Pengertian Gambar Ilustrasi dan Jenis-jenis Gambar Ilustrasi

Sudah pada tahu belum apa itu gambar ilustrasi ? kalau anda belum tahu apa Ilustrasi sesaat lagi anda akan tahu, karena saya akan menjelaskan dengan lengkap Pengertian Gambar Ilustrasi dan Jenis-jenis gambar Ilustrasi. Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Gambar-gambar tersebut dapat berdiri sendiri atau gabungan dari berbagai macam objek yang berbeda.

Objek gambar disesuaikan dengan tema cerita atau narasi yang di buat. Gambar ilustrasi dapat dibuat dalam bentuk cerita bergambar, karikatur, kartun, komik dan ilustrasi karya sastra berupa puisi atau sajak. Gambar ilustrasi dapat diberi berwarna atau hitam putih\ saja. Pembuatan gambar ilustrasi dapat dilakukan dengan cara manual maupun dengan menggunakan teknologi digital.

Pada tempo lalu anda juga sudah mengenal apa saja Prinsip Menggambar model, nah untuk menambah pengetahuan kita semua, mari kita pelajari juga apa yang dimaksud dengan Pengertian Gambar Ilustrasi dan Jenis-jenis gambar ilustrasi itu? untuk lebih jelas, ayo kita bahas satu-satu ya;

Pengertian Gambar Ilustrasi


Gambar Ilustrasi adalah gambar yang memperjelas ide cerita atau narasi. Tujuan dari gambar ilustrasi adalah memperkuat, memperjelas, memperindah, mempertegas, dan memperkaya cerita atau narasi. Fungsi dari gambar ilustrasi dapat juga dimanfaatkan untuk menghidupkan sebuah cerita. Gambar ilustrasi yang baik adalah ilustrasi yang dapat merangsang dan membantu pembaca untuk berimajinasi tentang cerita, ilustrasi sangat membantu mengembangkan imajinasi dalam memahami narasi.

Jenis- Jenis Gambar Ilustrasi


a. Kartun
pengertian gambar ilustrasi

Bentuk kartun dapat berupa tokoh manusia maupun hewan berisi cerita-cerita humor dan bersifat menghibur. Indonesia memiliki beberapa tokoh kartun seperti, Petruk dan Gareng karya Tatang S. dan sebagainya. Penampilan gambar kartun dapat dilihat dalam bentuk hitam putih maupun berwarna.

b. Karikatur
jenis-jenis-gambar-ilustrasi

Gambar karikatur menampilkan karakter yang dilebih- lebihkan, lucu, unik, terkadang mengandung kritikan dan sindiran. Objek gambar karikatur dapat diambil dari tokoh manusia maupun hewan.

c. Komik
pengertian gambar ilustrasi dan jenis gambar ilustrasi

Gambar ilustrasi dalam bentuk komik terdiri dari rangkaian gambar yang saling melengkapi dan memiliki alur cerita. Bentuk komik dapat berupa buku maupun lembaran gambar singkat (comic strip).

d. Ilustrasi Karya Sastra
gambar ilustrasi

Karya sastra berupa cerita pendek, puisi, sajak, akan nampak lebih menarik minat
orang membacanya apabila disertai dengan gambar ilustrasi. Fungsi gambar ilustrasi disini bertujuan memberikan penguatan dan mempertegas isi atau narasi pada materinya.

e. Vignette
gambar ilustrasi

Sebagai pengisi dari sebuah cerita atau narasi dapat disisipkan gambar ilustrasi berupa vignette. Vignette adalah gambar ilustrasi berbentuk dekoratif yang berfungsi sebagai pengisi bidang kosong pada kertas narasi.

Nah sekarang saya rasa anda sudah jelas dan paham apa itu Pengertian Gambar Ilustrasi dan Jenis-jenis gambar ilustrasi, semoga apa yang saya berikan dapat menambah pengetahuan anda semuanya, dan jangan lupa dishare ke teman-teman biar pada paham juga ya.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: