Cara Melakukan Loncat Harimau Dengan Benar

Cara Melakukan Loncat Harimau Dengan Benar ~ Dalam olahraga senam di bagi dalam beberapa kategori dan terdapat jenis olahraga pilihan yang sering di perlombakan, tentunya bagi sobat pembaca semuanya dulu pernah melakukan senam pada waktu duduk di bangku sekolah, senam sendiri pada dasarnya di bagi dalam beberapa kategori yaitu; senam lantai, senam alat, dan senam irama. untuk kali ini volimaniak akan berbagi sedikit pengetahuan kepada anda semuanya khususnya dalam kategori senam lantai yaitu loncat harimau. anda pernah melihat harimau meloncat kan nah kurang lebih kayak gitu, tetapi jangan jadi harimau dulu ya untuk bisa meloncat harimau, hehehehe :), just kidding bro.

Loncat harimau pada dasarnya bisa dilatih dan di terapkan dalam sistem pembelajaran penjas, dan untuk keamananannya anda perlu menggunakan alat, bisa menggunakan matras, maupun kasur juga boleh, agar cedera atau hal yang tidak diinginkan terjadi. kali ini volimaniak ingin membahas mengenai cara melakukan loncat atau lompat harimau dengan benar, silahkan nanti anda bisa melihat uraian dan urutan melakukan lompat harimau dengan benar.

cara melakukan loncat harimau dengan benar

Cara Melakukan Loncat Harimau Dengan Benar


Loncat harimau adalah suatu gerakan yang menyerupai gerak guling depan, hanya saja gerakannya dilakukan dengan awalan suatu loncatan jauh ke depan dan mendarat dengan kedua lengan dan berguling seperti pada guling depan. Latihan loncat harimau dapat dilakukan dengan tahapan gerak seperti berikut.

a.  Awalan
 Sikap berdiri mengambil ancang-ancang dengan kecepatan disesuaikan, di beberapa langkah terakhir bersiap melakukan tolakan.

b.  Pelaksanaan
Tolakkan kedua kaki sehingga badan terdorong ke depan. Pergelangan kaki dan lutut dibengkokan untuk meloncat ke atas dan ke depan. Setelah itu tungkai lurus, lengan diayunkan ke depan, dan mendarat lebih dulu pada matras.
c.  Akhiran
Tekuk kepala hingga menunduk dan punggung dibulatkan sehingga terjadi gulingan ke depan. Akhiri dengan posisi jongkok serta tangan lurus ke depan.
Demikian tutorial siang cara melakukan lompat harimau dari volimaniak, kita sambung pada postingan mendatang ya, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close