APLIKASI PKG GURU KELAS / MAPEL DAN WAKA,KETUA PROGAM KEAHLIAN,KEPALA PERPUSTAKAAN DAN KEPALA BENGKEL DAN LABORAT

APLIKASI PKG GURU KELAS / MAPEL DAN WAKA,KETUA PROGAM KEAHLIAN,KEPALA PERPUSTAKAAN DAN KEPALA BENGKEL DAN LABORAT ~ Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian.

Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.

Pelaksanaan PK GURU dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya PK GURU dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Menemukan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas, dan membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, akan memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan, sekaligus membantu pengembangan karir guru sebagai tenaga profesional. Oleh karena itu, untuk meyakinkan bahwa setiap guru adalah seorang profesional di bidangnya dan sebagai penghargaan atas prestasi kerjanya, maka PK GURU harus dilakukan terhadap guru di semua satuan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.
http://www.volimaniak.com/

Guru yang dimaksud tidak terbatas pada guru yang bekerja di satuan pendidikan di bawah kewenangan Kementerian Pendidikan Nasional, tetapi juga mencakup guru yang bekerja di satuan pendidikan di lingkungan Kementerian Agama. Hasil PK GURU dapat dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru sebagai input dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Hasil PK GURU juga merupakan dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jika semua ini dapat dilaksanakan dengan baik dan obyektif, maka cita-cita pemerintah untuk menghasilkan ”insan yang cerdas komprehensif dan berdaya saing tinggi” lebih cepat direalisasikan. Memperhatikan kondisi jabatan guru sebagai profesi dan kebijakan pemerintah dalam pengembangan profesi guru maka diperlukan pedoman pelaksanaan PK GURU yang menjelaskan tentang apa, mengapa, kapan, bagaimana dan oleh siapa PK GURU dilaksanakan. Penyusunan pedoman ini mengacu pada Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di atas sebagai acuan pelaksanaan PK GURU di sekolah untuk mempermudah proses penilaian.

Dari dasar penilaian kinerja guru / PKG diatas, volimaniak akan membahas dan berbagi kepada rekan guru semua untuk mempemudah melaksanakan proses PKG dengan berbagi mengenai Aplikasi Penilaian kinerja guru. dalam aplikasi PKG ini sudah saya sertakan komplit diantaranya adalah Aplikasi PKG guru kelas / mapel dan waka, aplikasi pkg ketua progam keahlian untuk SMK/SMA, aplikasi pkg kepala perpusatakaan dan aplikasi pkg kepala bengkel dan laboratoeium. anda bisa mendownloadnya dengan mudah agar proses penilaian anda bisa berjalan cepat dengan menggunakan aplikasi ini. saya rujuk dari portal resmi datapodik. langsung saja berikut daftar link yang bisa anda download,
  1. DOWNLOAD APLIKASI PKG GURU KELAS / MAPEL DAN WAKA
  2. DOWNLOAD APLIKASI PKG KETUA PROGAM KEAHLIAN
  3. DOWNLOAD APLIKASI PKG KEPALA PERPUSTAKAAN 
  4. DOWNLOAD APLIKASI PKG KEPALA BENGKEL DAN LABORAT
Untuk sementara hanya beberapa aplikasi diatas yang dapat saya share, jika ada informasi terbaru akan saya update secara berkala, dan untuk proses kelancaraan penilaian kinerja guru, silahkan anda bisa baca Pedoman Penilaian kinerja guru / PKG tahun 2015

Semoga bisa bermanfaat bagi rekan guru yang sedang membutuhkannya,selamat berkreatifitas.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

24 Responses to "APLIKASI PKG GURU KELAS / MAPEL DAN WAKA,KETUA PROGAM KEAHLIAN,KEPALA PERPUSTAKAAN DAN KEPALA BENGKEL DAN LABORAT"

  1. nyimak saja pak guru,,saya murid

    ReplyDelete
  2. Ijin seruput dulu Mas Pur, eh ijin download maksudnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake selang pemadam kebarkaran biar cepat nes

      Delete
    2. hahahaha langsung habis itu mbah

      Delete
  3. baru bisa berkunjung nie mas pur, baru konek dari pagi, buset dah..
    saya simak dulu mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini diadakan agar guru jadi profesional ya mas, kalo masalah download biar para guru aja deh yang download.hehe

      Delete
    2. hehehe sante aja mas,biasa itu,klu saya sibuk kadang juga gk bsa berkunjung

      Delete
    3. saya juga gitu kalau sibuk malah gak bisa ngeblog. heee

      Delete
    4. wah sama donk bah.tos dulu kalau gitu

      Delete
    5. tosnya bertiga aja :D
      kalo ga konek cuman bisa bengong doang di komputer sambil nonton film..

      Delete
    6. hehehe bener mas hendri, enaknya kalau saya sambl ngopi

      Delete
    7. saya kalo ga konek habis kopi 3 gelas, keren ga?

      Delete
  4. Guru adalah ujung tombak tulang punggung untuk pencerdasan bangsa. semoga dengan sistim yang di bangun untuk jenjang karir guru begini membuat kwalitas pendidikan di negri ini semakin baik dan membawa kebaikan generasi penerus bangsa nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ya robbal alamin,semoga pendidikan di indonesia semakin baik, dengan adanya guru yang profesional dan kreatif

      Delete
  5. setuju pur kalau pkg untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. di samping itu untuk memajukan masa depan pendidikan bangsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah emang kalah sama orang yang lebih tua mbah, pastinya mbah ini sudah banyak makan garam laut ya.....tapi kok ya bisa makan garam laut segitu banyaknya,wakakakaka

      Delete
  6. Semoga dengan adanya aplikasi pkg guru ini bisa menciptakan guru yang berkualitas.Amin

    ReplyDelete
  7. Kami baru saja siap mengisi PKG ini mas Purnama. Sepertinya mirip blanko guru naik pangkat aja, mas...

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.