Jenis Servis Permainan Bola Voli

Jenis Servis Permainan Bola Voli. Dalam Permainan bola voli pasti kita sudah tau dan pernah melakukan yang namanya servis. khususnya bagi para pelajar udah tidak asing lagi. tapi dari sedikit banyak orang yang tahu Jenis servis permainan bola voli itu. kalu kemarin saya membahas tentang pengertian servis bola voli. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan pembagian jenis servis itu apa saja. ok deh gk usah lama-lama kita langsung cekidot, berikut pembagian dari macam-macam servis bola voli :

A. Service Tangan Bawah (Underhand Service)


Service tangan bawah adalah cara yang termudah untuk memasukan bola ke daerah lawan. Bagi pemain pemula cara ini sangat mudah untuk dipelajari dan tenaga yang dibutuhkan tidak terlalu besar, sehingga dalam waktu singkat sudah dapat dikuasai. Adapun urutan dalam melakukan service tangan bawah adalah sebagai berikut:
  1. Posisi melangkah:  badan dibungkukan, bertumpu pada tungkai belakang.
  2. Bola dilambungkan: lengan yang akan memukul diayunkan ke belakang.
  3. Bola dipukul dengan tangan, sementara lengan diluruskan.
  4. Kedua tungkai diluruskan sikapnya, tubuh sebelah atas ditegakan sementara titik berat tubuh berpindah penumpuannya pada tungkai sebelah depan.
  5. Sikap tangan waktu memukul bola adalah membuka.

B. Service Mengapung Tangan Bawah (Underhand Floating Service)


http://www.volimaniak.com/Teknik ini sangat efektif dan efisien untuk pemain putri, karena sesuai dengan sifat pemain putri yang lemah dalam kekuatan dan kecepatan lengan.

Sikap permulaan:

Berdiri normal, pegang bola dengan tangan kiri, konsentrasi pandangan ke arah bola. Bola dilambungkan berada di depan sebelah kanan sejajar dengan bahu kanan

C. Service Tangan Atas (Overhead Service)

Service tangan atas atau service pukulan dari atas ada beberapa macam, yaitu (1) service tennis, (2) service mengapung, dan (3) service cekis.

Sikap permulaan:

Ambil sikap berdiri dengan kaki kiri berada lebih ke depan daripada kaki kanan dan kedua lutut ditekuk. Tangan kanan dan kiri bersama-sama memegang bola, tangan kiri menyangga bola dan tangan memegang atas bola. Bola dilambungkan dengan tangan kiri ke atas sampai ketinggian kurang lebih setengah meter di atas kepala. Tangan kanan segera ditarik ke belakang atas kepala, dengan telapak tangan menghadap ke depan.

Pelaksanaan:

Setelah tangan kanan berada di atas belakang kepala dan bola berada sejangkauan tangan maka segera bola dipukul dengan memukul seperti melakukan smash. Setelah bola berhasil dipukul akan menjadi top spin. Sewaktu akan melakukan service perhatian selalu terpusat pada bola.
Lecutan tangan lengan sangat diperlukan dalam service tennis dan apabila perlu dibantu dengan gerakan togok ke arah depan sehingga bola akan memutar lebih banyak. Pada saat lengan dilecutkan siku jangan sampai tertarik ke bawah.

D. Servis Mengapung Tangan Atas (Floating Overhead Service)


Sikap permulaan:

Berdiri di daerah service menghadap ke lapangan, salah satu kaki berada di depan atau keduanya sejajar dengan menghadap net. Bola dipegang di tangan kiri setinggi kepala, tangan kanan menggenggam atau dapat dengan telapak tangan terbuka

Gerakan pelaksanaan:

Bola dilambungkan di atas kepala, tangan kanan segera memukul bola pada bagian tengah belakang dari bola dan gaya yang mengenai bola harus berjalan memotong garis tengah bola, untuk menghindari terjadinya putaran pada bola, pergelangan tangan harus di lakukan.

Gerak lanjutan lengan pemukul harus segaris dengan gaya yang dihasilkan atau didorongkan ke depan. Jika pukulan dilakukan dengan gerakan yang cepat (pukulan keras) dapat dilakukan tanpa follow trough.

E. Overhand Change-Up Service (Slider Floating Service)


Sikap permulaan:

Berdiri menyampingi net, posisi kaki sejajar, tangan kiri memegang bola di depan badan, tangan kanan yang akan memukul bola (tangan menggenggam).

Gerak Pelaksanaan:

Langkahkan kaki kiri ke samping, lambungkan bola di depan pundak kiri kemudian lengan kanan dengan gerak melingkar ke arah bola sambil memindahkan gerak badan ke kaki kiri, perkenaan tangan dengan bola berada di depan pundak kiri dan lengan dalam keadaan lurus.

Gerak lanjutan:

Setelah tangan mengenai bola, gerakan lengan dibawa lurus ke depan, sambil memindahkan berat badan ke depan dan segera masuk ke lapangan untuk mengambil posisi menerima bola serangan dari lawan.

F. Overhand Round – House Service (Hook Service)


Sikap permulaan:

Berdiri menyampingi lapangan jarak kedua kaki selebar bahu, kedua tangan memegang bola.

Gerak pelaksanaan:

Lambungkan bola di atas pundak kanan (di atas lengan yang akan memukul bola). Condongkan badan ke  arah kanan dan lutut ditekuk, kemudian ayunkan lengan ke arah bola dengan gerakan melingkar secepat mungkin, telapak tangan dalam keadaan lurus dan gunakan lecutan pergelangan tangan pada waktu telapak tangan mengenai bola untuk menambah kecepatan putaran bola.

Gerak lanjutan:

Setelah telapak tangan mengenai bola, lanjutkan gerakan tangan melingkar ke arah kiri dan pindahkan berat badan ke kiri, kemudian segera ikuti dengan gerakan melangkahkan kaki kanan ke arah lapangan untuk segera mengambil posisi siap menerima pengembalian atau serangan dari pihak lawan.

G. Service dengan Melompat (Jumping Service)


Sikap permulaan:

Berdiri di daerah service dekat dengan garis belakang menghadap net, kedua tangan memegang bola.

Gerak pelaksanaan:

Lambungkan bola setinggi kurang lebih tiga meter  di depan badan, kemudian badan merendah dengan lutut untuk melakukan awalan melompat setinggi mungkin kemudain bola dipukul setinggi mungkin seperti gerakan smash. Lecutkan pergelangan tangan secepatnya sehingga menghasilkan pukulan top spin yang tinggi agar bola secepat mungkin turun ke daerah lawan.

Gerak lanjutan:

Setelah melakukan pukulan dengan meraih bola setinggi-tingginya pada saat melayang di udara, langsung mendarat di dalam lapangan dan segera mengambil posisi siap untuk menerima pengembalian atau serangan balik dari lawan.

Sekarang dah pada tahu kan jenis dari servis bola voli. semoga atikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca dan kususnya bagi pelajar yang membutuhkan referensi permainan bola voli, anda juga bisa mengetahui bagian teknik dasar permainan bola voli lainnya yaitu pasing bola voli

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Jenis Servis Permainan Bola Voli"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close