Pengertian Metode Pembelajaran

Pengertian Metode Pembelajaran. Di dalam dunia pendidikan kita tidak akan lepas dari yang namanya proses KBM ( kegiatan belajar mengajar ). Bagi seorang guru wajib tahu apa saja metode pembelajaran yang tepat dan di gunakan dalam kegiatan KBM, agar proses pembelajaran itu bisa berjalan dengan baik.

Memang dalam KBM seorang guru di tuntut untuk kreatif dan menganalisa mana penggunaan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa didiknya, karena di setiap kelas / di daerah tertentu memiliki karakter sendiri, apa jadinya jika kita tidak bisa mengatasi siswa yang nakal, maka dari itulah perlu adanya proses pemahaman kegiatan KBM yang lebih baik dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai.

Sebelum membahas apa saja metode pembelajaran yang bisa kita terapkan dalam dunia pendidikan, volimaniak akan sedikit membahas hal kecil terlebih dahulu yaitu pengertian metode pembelajaran, berikut penjelasan yang bisa saya rangkum dari berbagai sumber;
pengertian metode pembelajaran
Pengertian Metode Pembelajaran | Image Sourche : Siap-sekolah.com

Pengertian Metode Pembelajaran


Penting sekali kita menerapkan Metode pembelajaran yang tepat guna mencapai ketuntasan belajar siswa, dan hasil yang kita inginkan bisa dicapai dengan baik, ok gak usah lama-lama berikut penjelasan pengertian metode pembelajaran. Sebelum mengetahui arti sebenarnya, mari kita simak dan urai dari setiap kata dari metode pembelajaran, berikut penjelasan secara rincinya;

Pengertian Metode

  1. Metode menurut Djamaluddin dan Abdullah Aly dalam  Kapita Selekta Pendidikan Islam, (1999:114) berasal dari kata meta berarti melalui, dan hodos jalan. Jadi metode adalah jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan. 
  2. Pengertian Metode menurut Depag RI dalam buku Metodologi Pendidikan Agama Islam (2001:19)
  3. Metode berarti cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. 
  4. Menurut  WJS. Poerwadarminta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1999:767) Metode adalah cara yang telah teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud. Berdasarkan definisi di atas, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa metode merupakan jalan atau cara yang ditempuh seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Pengertian Mengajar

  1. Mengajar adalah suatu usaha yang sangat kompleks, sehingga sulit menentukan bagaimana sebenarnya mengajar yang baik. Metode adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan.
  2. Sedangkan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa sehingga tingkah laku siswa berubah ke arah yang lebih baik (Darsono, 2000: 24).
  3. Adapun yang dimaksud pembelajaran Menurut Gagne, Briggs, dan wagner dalam Udin S. Winataputra (2008) adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa. Sedangkan menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkingan belajar.

Pengertian Metode Pembelajan Menurut Beberapa Ahli

  1. Menurut Ahmadi (1997: 52) metode pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur.
  2. Pengertian lain mengatakan bahwa metode pembelajaran merupakan teknik penyajian yang dikuasai oleh guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual ataupun secara kelompok agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik.
  3. Metode Pembelajaran: dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya:
  4. Menurut Abdurrahman Ginting, metode pembelajaran dapat diartikan cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumberdaya terkait lainnya agar terjadi proses pembelajaran pada diri pembelajar
Jadi bisa saya simpulkan bahwa metode pembelajaran adalah teknik penyajian yang dikuasai oleh seorang guru untuk menyajikan materi pelajaran kepada murid di dalam kelas baik secara individual atau secara kelompok agar materi pelajaran dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh murid dengan baik.

Dalam kenyataannya, cara atau metode pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi berbeda dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Khusus metode pembelajaran di kelas, efektifitas metode dipengaruhi oleh faktor tujuan, faktor siswa, faktor situasi dan faktor guru itu sendiri.

Dengan demikian metode dalam rangkaian sistem pembelajaran memegang peran yang sangat penting, karena keberhasilan pembelajaran sangat tergantung pada cara guru dalam menggunakan metode pembelajaran.

Adapun secara umum Macam-Macam Metode Pembelajaran dapat dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah sebagai berikut;
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Diskusi
  • Simulasi
  • Laboratorium
  • Debat, dll
Dapat pula dikatakan bahwa metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan KBM, dari macam meteode pembelajaran tidak akan saya bahas pada kali ini untuk secara lengkapnya, saya akan membahas lebih lengkap dilain kesempatan, karena capek juga saya nulis panjang lebar untuk membahas arti Metode pembelajaran.

Daftar Pustaka:
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana
Prenada Media Group, 2008),147
Abdurrahman Ginting, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran (Bandung: Humaniora, 2008), 42
Abu Ahmadi – Joko Tri Prastya, Strategi Belajar Mengajar (Bandung: CV Pustaka Setia, 2005), 52
Dll.

Cukup dulu ya informasi singkat mengenai Pengertian Metode Pembelajaran, kita sambung di lain kesempatan untuk lebih jelas dan lebih rinci mengenai metode pembelajaran, semoga bermanfaat

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: