Pengertian Lari Sprint ( Lari Cepat )

Pengertian Lari Sprint ( Lari Cepat ) ~ Setelah kita belajar mengenai sejarah perkembangan atletik tiba saatnya kita mengenal cabang-cabang olahraga atau nomor yang tergolong dalam kategori atletik. atletik bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian dan salah satu bagian di antaranya adalah lari sprint. sebelum kita belajar lebih lanjut mengenai lari sprint ini kita harus juga mengetahui seluk beluk dari lari cepat. dalam postingan kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semuanya mengenai pengertian lari sprint atau cepat. ok tidak usah berlama-lama berikut penjelasannya.


Pengertian Lari Sprint ( Lari Cepat )


Lari cepat atau sprint adalah semua perlombaan lari dimana peserta berlari dengan kecepatan maksimal sepanjang jarak yang harus ditempuh, sampai dengan jarak 400 meter masih dapat digolongkan dalam lari cepat. Menurut Muhajir (2004) sprint atau lari cepat yaitu, perlombaan lari dimana peserta berlari dengan kecepatan penuh yang menempuh jarak 100 m, 200 m, dan 400 m.

Nomor atletik lari jarak pendek biasa disebut sprint race. Karena itu pelari nomor atletik lari jarak pendek sering disebut sprinter. Lari jarak pendek merupakan salah satu nomor yang dilombakan pada Olimpiade Kuno di Yunani.

pengertian lari sprint

Cabang atletik lari jarak pendek bisa diselenggarakan di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor). Di negara-negara yang memiliki empat musim, perlombaan indoor biasa dilangsungkan pada musim dingin. Sementara perlombaan outdoor biasanya diselenggarakan pada musim panas.

Bagi mereka yang kurang memahami tentang atletik, terutama cabang lari, mungkin akan sedikit bingung dengan istilah lari jarak pendek. Selain ditentukan jarak, lari ini dikenal dengan nama sprint. Dinamakan sprint karena olahraga ini mengandalkan kecepatan otot, terutama pada otot tungkai untuk bisa bekerja dengan tenaga penuh atau full speed.

Otot tungkai ini akan digunakan bekerja maksimal guna menghasilkan kecepatan lari sang atlet. Hal ini karena lari jarak pendek ini menuntut seorang pelari untuk bisa mencapai finis dengan cepat tanpa perlu mengatur ritme lari atau pernafasan. Inilah yang membedakan dengan jenis lari lain seperti pada lari jarak menengah dan lari jarak jauh ataumarathon.

Pada kedua jenis lari tersebut, seorang pelari harus bisa menjaga ritme lari mereka. Sang atlet harus tahu waktu kapan berlari dengan kecepatan sedang dan juga saat berlari dengan kecepatan penuh. Di sisi lain, pelari harus pula mampu mengatur pernafasan mereka agar stamina yang ada bisa digunakan untuk menyelesaikan seluruhperlombaan lari.

Untuk lari jarak pendek sendiri memiliki beberapa nomor yang biasa dipertandingkan. Jarak yang biasa dilombakan terdiri menjadi lima jenis. Yaitu untuk jarak 50 meter, 60 meter, 100 meter, 200 meter serta 400 meter. Namun pada saat ini yang paling sering dilombakan pada berbagai ajang kejuaraan resmi hanyalah tiga nomor terakhir saja. Sementara untuk nomor 50 dan 60 meter, biasanya hanya digunakan untuk perlombaan amatir saja.

Lari 100 Meter (Sprint)


Lomba atletik lari jarak pendek 100 meter diselenggarakan di salah satu sisi lintasan atletik outdoor. Nomor ini dianggap nomor paling bergengsi dalam cabang olahraga atletik. Pemegang rekor dunia 100 meter sering disebut “manusia tercepat”.

Demikianlah postingan singkat volimaniak mengenai pengertian lari sprint, semoga bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita dalam bidang olahraga khususnya cabang atletik nomor lari. terimakasih, semoga bermanfaat.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

20 Responses to "Pengertian Lari Sprint ( Lari Cepat )"

  1. wah kalau untuk saat ini saya ndak bisa lari cepat mas, sebab perut dah buncit heehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayah yang masih Abegeh masih bisa lari cepat Mas. tapi agak ngos ngosan juga. Kurang rajin olah raga kaya nya yah Mas Pur..?

      Delete
    2. wah harus banyak olahraga nih pak ibrahim biar tambah langsing

      Delete
    3. hem semua itu rutinitas kok mas saud, jika kita rajin olahraga secara tidak langsung fisik akan terbangun dengan sendirinya

      Delete
  2. Selamat Pagi Pak Guru. maaf nih saya baru bisa daftar hadir di Blog ini. Pada bidang Olah raga lari Sprint ada juga cara dan pengertianya ya. makasih atas post nya Mas salam sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mas, dalam bidang olahraga hampir semuanya bsa diartikan termasuk pengertian lari sprint ini mas

      Delete
  3. Waktu saya masih duduk di banghku sekolah pelajaran tentang Pengertian Lari Sprint ( Lari Cepat ) Pernah di berikan pelajaranya sama Bapak Guru saya dulu Mas Pur.. tapi sekarang lupa yah saking dah lama nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem mungkin karena kesibukan dan kebutuhan untuk menafkahi keluarga mas, makanya sudah tidak sempat

      Delete
  4. Lari jarak Pendek ternyata terbagi dari 5 varian ya Mas waktu saya masih study saya kurang hapal dengan jenis lari pendek itu. makasih Mas sudah mengingatkan seputar Olah raga Lari. salam sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sayang tahunya telat ya mas, kalau dari dulu mungkn dah jadi atlet lari

      Delete
  5. Berarti kita harus lari secepat mungkin ya mas..
    waduh, ini bagi yang fisiknya gak begitu kuat, pastinya bisa cepat ngos-ngosan yaakk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, kalau disini tidak terlalu butuh fisik yang lebih mas, cukup lari kencang aja, beda sama lari jarak jauh mas

      Delete
  6. kalau adu lari saya selalu ketinggalan hehe.. mau sesekali belajar lari sprint

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem wajar deh mbak, kan pasti takut kecapean, ngaku deh

      Delete
  7. Kalau nggak salah, tubuh harus fleksibel ya, kalau pas lagi lari sprint

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem ya mas, dan juga harus bisa lari kencang

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close