Cara Menolong Orang Pingsan Karena Tenggelam

Cara Menolong Orang Pingsan Karena Tenggelam ~ Olahraga air memang menyenangkan, khususnya renang, sekarang pelajaran renang seakan-akan sudah menjadi pelajaran wajib bagi peserta didik baik SD, SMP,SMA maupun SMK, kadang beberapa hal yang tak dikehendaki terjadi, salah satunya adalah ada beberapa siswa yang tenggelam karna tidak bisa beranang mencoba ke kolam dalam.

Dari ulasan itu volimaniak akan berbagi kepada anda semua, bagaimana mengatasi ketika ada hal yang tidak dikehendaki yaitu orang tenggelam dan pingsan. mungkin tips berikut cara menolong orang pingsan karena tenggelam bisa membantu anda dalam mengatasa kecelakaan yang terjadi.  berikut uraiannya;

http://volimaniak.blogspot.com/

Cara Menolong orang yang pingsan karena tenggelam
  1. Prinsipnya sederhana. Kamu bernapas bagi korban yang tidak bereaksi. Keluarkan napasmu dari paru-paru dan masukkan ke tubuh korban melalui mulutnya. Apabila mulutnya cedera dan tidak bisa dibuka, hembuskan napas ke dalam hidungnya.
  2. Posisi di samping kanan bahu korban. Miringkan kepalanya, angkat dagunya dan pencet hidung korban dengan ibu jari dan telunjukmu. Tujuannya agar napas yang ditiupkan ke dalam mulut korban tidak keluar melalui hidung.
  3. Tarik napas dalam-dalam. Buka mulutmu lebar-lebar, rapatkan sedekat mungkin ke mulut korban. Hembuskan napas ke dalamnya. Setelah itu jauhkan mulut dari korban.
  4. Berikan dua kali pernapasan yang dalam. Amati dada korban untuk memastikan udara yang ditiupkan telah dapat mengembangkan paru-parunya. Sebelum memasukkan napas berikutnya, pastikan korban sudah menghembuskan napas. Jika perut korban jadi membesar, kemungkinan saluran napasnya tersumbat atau napas yang dihembuskan terlalu banyak.
  5. Periksa adanya tanda-tanda sirkulasi, misalnya bernapas, batuk, atau gerakan. Hal ini perlu waktu tak sampai 10 detik.
  6. Bila tak ada tanda-tanda sirkulasi, lakukan tekanan pada jantung untuk mengalirkan darah ke otak. Bila korban menunjukkan tanda-tanda kehidupan namun tidak bernapas, lanjutkan pernapasan mulut ke mulut hembuskan udara sebanyak-banyaknya setiap 5 detik, berarti dua belas kali pernapasan setiap menit.
  7. Bila napasnya lemah, dangkal atau tampak susah payah, pernapasan buatan dari mulut ke mulut mungkin masih bisa membantu. Namun bantuan pernapasanmu harus dikoordinasikan dengan napas korban. Hembuskan udara selagi ia menarik napas dan biarkan dia mengeluarkan napas dulu, baru kamu hembuskan napas lagi.
  8. Telepon dokter bila kamu belum dapat mengatasinya. Lanjutkan napas buatan sambil menunggu bantuan.
Nah itulah beberapa langkah cara menolong orang yang pingsan karena tenggelam, untuk menolong orang pingsan biasa anda bisa lihat postingan sebelumnya disini. demikian yang bisa volimaniak bagikan semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

2 Responses to "Cara Menolong Orang Pingsan Karena Tenggelam"

  1. hehe......wah gimana kalo yang di kasi nafas buatan cewek gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih ada cewek ya disuruh yang cewek,,jika kepepet gk apa2 laki2..kan bisa pake perantara....asl jgn diniati yang tidak baik tpi dgn niat menolong nyawa orang

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.