Fungsi Otot dan Jenis Jaringan Otot Manusia

Fungsi Otot dan Jenis Jaringan Otot Manusia. Apakah sebenarnya Fungsi Otot itu? jika anda belum paham materi ini silahkan anda perhatikan baik-baik dan cermati setiap penjelasan yang akan saya sampaikan pada postingan kali ini yang menyangkut mengenai Strukur dan Fungsi Otot Manusia.

Otot-otot dalam tubuh manusia melakukan beberapa fungsi penting. Fungsi utama otot manusia adalah melakukan gerakan baik di sengaja maupun tidak sengaja. selain itu banyak sekali fungsi otot yang bisa kita perlu tahu yaitu otot juga membantu postur tubuh agar tetap proporsional. Tanpa otot, tulang, dan sendi tubuhmu tidak memiliki kekuatan untuk bergerak. Otot adalah penggerak bagian-bagian tubuh, sehingga otot disebut alat gerak aktif. Hampir 35 hingga 40 persen massa tubuh adalah jaringan otot

Seperti yang ktia ketahui bahwa pada dasarnya fungsi utama dari otot adalah sebagai penggerak, contoh yang bisa kita lihat adalah kita bisa jalan, menggerakkan tangan, bahkan semua anggota tubuh baik di sadari maupun tidak. Cobalah perhatikan, setiap saat selalu ada gerakan yang terjadi di tubuhmu, gerakan tersebut terjadi karena adanya kerja dari otot. Otot adalah jaringan yang dapat berkontraksi (mengkerut) dan relaksasi (mengendur). Pada saat berkontraksi otot menjadi lebih pendek, dan pada saat berelaksasi otot menjadi lebih panjang. Proses kontraksi ini mengakibatkan bagian-bagian tubuhmu bergerak.

Untuk lebih memperjelas itu semua, baiklah jika anda pada kesempatan lalu pada materi IPA sudah saya jelaskan mengenai Macam-macam gerak pada tumbuhan kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara rinci Fungsi Otot, tak hanya itu saja tetapi juga akan saya lengkapi materi otot lainnya termasuk Jenis Jaringan Otot dan Struktur Jaringan Otot, untuk menyingkat waktu langsung saja yuk kita pelajari bersama.

Fungsi Otot


fungsi-otot-pada-manusiaSebelum mengetahui apa saja Fungsi Otot Pada Manusia perlu anda ketahui bahwa otot memiliki karakteristik dalam melakukan tugas utamanya, dan karakteristik otot manusia ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu;
  1. Kontrabilitas, yang berarti adanya kemampuan otot dalam berkontraksi atau memendek.
  2. Ekstensbilitas, yang berarti adanya kemampuan otot dalam berelaksasi atau memanjang.
  3. Elastisitas, yang berarti adanya kemampuan otot untuk kembali pada bentuk semula setelah berelaksasi dan berkontraksi.
Nah pastinya anda sudah tahu kan karakter otot itu bagaimana dari penjelasan diatas, ok kita ke bahasan berikutnya yaitu Fungsi Otot Manusia adalah sebagai berikut;

Fungsi Otot Manusia


1. Otot Sebagai Penggerak

Fungsi otot yang utama ialah untuk menghasilkan gerakan. Rangka otot disusun berpasangan disisi berlawanan dari sendi. Ketika salah satu otot berkontraksi, maka otot pasangannya harus rileks, sehingga akan menyebabkan gerakan. Gerakan seperti ini disebut sebagai penggerak.

2. Mempertahankan Postur Tubuh

Selain otot sebagai pengerak fungsi lain dari otot adalah mempertahankan postur, maksud dari menjaga posur ini adalah otot memiliki kekuatan yang menunjang tulang sehingga tubuh akan bisa berjalan dengan tegak dan tetap dalam kondisi proporsional, coba bayangkan saja ketika anda mengalami sakit pasti otot akan terasa lemas dan imbasnya untuk bergerak saja malas, kadang kita pun juga tidak bisa berdiri tegak, disinilah mengapa peran otot bisa dikatakan sebagai penunjanng postur tubuh.Otot yang berkaitan dengan postur dapat menghasilkan jumlah kekuatan rendah yang disebut sebagai tonik.

3. Membangkitkan Kehangatan

Perubahan suhu yang tidak menentu akan mengakibatkan tubuh lebih responsif, dan sistem pada tubuh dengan otomatis akan mempertahankan kondisi tersebut, salah satu fungsi yang bisa di dapatkan adalah dengan adanya otot ini bisa merespon penurunan suhu tubuh ketika terjadi suhu dingin, dan ini adalah respon yang tidak sengaja dan otot berkontraksi secara cepat untuk menghasilkan panas.

4. Fungsi lain dari system otot

Fungsi lain dari otot tak lain adalah gerakan, postur dan thermogenesis. Otot polos akan berkontrak mendorong makanan melalui tabung yang berongga berbentuk system pencernaan. Selain itu, otot juga dapat menjalankan dan melaksanakan peranannya, seperti mengangkat, berjalan, memegang, menggerakkan jantung, serta mengalirkan darah yang terdiri dari nutrisi dan oksigen.

Jenis Jaringan Otot


Coba ingat kembali tentang kerja otot saat yang kalian lakukan dalam gerakan sehari-hari tanpa disadari.  otot lambung serta otot jantung. Ketiga otot tersebut mempunyai struktur yang berbeda, sehingga dikelompokkan dalam jaringan otot yang berbeda pula.

Ada tiga macam jaringan otot di dalam tubuhmu, yaitu otot rangka, otot polos, dan otot jantung, untuk lebih jelasnya silahkan anda pahai penjelasan dibawah ini mengenai macam-macam jaringan otot;

otot rangka,otot polos,otot jangtung
3 Jenis Jaringan Otot
Ket:
a . Otot Rangka
b. Otot Polos
c. Otot Jantung
1) Otot Rangka / Lurik

Otot Rangka / Lurik adalah otot yang paling banyak di dalam tubuh. Jika diamati di bawah mikroskop, sel sel otot rangka terlihat bergaris-garis melintang, sehingga otot ini juga disebut dengan otot lurik. Otot rangka melekat pada tulang dengan perantaraan tendon. Tendon adalah pita tebal, berserabut, dan liat yang melekatkan otot pada tulang. Otot rangka tergolong otot sadar. Kamu bisa mengontrol penggunaan otot ini. Kamu bisa menentukan kapan berjalan dan kapan tidak. Otot rangka cenderung cepat berkontraksi dan cepat lelah.

Ciri-Ciri Otot Rangka / Lurik :
  • intinya terletak di tepi (pinggir),
  • terdapat garis gelap dan terang (sangat jelas),
  • Ujung otot yang melekat pada tulang disebut Tendon
  • Ujung otot yang melekat pada tulang yang lebih diam disebut origo
  • Ujung otot yang melekat pada tulang yang bergerak disebut insersio
  • Dua atau lebih kelompok otot dapat bekerja secara antagonis maupun sinergis
  • dua tipe kontraksi otot rangka , yaitu : kontraksi isotonik dan kontraksi isometrik
2) Otot Polos

Otot polos terdapat pada dinding organ dalam seperti lambung usus halus, rahim, kantung empedu, dan pembuluh darah. Otot polos berkontraksi dan berelaksasi dengan lambat. Otot ini berbentuk gelendong dan memiliki sebuah inti pada tiap selnya.

Ciri-ciri otot polos :
  • berbentuk seperti perahu
  • terletak pada bagian organ dalam
  • memiliki waktu kontraksi sekitar 3 sampai 180 detik
  • Pergerakannya lambat, dan mudah lelah
  • Otot polos dipengaruhi oleh saraf otonom
3) Otot Jantung

Otot jantung hanya ditemukan di jantung. Otot jantung juga tergolong otot tidak sadar. Otot jantung mempunyai garis-garis seperti otot rangka namun, otot jantung mirip otot polos karena tergolong otot tidak sadar. Otot jantung berkontraksi sekitar 70 kali per menit sepanjang hari selama hidupmu. Kamu mengetahui bahwa otot jantung berkontraksi pada saat jantung berdenyut. Otot ini tidak dapat dikontrol oleh kemauan sadarmu.

Ciri-ciri Otot Jantung :
  • Memiliki sifat diantara otot rangka dan otot polos
  • sel otot bercabang dengan inti ditengah
  • beberapa serabut otot yg bercabang & bersatu dengan serabut di sebelahnya
  • Antara satu sel dengan sel lain disebelahnya dihubungkan dengansinsitium
  • hanya ada di jantung
  • dipengaruhin sistem syaraf otonom
  • kontraksiyang terjadi  otomatis & ritmis
Sekedar Info Kerja Otot:
Tahukah kamu bahwa ternyata otot kita juga ada yang bekerja secara berlawanan. Maksudnya pada saat melakukan sebuah gerakan meskipun gerakan itu dilakukan secara bersamaan tetapi proses kontraksi dan relaksasi antara otot satu dengan otot lainnya berlangsung secara berlawanan. Agar kamu lebih memahami maksud dari pernyataan di atas, Pehatikan Gambar dibawah ini;
sistem kerja otot bisep dan trisep
Pada gambar tersebut terlihat bahwa pada saat tangan dilipat, otot bisep berkontraksi sedangkan otot trisep relaksasi. Sebaliknya, pada saat tangan direntangkan, otot bisep relaksasi sedangkan otot trisep berkontraksi.

sumber : Buku Ipa Kelas VIII semester 1 K - 13

Gimana sobat sekarang sudah paham kan apa saja Fungsi Otot itu, sementara sampai disini ya postingan kali ini, lain kali akan saya bahas lebih lengkap lagi tentang materi IPA, jangan lupa di share ke teman anda ya biar tahu info ini juga, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close