencapai kemenangan. Untuk mencapai keberhasilan yang gemilang dalam melakukan smash ini diperlukan raihan yang tinggi dan kemampuan meloncat yang tinggi. Smash akan tercapai apabila dari para pemain menguasai teknik dasar bola voli lainnya sebelum seorang pemain dapat melakukan smash yaitu adanya passing yang bagus. Smash merupakan suatu teknik yang mempunyai gerakan yang komplek, 
http://www.volimaniak.com/


tahap-tahap dalam melakukan smash bola voli adalah sebagai berikut :

  1. Langkah awalan
  2. Tolakan untuk meloncat
  3. Memukul bola saat melayang di udara
  4. Saat mendarat  kembali setelah memukul bola (M. Yunus, 1992: 108)

Urutan dalam melakukan smash adalah sebagai berikut:

  • Melakukan awalan 1 sampai dengan 3 langkah.
  • Langkah yang dibuat menggunakan langkah kaki yang lebar.
  • Pada saat mendekati net kedua lengan di ayunkan ke belakang.
  • Kedua kaki dihentakan bersusulan, lalu meloncat; lengan yang akan memukul
  • Mulai terayun ke depan,punggung menegang ke belakang.
  • Bola di pukul dengan lengan terjulur, tangan terbuka dan menaungi bola,
  • Sementara pergelangan tangan harus longgar
Melihat uraian di atas maka dapat di simpulkan bahwa smash merupakan pukulan serangan yang sangat keras, terarah dan membutuhkan skill yang baik untuk angka. Seorang smasher membutuhkan kegesitan, kepandaian melompat serta mempunyai kemampuan memukul bola sekeras mungkin. untuk lebih jelasnya dalam meraih prestasi smash yang bagus lihat uraian berikut ini:  

Berikut cara  melakukan smash yang benar beserta uraiannya :


Smash adalah tindakan memukul bola ke bawah dengan kekuatan besar, biasanya meloncat ke atas, masuk ke bagian lapangan berlawanan. Hal itu dapat dilihat dari kerasnya bola yang dihasilkan bahwa teknik smash datangnya bola lebih keras dan lebih menyulitkan bagi penerima bola. Semua sikap memukul bola ke daerah lawan kecuali servis dan blok adalah merupakan pukulan serangan. Ada tiga metode penyerangan yang semuanya menjadi efektif yaitu melakukan tip : spike, pelan dan smash, keras. Teknik smash digunakan sebagai senjata untuk menyerang dan mengumpulkan angka dalam permainan bola voli. Mengingat pentingnya hal tersebut maka pelaksanaan teknik smash dalam pertandingan harus efektif. Ada beberapa macam smash menurut macam umpannya yaitu :
  • Smash normal,
  • Smash semi,
  • Smash push,
  • Smash pull,
  • Smash pull jalan,
  • Smash pull straight,
  • Smash cekis,
  • Smash langsung, dan
  • Smash dari belakang.
Dalam permainan bola voli smash didefenisikan tindakan memukul bola dengan meloncat dan masuk ke lapangan lawan. Tindakan memukul bola (smash) ada beberapa tahap. Tahapan dalam melakukan smash voli tersebut adalah:
  1. Tahap pertama : Run up (lari menghampiri)
  2. Tahap kedua : Take off  (lepas landas)
  3. Tahap ketiga : Hit (memukul saat melayang di udara)
  4. Tahap keempat : Landing (mendarat)
Dari tahap-tahap smash voli tersebut dapat diartikan bahwa dalam melakukan smash terdapat beberapa tahap yaitu awalan, saat melompat, saat memukul bola dan saat mendarat. Uraian lebih jelas 

tahap-tahap melakukan smash


a) Tahap Awalan


Awalan tergantung dari lintasan bola umpan, kira-kira 2,5 sampai 4 meter dari jatuhnya bola. Langkah terakhir paling menentukan pada waktu mulai meloncat sehingga smasherharus memperhatikan baik-baik posisi kaki yang akan meloncat dan berada di tanah lebih dahulu, kaki lain menyusul di sebelahnya. Arah yang diambil harus diatur sedemikian rupa, sehingga atlet akan berada di belakang bola pada saat akan meloncat. Tubuh saat itu berada pada posisi menghadap net. Kedua lengan yang menjulur ke depan diayunkan ke belakang dan ke atas sesudah langkah pertama, kemudian diayunkan ke depan sehingga pada saat meloncat kedua lengan itu tergantung ke bawah di depan tubuh atlet.
http://www.volimaniak.com/

       Gambar tahap awalan dalamsmash (M. Yunus, 1992 : 113)

b) Tahap meloncat


Untuk memukul right handlangkahkan kaki kiri ke depan dengan langkah biasa kemudian diikuti kaki kanan yang panjang, diikuti dengan segera oleh kaki kiri yang diletakkan samping kaki kanan ( untuk pemukul left hand sebaliknya). Langkah pada waktu meloncat harus berlangsung dengan lancar tanpa terputus-putus. Pada waktu meloncat kedua lengan yang menjulur digerakkan ke atas. Tubuh diteruskan, kaki yang digunakan untuk meloncat yang memberikan kekuatan pada saat meloncat. Lengan yang dipakai untuk memukul serta sisi badan diputar sedikit sehingga menjauhi bola, punggung agak membungkuk dan lengan yang lain tetap dipertahankan setinggi kepala yang berguna untuk mengatur keseimbangan secara keseluruhan.

http://www.volimaniak.com/
(M.Yunus 1992:113) 

c) Tahap saat memukul bola


Dalam gerakan memukul dapat disesuaikan dengan jenis smashyang ada. Gerakan memukul hasilnya akan lebih baik apabila menggunakan lecutan tangan, lengan dan membungkukkan badan. Suharno, (1982 : 34) menyatakan setelah smasherberada di udara dan lengan sudah terangkat ke atas dilanjutkan gerakan memukul bola dan hasil pukulannya akan lebih sempurna apabila smashermenggunakan lecutan tangan, lengan, dan membungkukkan badan merupakan kesatuan gerak yang harmonis.

http://www.volimaniak.com/

 Gambar tahap memukul bola dalam smash (M.Yunus 1992:113)

d) Tahap mendarat


Cara mendarat dalam setiap smash sama yaitu pada saat tubuh bagian atas membungkuk ke depan, kaki diarahkan ke depan untuk mempertahankan keseimbangan. Atlet mendarat pada kedua kakinya dengan sedikit ditekuk.

http://volimaniak.blogspot.com/ 
Gambar tahap mendarat dalam smash(M. Yunus 1992:113)

UNTUK LEBIH JELAS BAGAIMANA TAHAPAN BERLATIH SMASH SILAHKAN ANDA BISA MELIHAT VIDEO LATIHAN SMASH DI MELALUI LINK DIBAWAH INI

Sekarang sudah jelas kan smash itu apa. semoga artikel ini bisa membantu sobat pembaca dan para pelajar yang membutuhkan rincian lengkap dari teknik permainan bola voli. untuk selanjutnya saya akan bahas teknik bola voli yang laen khususnya Teknik block permainan bola voli klik disini.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

5 Responses to "Teknik Smash Bola Voli"

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.