Pengertian Lari Estafet ( Lari Sambung)

Pengertian Lari Estafet ( Lari Sambung) ~ Sobat Volimaniak untuk mengenal lebih lanjut macam olahraga yang tergolong dalam cabang atletik. kali ini saya ingin berbagi salah satu cabang atletik yaitu lari estafet atau lari sambung. Lari estafet adalah salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting. Lari ini dilakukan bersambung dan bergantian membawa tongkat dari garis start sampai ke garis finish. Dalam satu regu lari sambung terdapat empat orang pelari. Pada nomor lari sambung ada kekhususan yang tidak akan dijumpai pada nomor pelari lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari cepat dari pelari sebelumnya ke pelari berikutnya.

Start yang digunakan dalam lari bersambung atau estafet adalah untuk pelari pertama menggunakan start jongkok. Sedangkan untuk pelari kedua, ketiga, dan pelari yang keempat menggunakan start melayang. Jarak lari bersambung yang sering diperlombakan dalam atletik baik untuk putra maupun putri adalah 4 x 100 meter atau 4 x 400 meter. Dalam melakukan lari sambung bukan teknik saja yang diperlukan tetapi pemberian dan penerimaan tongkat di zona atau daerah pergantian serta penyesuaian jarak dan kecepatan dari setiap pelari.

Pengertian Lari Estafet ( Lari Sambung)

Sejarah Lari Estafet


pengertian lari estafetLari sambung dimulai dari bangsa Aztek, Inka, dan Maya bertujuan untuk meneruskan berita yang telah diketahui sejak lama. Di Yunani, estafet obor diselenggarakan dalam hubungannya dengan pemujaan leluhur dan untuk meneruskan api keramat ke jajahan-jajahan baru. Tradisi api olimpiade berasal dari tradisi Yunani tersebut.

Lari estafet 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter bagi pria dalam bentuk sekarang ini, pertama-tama diselenggarakan pada olimpiade tahun 1992 di Stockholm. Estafet 4 x 100 meter bagi wanita sejak tahun 1928 menjadi nomor olimpiade dan 4 x 400 meter dilombakan sejak tahun 1972. Dalam Pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pelari yang dibutuhkan dalam ari estafet adalah berjumlah 4 pelari dengan lintasan 400 meter serta lari yang harus ditempuh oleh tiap pelari adalah 100 meter makanya ditulis dengan 4 x 100 meter.

Semoga apa yang saya cabarkan diatas dapat membantu bagi anda yang membutuhkan. untuk lebih detail mengenai Lari estafet tunggu postingan berikutnya..terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Pengertian Lari Estafet ( Lari Sambung)"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close