Jarak Yang Di Perlombakan Dalam Jalan Cepat

Jarak Yang Di Perlombakan Dalam Jalan Cepat ~ Sudah pernahkan anda mendapat pelajaran jalan cepat disekolah?,,saya rasa Jalan cepat merupakan bagian dari atletik sehingga dalam pembelajaran penjasorkes pasti diajarkan untuk melakukan olahraga jalan cepat. setelah anda mengenal sejarah jalan cepat yang perlu anda ketahui lagi adalah mengenal beberapa fase/tahapan dalam melakukan jalan cepat. Jalan cepat memang kelihatannya sepele, tetapi kalau anda belum terlatih juga tidak bisa melakukannya dengan baik.

Kali ini volimaniak ingin berbagi kepada anda semunya masih seputar dalam materi penjas atletik khususnya Mengenal jarak yang diperlombakan dalam cepat. tiap nomor atletik memiliki jarak tempuh dan peraturan yang berbeda, seperti dalam lari saja dibagi menjadi beberapa kategori nomor lari. untuk itu anda sebagai pelajaran maupun guru penjas setidaknya memahami dan tahu jarak dalam jalan cepat. untuk lebih jelasnya saya akan bahas sesaat lagi.

Jarak Yang Di Perlombakan Dalam Jalan Cepat


Aktivitas Jalan Cepat Menempuh Jarak 200 Meter

Aktivitas untuk jalan cepat terdiri atas aktivitas teknik dan aktivitas kekuatan, kecepatan, dan stamina. Jalan cepat menempuh jarak pendek dilakukan sambil memperhatikan secara terus-menerus kontak kaki dengan tanah, gerak lengan, dan kerja pinggung secara aktif. aktivitas bisa dilakukan dengan cara naik dan turun bukit, berbaris dengan langkah besar, jalan cepat dengan berbagai kecepatan, aktivitas senam untuk memudahkan gerak pinggung dan bahu, serta untuk menguatkan otot-otot kaki, perut, dan punggung.

Cara melakukan jalan cepat dengan jarak 200 meter  :

(1) Start

Start perlombaan jalan cepat dilakukan dengan start berdiri. Karena start pada jalan cepat ini kurang berpengaruh terhadap hasil perlombaan, tidak ada teknik khusus yang harus dipelajari atau dilatih. Sikap start pada umumnya adalah sebagai berikut. Pada aba-aba “bersedia”, peserta didik menepatkan kaki kiri di belakang garis start, kaki kanan di belakang kaki kiri, badan agak condong ke depan, tangan bergantung kendor. Pada “bunyi pistol” atau aba-aba “Ya!”, segera langkahkan kaki kanan ke muka, dan terus jalan.

(2) Langkah

dimulai dengan gerakan mengangkat paha kaki ayun ke muka, lutut terlipat, tungkai badan bergantung ke muka. Karena ayunan paha ke muka, tungkai bawah ikut terayun ke muka, lutut menjadi lurus, kemudian menapak ke tumit terlebih dahulu menyentuh tanah; bersamaan dengan ayunan kaki tersebut, kaki tumpu menolak dengan mengangkat tumit selanjutnya ujung kaki tumpu lepas dari tanah berganti menjadi kaki ayun.

(3) Kecondongan Badan Sedikit ke Depan dengan Ayunan Lengan

Siku dilipat lebih kurang 90 derajat, ayunan lengan arahnya lebih masuk, gerakan lengan seirama dengan langkah kaki.

(4) Finish

Tidak ada teknik khusus untuk finish ini. Umumnya, jalan terus hingga melewati garis finish, baru dikendorkan kecepatan jalannya setelah melewati jarak lima meter. Untuk memperoleh langkah-langkah yang tidak sampai terangkat sehingga melayang, pemindahan berat badan dari satu kaki ke kaki lain harus tampak jelas pada gerak panggul. Aktivitas jalan cepat menempuh jarak 200 meter dilakukan dengan kecepatan maksimal (pengerahan tanaga 85-95%) dilakukan dengan pengulangan 10-15 kali dengan istirahat atau pemulihan tenaga 2-3 menit.

Aktivitas Jalan Cepat Menempuh Jarak 500-1.000 Meter


Aktivitas jalan cepat dengan menempuh jarak 500 meter sama dengan aktivitas jalan cepat menempuh jarak 200 meter, akan tetapi dilakukan dengan kecepatan sub-maksimal dengan pengulangan antara 6-12 kali dengan istirahat atau pemulihan antara 3-4 menit.

http://volimaniak.blogspot.com/

Setelah melakukan gerakan-gerakan di atas, dilanjutkan dengan aktivitas jalan cepat menempuh jarak 1.000 meter. aktivitas ini dilakukan sama dengan aktivitas di atas, akan tetapi dilakukan dalam berntuk perlombaan, yaitu dimulai dari gerakan start berdiri sampai dengan finish.

Nah itulah jarak yang diperlombakan dalam jalan cepat. semoga bisa bermanfaat dan membantu anda sebagai guru atau siswa yang ingin mendalami dalam bidang olahraga khususnya atletik jalan cepat/

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

2 Responses to "Jarak Yang Di Perlombakan Dalam Jalan Cepat"

  1. wah kren mas artikelnya, saya jadi tau, taunya sih cuman lari

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas.semoga lebih tahu mengenai jalan cepat

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.