Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Sobat volimaniak kemarin saya sudah posting dengan tema melatih smash bola voli. oya sobat pasti sudah sering kan mendengar kata-kata pemanasan atau disebut warming up? kata ini sebenarnya sudah tidak asing lagi kita,apalagi pasti buat anak pelajar juga dapat materi penjas. Pada waktu anda masih duduk dibangku sekolah pasti guru penjas akan menjelaskan aturan sebelum olahraga atau masuk materi dan pasti dimulai dengan kegiatan pemanasan ini....sebenarnya dalam hal ini menunjukkan sikap disiplin kita dan membiasakan diri untuk selalu pemanasan sebelum melakukan olahraga.

Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Pengertian Pemanasan Olahraga


Adapun pengertian Pemanasan bisa diartikan sebagai berikut :
  1. Pemanasan olahraga adalah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan frekuensi jantung secara berlahan, sehingga tersedia cukup waktu untuk mengisi otot yang bekerja dengan darah yang kaya akan oksigen.
  2. Pemanasan olahraga adalah salah satu bentuk persiapan emosional, fisiologis, dan psikologis untuk melakukan berbagai macam latihan
  3. Pemanasan olahraga adalah beberapa gerakan persiapan tubuh untuk melakukan kegiatan yang lebih berat dengan cara melakukan beberapa latihan sederhana sebelum melakukan inti kegiatan yang lebih berat.
  4. Pemanasan olahraga merupakan satu bagian dasar program latihan permulaan. Pemanasan olahraga ini terdiri atas serangkaian latuhan (gerakan) yang dilakukan pada waktu melakukan aktivitas olahraga.
  5. Pemanasan olahraga merupakan gerakan peregangan dan pelemasan sebelum melakukan latihan atau olahraga utama sehingga otot-otot tubuh meregang dan lemas sehingga ketika melakukan olahraga/latihan utama tidak mengalami kram atau kejang otot.
  6. Pemanasan olahraga adalah gerakan pendahuluan sebelum melakukan olahraga utama supaya otot-otot tubuh yang terlibat dalam aktivitas gerak siap dan tidak menimbulkan cidera pada otot atau persendian.
  7. Pemanasan olahraga melakukan beberapa gerakan sebelum melakukan olahraga untuk menghindari terjadinya cidera selama melakukan olahraga.
Nah itulah pengertian dari pemanasan,untuk selanjutnya anda juga harus tahu apa sih fungsi pemanasan sebelum melakukan olahraga....oh ya berhubung di blog saya ini yang mengupas masalah bola voli.perlu ditambahkan bahwa alangkah baiknya sebelum anda melakukan voli sebelumnya lakukan pemanasan secukupnya meliputi; peregangan,penguluran otot-otot, melenturkan sendi bahu,kaki dan pergelangan tangan...untuk fungsi yang lain bisa anda lihat di keterangan berikut:

Fungsi / Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga


http://www.volimaniak.com/Olahraga melibatkan pergerakan otot, sendi dan tulang dalam intensitas yang cukup besar. Dengan melakukan pemanasan olahraga maka darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen akan mengalir ke otot sehingga siap untuk dipacu kerja lebih berat. Sedangkan kegunaan atau manfaat olahraga itu sendiri adalah untuk menguatkan otot, tulang, jantung, paru-paru dan memperlancar peredaran darah.selain itu fungsi pemnasan juga mempersiapkan tubuh dalam kondisi siap untuk melakukan aktifitas olahraga.


Jenis/Bentuk Pemanasan Yang Cepat dan Mudah


Pemanasan atau warming up bisa dilakukan tanpa bantuan alat apapun dan tanpa biaya, yaitu dengan jogging ringan, aerobik ringan, lari-lari kecil di tempat, dan lain-lain. Cukup sampai tubuh kita berkeringat, terasa panas dan merasa cukup pemanasannya kurang lebih 5 sampai 15 menit bisa dilanjutkan dengan peregangan otot atau streching selama beberapa menit agar otot lebih lentur digunakan nantinya.

http://www.volimaniak.com/


Efek, Dampak, dan Akibat Tidak Melakukan Pemanasan Olahraga


Tanpa melakukan pemanasan yang cukup sebelum melakukan aktivitas olahraga yang dominan menggerakkan otot, sendi dan tulang dapat mengakibatkan cidera otot dan cedera sendi. Sudah barang tentu cedera tersebut akan sangat mengganggu aktivitas dan mungkin akan sangat menyakitkan sehingga perlu perawatan medis lebih lanjut. Cedera otot bisa berbentuk keseleo, salah urat, terkilir, kram otot, sakit otot, dan sebagainya.


Peregangan / Streching Yang Baik dan Benar


Setelah melakukan pemanasan yang membuat sedikit keluar keringat, maka dilanjutkan dengan peregangan otot atau strenching. Baik pemanasan maupun peregangan harus dilakukan dalam kapasitas yang ringan dan rendah jangan terlalu berlebihan. Jika dilakukan berlebih bisa memicu cedera sendi. Jangan sampai belum olahraga sudah merasa lelah atau capek berat. Jika sudah dilakukan dengan benar maka tubuh akan siap untuk melakukan kegiatan olahraga. Lalu berolahragalah dengan perasaan riang gembira tanpa paksaan dan lupakanlah semua masalah yang ada.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close