Cara Melakukan Loncat Harimau Dengan Benar

Cara Melakukan Loncat Harimau Dengan Benar ~ Dalam olahraga senam di bagi dalam beberapa kategori dan terdapat jenis olahraga pilihan yang sering di perlombakan, tentunya bagi sobat pembaca semuanya dulu pernah melakukan senam pada waktu duduk di bangku sekolah, senam sendiri pada dasarnya di bagi dalam beberapa kategori yaitu; senam lantai, senam alat, dan senam irama. untuk kali ini volimaniak akan berbagi sedikit pengetahuan kepada anda semuanya khususnya dalam kategori senam lantai yaitu loncat harimau. anda pernah melihat harimau meloncat kan nah kurang lebih kayak gitu, tetapi jangan jadi harimau dulu ya untuk bisa meloncat harimau, hehehehe :), just kidding bro.

Loncat harimau pada dasarnya bisa dilatih dan di terapkan dalam sistem pembelajaran penjas, dan untuk keamananannya anda perlu menggunakan alat, bisa menggunakan matras, maupun kasur juga boleh, agar cedera atau hal yang tidak diinginkan terjadi. kali ini volimaniak ingin membahas mengenai cara melakukan loncat atau lompat harimau dengan benar, silahkan nanti anda bisa melihat uraian dan urutan melakukan lompat harimau dengan benar.

cara melakukan loncat harimau dengan benar

Cara Melakukan Loncat Harimau Dengan Benar


Loncat harimau adalah suatu gerakan yang menyerupai gerak guling depan, hanya saja gerakannya dilakukan dengan awalan suatu loncatan jauh ke depan dan mendarat dengan kedua lengan dan berguling seperti pada guling depan. Latihan loncat harimau dapat dilakukan dengan tahapan gerak seperti berikut.

a.  Awalan
 Sikap berdiri mengambil ancang-ancang dengan kecepatan disesuaikan, di beberapa langkah terakhir bersiap melakukan tolakan.

b.  Pelaksanaan
Tolakkan kedua kaki sehingga badan terdorong ke depan. Pergelangan kaki dan lutut dibengkokan untuk meloncat ke atas dan ke depan. Setelah itu tungkai lurus, lengan diayunkan ke depan, dan mendarat lebih dulu pada matras.
c.  Akhiran
Tekuk kepala hingga menunduk dan punggung dibulatkan sehingga terjadi gulingan ke depan. Akhiri dengan posisi jongkok serta tangan lurus ke depan.
Demikian tutorial siang cara melakukan lompat harimau dari volimaniak, kita sambung pada postingan mendatang ya, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

24 Responses to "Cara Melakukan Loncat Harimau Dengan Benar"

  1. Jadi teringat masa-masa masih sekolah dulu Mas, sampai keplanting waktu ikut pramukaan dan disuruh melakukan loncat harimau ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas tapi jgn sampai jadi harimau beneran :p

      Delete
  2. Kira-kira, kalau nggak benar cara melakukannya, apa bagian tangan atau punggung yang akan mengalami cedera, mas Purnama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peluang terbesar adalah cedera pada tangan dan leher... maka dari itu safety alat perlu di perhatikan dengan seksama.trims

      Delete
  3. Takutnya itu, pas lombat, kepalanya nyangkutt hiiiiiiiiiiii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe asl jangan nyungsep aja gan,,kepalanya jadi dibawah.....dan kalaupun nyangkut asl tidak sampai lepas kepalanya :)

      Delete
  4. aww.. aku takut mendaratnya ga benar mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,,,pjmkn matanya klau takut

      Delete
    2. kan lebih parah lagi teh kalau terus melayang diudara gak mendarat-darat, hehe..

      Delete
    3. nanti aku yang nangkap mbak, wakakakaka

      Delete
  5. Lancat harimmau ini gunanaya untuk apa yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem,, itu adalah bentuk latihan olahraga yang tergolong kategori senam lantai dan biasa diajarkan ketika masih duduk di bangku sekolah dan juga bisa dijadikan gerakan senam lantai yang lebih indah

      Delete
    2. siapa cepat dia yang dapat, mungkin gunanya berhubungan dengan istilah itu mas RIDHA, harimau terkenal dengan kecepatannya, jadi kalu sudah menguasai lompatan harimau itu bisa kekampus gak naik angkot lagi, lompat-lompat aja.heheh..!!

      Delete
    3. Oo buat senam toh.
      Kalau suka lompat-lompat, kodong dong hehehe @Devy

      Delete
  6. kalo ngga salah waktu smp pernah diajarin sama guru olah raga

    ReplyDelete
    Replies
    1. teringat masa lalu nih ceritanya gan

      Delete
  7. takut mas, bukan takut karena jatuh atau salah mendarat seperti yang teh santika bilang, tetapi takutnya jari Devy tumbuh cakar lagi, hehe,..

    lari pagi ajalah mas sebagai olahraga rutin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,,, yang penting tujuan utama dari olahraga adalah meningkatkan ketahanan fisik dan juga menyehatkan badan, lakukan olahraga sesuai dengan minat dan hobi aja

      Delete
  8. jangankan loncat harimau jungkir balik ajah takut hehehe

    ReplyDelete
  9. Jadi inget ketika SMK dulu gan pas olah raga senam lantrai belajar loncat harimau ini awalnya takut tapi sekarang udah biasa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan2 sekarang dah jadi atlet senam khususnya lompat harimau ya gan..:)

      Delete
  10. Haha kalau loncat harimau itu waktu masih sekolah dulu waktu olahraga dan olahraga seperti ini kebanyakan murid yang ngga bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe emag sulit bagi yang tidak bisa, tapi mudah bagi yg bisa :p

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close