Manfaat Senam Lantai

Manfaat Senam Lantai ~ Tahukah anda selain olahraga senam itu melenturkan badan dan juga menguatkan otot-otot dalam tubuh, senam itu memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan fisik maupun mental spiritual, kali ini volimaniak akan berbagi kepada anda semua mengenai manfaat senam lantai. 

Tujuan melakukan senam lantai selain peningkatan melakukan bentuk-bentuk latihan senam lantai sendiri adalah juga sebagai latihan yang kelak mempermudah melakukan bentuk latihan/ gerakan senam dengan alat. Bentuk-bentuk latihan senam lantai bermacam-macam gerakannya. Senam lantai dilakukan dalam ruangan dan dapat juga dilakukan di lapangan rumput. Untuk menjaga keamanan dan keselamatan peserta didik, maka digunakan matras. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempelajari senam lantai adalah sebagai berikut.  
http://www.volimaniak.com/
  1. Hendaknya selalu menggunakan matras. 
  2. Matras harus diletakkan di atas tanah atau lantai yang rata dan aman dari bahaya. 
  3. Letakkan matras jauh dari dinding atau benda-benda lain yang akan menyebabkan terjadinya benturan. 
  4. Periksa matras dan keamanan di sekitarnya yang mungkin dapat mengganggu peserta didik.
  5. Pembelajaran dilakukan dari gerakan yang mudah dahulu atau tahap demi tahap. 
  6. Sebelum melakukan pembelajaran senam lantai hendaknya melakukan senam pemanasan yang cukup. 
  7. Peserta didik dilarang melakukan pembelajaran sendiri di luar pengawasan guru, kecuali ada peserta didik yang dianggap dapat membantu dan menguasai gerakan senam lantai dengan benar. 
  8. Agar matras tidak cepat rusak, hendaknya matras dijaga sebaik mungkin dan jaga kesebersihannya serta disimpan di tempat yang aman.
Manfaat Senam Lantai adalah :

a. Manfaat fisik
  1. Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. Melalui berbagai kegiatannya, peserta didik akan berkembang daya tahan otot, kekuatan(power), kelentukan, koordinasi, kelincahan, dan keseimbangannya.
  2. Di samping itu, program senam dapat pula menyumbang pengayaan perbendaharaan gerak pelakunya. Dasar-dasar senam akan sangat baik untuk mengembangkan pelurusan tubuh, penguasaan dan kesadaran tubuh secara umum, dan keterampilan-keterampilan senam. Contohnya, meliputi berdiri dengan postur tubuh yang baik, menggantung dalam posisi terbalik, serta menampilkan variasi gulingan berturut-turut.
b. Manfaat mental dan sosial
  1. Ketika mengikuti senam, peserta didik dituntut untuk berpikir sendiri tentang pengembangan keterampilannya. Untuk itu, peserta didik harus mampu menggunakan kemampuan berpikirnya secara kreatif melalui pemecahan masalah-masalah gerak. Dengan demikian peserta didik akan berkembang kemampuan mentalnya.
c. Membentuk dan mengembangkan otot tubuh
  1. Manfaat pertama yang bisa kita ambil pada saat kita melakukan senam ini sendiri adalah dapat membentuk dan mengembangkan otot tubuh kita. Hal ini sendiri terjadi ketika kita melakukan olahraga senam lantai ini secara merutin. Kita dapat membentuk dan mengembangkan otot dari tubuh kita sendiri, karena pada dasarnya sewaktu kita melakukan olahraga ini dapat membuat otot-otot kita menjadi bertambah kencang dan menjadi bertambah kuat, sehingga senam lantai ini harus sering kita lakukan.
d. Mengembangkan kualitas fisik
  1. Manfaat kedua yang bisa kita ambil pada saat melakukan senam lantai ini sendiri adalah dapat mengembangkan kualitas fisik dari kita. Tentu saja dalam hal ini bukan saja pada saat kita melakukan senam lantai fisik kita dapat bertahan dari segala gerakan yang kita lakukan, tetapi dalam segala aktivitas yang kita lakukan, kita dapat membuat fisik kita bertahan dalam segala situasi ataupun aktivitas yang kita lakukan. Contohnya saja pada saat melakukan olahraga lain kita dapat lebih bertahan dalam olahraga yang dilakukan ataupun melakukan perjalanan yang jauh dapat membuat fisik kita bertahan lebih lama dengan fisik dari orang lain sendiri.
e. Membentuk keindahan tubuh
  1. Manfaat dari senam lantai yang ketiga sendiri adalah berupa membentuk keindahan dari tubuh kita sendiri. Untuk atlet putra sendiri biasanya dapat membuat badan menjadi berbentuk dan bagus, dan untuk atlet putri sendiri dapat membuat badannya menjadi terlihat langsing dan juga terlihat indah di mata semua orang. Jadi tentu saja tidak ada kerugian pada saat melakukan senam lantai ini, dikarenakan selain dapat mendapatkan tubuh yang indah, kita akan selalu sehat juga, dengan tubuh yang indah ini juga pasti akan gampang untuk kita mendapatkan perhatian yang lebih dari orang-orang yang kita sukai, jadi tentu saja ini merupakan manfaat yang sangat besar bagi diri kita sendiri.
f. Memelihara Kebugaran Jasmani
  1. Manfaat dari senam lantai yang terakhir sendiri adalah dapat memelihara kebugaran jasmani kita, dalam hal ini kita tidak akan gampang terserang penyakit ataupun gampang lelah dan juga kecapekan pada saat melakukan suatu aktivitas yang sangat menguras energy. Hal ini sendiri disebabkan karena kita sudah melakukan senam lantai, sehingga badan kita sendiri menjadi sangat bugar. Dalam hal ini penyakit-penyakit pun pasti akan susah menyerang tubuh kita, karena tubuh kita sendiri sudah terlindung oleh metabolisme yang sangat kuat yang berada pada tubuh ita sendiri ini.
Demikian yang bisa volimaniak bagikan tentang manfaat senam lantai, semoga bermanfaat. terimakasih. 

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close