Macam-Macam Gaya Lompat Tinggi

Lompat tinggi adalah olahraga yang tergolong dalam cabang atletik khususnya nomor lompat, pastinya anda  semuanya pernah mendengar dan mungkin juga sudah pernah melakukan lompat tinggi pada waktu masih sekolah baik di SD, SMP maupun SMA/SMK.

Pada dasarnya lompat tinggi itu mudah dilakukan jika kita benar-benar tahu teknik lompat tinggi yang benar. Pada lompat tinggi ini perlu pengembangan fisik lebih lanjut khususnya untuk tolakan karena pengaruh tingginya tolakan akan berbeda dalam hasil tinggi mistar yang bisa kita lewati.

Lompat Tinggi adalah salah satu daripada acara olahraga yang diminati dan senantiasa mendapat perhatian ramai. Lompat Tinggi mula diperkenalkan dalam tahun 1887 dan dalam tahun 1896. Acara Lompat Tinggi telah diperkenalkan di dalam sukan Olimpik. Acara ini menjadi perhatian ramai karena berbagai gaya lompatan yang digunakan oleh para atlet.

Lompat tinggi merupakan olahraga yang menguji keterampilan melompat dengan melewati tiang mistar. Lompat tinggi adalah salah satu cabang dari atletik. Tujuan olahraga ini untuk memperoleh lompatan setinggi-tingginya saat melewati mistar tersebut dengan ketinggian tertentu.Tinggi tiang mistar yang harus dilewati atlet minimal 2,5 meter, sedangkan panjang mistar minimal 3,15 meter. Lompat tinggi dilakukan di arena lapangan atletik. Lompat tinggi dilakukan tanpa bantun alat.
macam-macam gaya lompat tinggi

Kalau pada bangku sekolah para pembaca semuanya biasa diajarkan dengan gaya yang umum saja, sebagai contoh adalah gaya melayang, guling perut / straddle, memang banyak kendala dalam melakukan lompat tinggi khususnya pada sarana dan prasarananya, dan inipun jadi permasalahan bagi sekolah kecil yang belum memiliki alat. tetapi anda tidak usah kawatir karena jika kita sebagai seorang guru mau kreatif tentunya kita bisa memodifikasi pembelajaran lompat tinggi dengan alat seadanya dengan memperhatikan unsur keamanan dan mengenalkan gaya-gaya lompat tinggi.

Gaya Lompat Tinggi


Untuk menyingkat waktu baiklah akan saya jabarkan lebih lanjut, berikut jenis gaya lompat tinggi yang bisa anda pelajari;
  • Gaya Gunting (Scissors)
  • Gaya gunting bisa dikatakan Gaya Sweney, sebab pada waktu sebelumnya (yang lalu) masih digunakan gaya jongkok. Tepatnya tahun 1880, selanjutnya tahun 1896 sweny mengubahnya dari gaya jongkok menjadi gaya gunting. Diganti karena kurang ekonomis.Cara melakukan:Si pelompat mengambil awalan dari tengah. Bila pelompat pada saat akan melompat, tumpuan pakai kaki kiri (bila ayunan kaki kanan), maka ia mendarat (jatuh) dengan kaki lagi. Waktu di udara badan berputar ke kanan, mendarat dengan kaki kiri, badan menghadap kembali ke tempat awalan tadi.
  • Gaya Guling sisi (Western Roll)
  • Pada gaya ini sama dengan gaya gunting, yaitu tumpuan kaki kiri jatuh kaki kiri lagi dan bila kaki kanan jatuhnyapun kaki kanan hanya beda awalan, tidak dari tengah tapi dari samping.
  • Gaya Guling (Straddle)
  • Pelompat mengambil awalan dari samping antara 3, 5, 7, 9 langkah Tergantung ketinggian yang penting saat mengambil awalan langkahnya ganjil.  Menumpu pada kaki kiri atau kanan, maka ayunan kaki kiri/ kanan kedepan. Setelah kaki ayun itu melewati mistar cepat badan dibalikkan, hingga sikap badan diatas mistar telungkap. Pantat usahakan lebih tinggi dari kepala, jadi kepala nunduk. Pada waktu mendarat atau jatuh yang pertama kali kena adalah kaki kanan dan tangan kanan bila tumpuan menggunakan kaki kiri, lalu bergulingnya yaitu menyusur punggung tangan dan berakhir pada bahu.
  • Gaya Fosbury Flop 
  • Cara melakukanya:
    • Awalan, harus dilakukan dengan cepat dan menikung/ agak melingkar, dengan langkah untuk awalan tersebut kira – kira 7-9 langkah.
    • Tolakan, Untuk tolakan kaki hampir sama dengan lompat tinggi yang lainya.Yakni, harus kuat dengan bantuan ayunan kedua tangan untuk membantu mengangkat seluruh badan. Bila kaki tolakan menggunakan kaki kanan, maka tolakan harus dilakukan disebelah kiri mistar. Pada waktu menolak kaki bersamaan dengan kedua tangan keatas disamping kepala, maka badan melompat keatas membuat putaran 180 derajat dan dilakukan bersama-sama.
    • Sikap badan diatas mistar, sikap badan diatas mistar terlentang dengan kedua kaki tergantung lemas, dan dagu agak ditarik ke dekat dada dan punggung berada diatas mistar dengan busur melintang.
    • Cara mendarat, mendarat pada karet busa dengan ukuran (5 x 5 meter dengan tinggi 60 cm lebih) dan diatasnya ditutup dengan matras sekitar 10 – 20 cm, dan prtama kali yang mendarat punggung dan bagian belakang kepala.
Yang diutamakan dalam melakuakan Lompatan ialah, lari awalan dengan kecepatan yang terkontol. Hindari kecondongan tubuh kebelakang terlalu banyak. Capailah gerakan yang cepat pada saat bertolak dan mendekati mistar. Doronglah bahu dan lengan keatas pada saat take off. Lengkungan punggung di atas mistar. Usahakan mengangkat yang sempurna dengan putaran kedalam dari lutut kaki ayun (bebas). Angkat kemudian luruskan kaki segera sesudah membuat lengkungan.

Itulah sedikit uraian yang bisa saya bahas pada kesempatan kali yaitu mengenai macam-macam gaya pada lompat tinggi, semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam bidang olahraga, dan selamat mencoba kawan.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: