Persyaratan Peserta Mengikuti Progam SM3T Tahun 2016

SM3T pada tahun 2015 ini mulai dilaksanakan, tepatnya progam SM3T dari dikti ini adalah progam SM3T angkatak Ke V tahun 2015. jika anda hendak mendaftar mencoba menjadi guru di luar daerah khususnya di daerah terpencil yang masih kekurangan guru, anda bisa mencoba mengikuti progam SM3T progam dikti tahun 2015,

Banyak keuntungan yang akan kita dapatkan dengan mengikuti Progam SM3T dikti ini, diantaranya adalah progam ini dimaksudkan untuk guru angkatan yang lulusan dari universitas mulai tahun 2007 yang mana bisa sekaligus mendapatkan tunjangan Progam profesi atau biasa disebut dengan PPG, untuk guru yang sudah mengajar dinamakan progam profesionalisme dalam jabatan atau PPGJ.

http://www.volimaniak.com/

Maka dari itu sehubungan dengan SM3T ini volimaniak akan berbagi sedikit info mengenai Persyaratan Mengikuti Progam SM3T dikti tahun 2015, anda bisa mempersiapkan persyaratan administrasinya dan segera mendaftarkan diri anda, jangan sampai ketinggalan infonya ya. untuk informasi SM3T lebih lengkap silahkan anda bisa baca : Pendaftaran SM3T tahun 2015

Berikut persyaratan SM3T tahun 2016 yang wajib dipenuhi oleh calon peserta SM3T :
  1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan identitas diri berupa KTP yang masih berlaku;
  2. Lulusan program studi kependidikan S-1 (bukan transfer) tiga tahun terakhir (2013, 2014, 2015) dari program studi terakreditasi yang sesuai dengan mata pelajaran dan/atau bidang keahlian yang dibutuhkan, dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang telah disahkan (legalisasi). Peserta harus tercatat di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  3. Berusia maksimum 27 tahun per 31 Desember 2015;
  4. IPK minimal 3,00 yang dibuktikan dengan fotokopi transkrip nilai yang telah disahkan (legalisasi);
  5. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter;
  6. Bebas dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari pejabat yang berwenang;
  7. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres/Polresta; dan
  8. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Program SM-3T dan PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 6000 rupiah
  9. Belum pernah mengikuti program SM-3T pada tahun sebelumnya dan sanggup mengikuti program PPG yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai.
  10. Bukti persyaratan nomor 1) s.d. nomor 9) dibawa pada saat tes wawancara. Khusus lulusan tahun 2015 yang belum memiliki ijazah dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang ditandatangani dan/atau diketahui Pembantu/Wakil Rektor Bidang Akademik, sedangkan ijazah asli wajib ditunjukkan pada saat wawancara.
Update : Untuk link pendaftaran lebih lanjut bisa anda peroleh di setiap universitas yang mengadakan progam SM3T, tetapi untuk globalnya anda bisa mencari di website berikut :


Update : anda bisa menyimak jadwal SM3T melalui Link ini : Jadwal Pendaftaran SM3T Tahun 2016

Demikian sedikit informasi yang bisa volimaniak sampaikan mengenai Syarat daftar SM3T tahun 2015, semoga bisa bermanfaat, dan besar keingginan saya bagi anda sarjana keguruan muda semoga bisa diterima dan menjadi pengalaman berharga sebagai guru progam SM3T, selamat berjuang rekan guru semua, salam sukses

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

74 Responses to "Persyaratan Peserta Mengikuti Progam SM3T Tahun 2016"

  1. saya baru tau kalau program SM3T itu untuk guru angkatan yang lulusan dari universitas mulai tahun 2007 yang mana bisa sekaligus mendapatkan tunjangan Progam profesi atau biasa disebut dengan PPG, untuk guru yang sudah mengajar dinamakan progam profesionalisme dalam jabatan atau PPGJ. kayaknya mesti tau banyak masalah guru nih mas. saya CTRL + D blognya. penting buat info bagi kawan-kawan guru di kalbar. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertamax juga ane...yang bawah jangan sewot. heee

      Delete
    2. hehehe iya mas, setahu saya memang progam SM3T seperti itu dijadikan progam PPG juga, lumayan gajinya kok, tapi harus jauh dari keluarga, kalau saya gak bisa ikut, cukup dirumah aja deh

      Delete
    3. Pertamxnya bisa diamankan dulu mbah, langsung di kantongin ya

      Delete
  2. Wah...ipk saya 3.46 bisa banget donk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dmana link pndftranya mas,,???

      Delete
    2. diatas sudah saya kasih mas, lupa tidak saya kasih linknya, silahkan bisa langsung menuju kesana, lihat updatenya ya

      Delete
  3. Belum berani mas mengajukan sebagai peserta SM3T. Sementara jadi honorer aja dulu di tempat tinggal ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iy mas,tiap orang punya pemikiran masing-masing kok

      Delete
    2. saya pengen ikut tapi bukan dari keguruan mas, gak bisa ya?

      Delete
    3. ini khusus tenaga pendidik mbak / guru yang mau lanjutk progam PPG dengan SM3T

      Delete
  4. info yang bagus nih mas buat guru yang ingin ikut SM3T,trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tertarik banget... tapi pas liat syarat usia maksimumnya 27, saya jadi berkecil hati... usia saya sekarang 26, belum lulus kuliah, soalnya kuliahnya telat, kalo tahun tahun kedepannya terus ada program ini usia saya udah 28 an pas lulus, mungkin hampir 29. pasti ga bisa ya?.... hmmm, tapi saya ambil keguruan si...

      Delete
    2. hem selalu semangat saja mbak, pasti ada jalan lain, tidak semua harus di progam sm3t kok

      Delete
  5. menarik juga yah, tapi untuk mengajar kedaerah terpencil sepertinya ogah mas hehe

    ReplyDelete
  6. ipk ane cuma dapat 3.08 gan hahaha ane pesimis gan apakah ane bisa ikut program sm3t ini apa kagak hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu dah bisa mas, hehehe kan minimalnya 3.00

      Delete
  7. Waaahhh.. umur saya belum 27 tahun nihh.....

    ReplyDelete
  8. pertama saya bukan guru mas, kedua saya ga bisa jauh dari ortu deh mas.hehe
    rata-rata orang lebih milih kerja dket kampung halaman ya mas.paling kalo sdh frustasi ga dapet kerjaan baru keluar kota.hehe
    smoga info ini bermanfaat mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe gak apa2 mas, ini buat guru yang ingin menambah pengalaman dengan mengajar di luar daerah sendiri

      Delete
  9. Informasi yang sangat bermanfaat dan ini yang di tunggu-tunggu banyak calon tenaga pendidik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, memang guru yang ingin mengikuti SM3T bsa mengikuti panduannya disini

      Delete
  10. wah program SM3T dapet juga tunjangan profesi ya Pak, tapi sayangnya harus di desa terpencil ya hehehe, kalau deket sama kampung makin enak lagi hehehe ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, ini untuk guru yang ingin mencoba pengalaman baru nih

      Delete
  11. wah menarik... Tapi kurang paham dengan info unjuk perform atau bakat setelah wawancara, itu yg bagaimana ya. Barangkali ada yang tau... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem prosedur tes wawancara di maksudkan apakah peserta benar-benar siap dan siap untuk mengajar di daerah terpencil dengan semangat mengembangkan pendidikan, proses wawancara sendiri beraneka ragam tergantung dari pengujinya

      Delete
  12. apa selamanya kita akan mengajar di daerah 3T atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kayak gitu pak, di situ hanya sebagai progam SM3T yang dilakukan sebagai syarat menempun PPG / progam profesionalisme guru, dan cuma satu tahun saja, ini untuk mendapatkan sertifikat pendidik profesional

      Delete
  13. Wah keren ni info nya,
    Cuma denger2 kalo syarat pendaftaran program ini akreditasi prodi ny mimimal b, bener ga ya?

    ReplyDelete
  14. Wah keren ni info nya,
    Cuma denger2 kalo persyaratan pendaftaran program ini akreditasi prodi ny minimal b, bener ga ya?

    ReplyDelete
  15. Wah keren ni info nya,
    Cuma denger2 kalo persyaratan pendaftaran program ini akreditasi prodi ny minimal b, bener ga ya?

    ReplyDelete
  16. saya lulus kuliah 2013, berarti tahun depan ga bisa ikut :( yah? kelewat banget infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. BUKAN INFONYA YANG TELAT MAS, TAPI MUNGKIN ANDA YANG BARU TAHU, DARI TAHUN 2013 SUDAH ADA PROGAM SM3T INI KOK

      Delete
  17. Kalau untk thun dpan(2016) kira" msih ada gak pmbukaan untk sm3t mas.??
    Mhon info ny..
    Mksih.. ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah masih ada mas, nanti tunggu info berikutnya ya, kalau ada langsung saya infokan,terimakasih

      Delete
  18. Saya baru lulus kuliah, saya ingin ikut sm3t. Kalau boleh tau pendaftarannya kapan dibuka lagi ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendaftaran sm3t di persiapkan mulai dari bulan mei mas, insyaallah kalau masih lanjut SM3t tahun 2016 akan saya infokan kembali,terimakasih

      Delete
  19. sayang nya aja syarat nya gak lulus

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar ya mas, masih ada peluang lain

      Delete
    2. sm3t 2016 kira kira bulan apa ya? nuwun :)

      Delete
    3. bulan februari dah mulai persiapan mas, untuk info dan lainnya, nanti akan saya infokan kembali

      Delete
  20. Sekedar sharing, kemarin saya daftar namun gk lulus administrasi karena akreditasi fakultas C. Padahal niat udah mantap ingin mengabdi, namun apa daya. Padahal dipersyaratan gk ada tertera harus akreditasi A atau B. Mohon info nya min kalau tau. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem setahu saya memang syarat progam SM3T itu harus akreditasi A dan B mas, tapi saya ucapkan terimakasih atas infonya ya,semoga pembaca juga tahu dan lebih siap

      Delete
  21. kakak udah pernah lolos blm? saya pengen bgt ikut... tp masih bgg dftarnya gmn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ini sedang mengabdi. Jangan takut untuk menuju daerah terdepan terluar dan tertinggal. . karena tidak seperti apa yang kalian bayangkan disini. . . sungguh :)
      Untuk daftarnya bisa terus pantengin web nya kemendikbud,
      salam MBMI saya angkatan V dari UNJ

      Delete
  22. kakak udah lolos sm3t kah? sya pengen banget ikut... tp masih bgg dftarnya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu nanti info selanjutnya ya mbak, moga2 bisa ikutan lolos progam sm3t ini

      Delete
  23. Kayanya saya telat ya. Soalnya saya baru lulus 1 oktober 2015, wisuda 14 november 2015. Kapan ada lagi ya buat thn 2016.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu info selanjutnya aja ya mas, nanti akan saya posting, terimakasih

      Delete
  24. Apa sudah ada info utk sm3t 2016? Saya baru lulus februari kemarin... #nonkependidikan. Terimakasih

    ReplyDelete
  25. akreditasi kampus saya C ,apa saya memenuhi syarat pendaftaran??

    ReplyDelete
  26. akreditasi kampus saya C, apa bs diterima jika ingin mendaftar?

    ReplyDelete
  27. Mhon info pendaftaran sm3t tahun 2016 mas.. Mksh sblumnya

    ReplyDelete
  28. Mhon informasi jadwal pendftaran untuk sm3t 2016 min.. Mksg sblumnya.. Ditunggu infonya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalau sudah ada saya update mas, terimakasih

      Delete
  29. Kampus saya masih akreditas c, mudah2an tidak jd bermasalah ya.

    ReplyDelete
  30. Setelah lulus/selesai SM3T apa tetap mengajar di daerah 3T tersebut. Atau kembali ke tempat tinggal asalnya.??

    ReplyDelete
  31. Jika sdh lulus/selesai program SM3T, apakah tetap mengabdi selama2nya di daerah 3T tersebut, atau bisa kembaki ke tempat tinggal asalnya.???

    Mohon infonya???

    ReplyDelete
  32. Jika sdh lulus/selesai program SM3T, apakah tetap mengabdi selama2nya di daerah 3T tersebut, atau bisa kembaki ke tempat tinggal asalnya.???

    Mohon infonya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. progam SM3T cuma satu tahun saja mbak, jadi tidak menetap disana

      Delete
  33. Sekedar sharing. Ada beberapa teman di kampus saya yg mendaftar sm3t. Prodi kampus sya masih akreditasi c. Tapi ada beberapa dari kami yg lulus, meski akreditasi c. Jd bg yg kampusnya akreditasi c, jgn menyerah, berdoa saja. Semoga beruntung. Karena soalnya untung2an, dan rezeki.

    ReplyDelete
  34. kalau sudah menikah,apa masih bisa ikut?

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.