Ukuran Lapangan Bak Lompat Jauh

Ukuran Lapangan Lompat Jauh ~ Lompat jauh termasuk dalam salah satu cabang atletik untuk nomor lompat. Lompat jauh ini adalah olahraga yang menggabungkan kecepatan (speed), kekuatan (stenght), kelenturan (flexibility), daya tahan (endurance), dan ketepatan (acuration) dalam upaya untuk memperoleh jarak lompatan sejauh-jauhnya. Para peneliti membuktikan bahwa suatu prestasi atletik lompat jauh bergantung pada kecepatan daripada awalan atau ancang-ancang. Oleh karena itu, di samping memiliki kemampuan sprint yang baik juga harus didukung dengan kemampuan dari tolakan kaki atau tumpuan.

Dalam lompat jauh, ada beberapa gaya yang biasa diperagakan para pelompat, di antaranya gaya jongkok, gaya menggantung atau gaya lenting, dan gaya jalan di udara. Dalam hal melakukan teknik lompat jauh, seperti awalan, menumpu, melayang, dan mendarat, ketiga gaya ini pada prinsipnya sama saja. Namun, perbedaan dari ketiga gaya ini dapat dilihat dari kondisi sikap tubuh pelompat pada saat melayang di udara.

lapangan lompat jauhPada Kesempatan Kali ini volimaniak akan berbagi sedikit pengetahuan kepada anda mengenai ukuran lapangan lompat jauh, jika anda sudah mempelajari teknik dasar lompat jauh, saatnya anda lebih mengenal olahraga cabang atletik lompat jauh ini dari hal yang paling kecil salah satunya adalah lapangan lompat jauh..coba berapa ukuran lapangan lompat jauh, pasti banyak yang tidak tahu. tapi tidak usah kawatir yuk kita bahas bersama volimaniak ukuran bak lompat jauh ini, berikut;

Ukuran Lapangan Bak Lompat Jauh adalah sebagai berikut :
  1. Panjang bak lompat 9 m
  2. Lebar bak lompat = 2,75 m
  3. Lebar lintasan awalan = 1,22 m
  4. Lebar papan tumpu = 20 m
  5. Panjang papan tumpu = 1,22 m
  6. Bak lompat diisi dengan pasir
Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya :


ukuran lapangan lompat jauh


Demikian yang bisa volimaniak bagikan mengenai lapangan lompat jauh semoga bisa bermanfaat bagi adek-adek pelajar dan bisa menjadi referensi bagi umum maupun bagi guru penjasorkes, jika anda benar-benar ingin belajar lebih dalam tentang lompat jauh pelajari juga peraturan lompat jauh. cukup sekian dulu, semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

52 Responses to "Ukuran Lapangan Bak Lompat Jauh"

  1. wah jadi inget sewaktu SD mas, saya mah jujur aja gak tau ukuran lapangan bak lompat jauh ini, terimakasih atas sharingnya mas jadi nambah pengetahuan nie tentang ukuran lapangan bak lompat jauh

    ReplyDelete
  2. inget jaman sekolah dulu, lompat jauh paling jauh.. maklum masih enteng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sudah berat ya mas, hehehe

      Delete
  3. Ini udah ukuran standarnya ya mas... Saya pernah melakukan lompat jauh saat sekolah dulu, Tapi hanya di buat pakai garis biasa aja... Padahal ada ukurannya ya. untuk penilaian lompat jauh itu di nilai ujung kaki belakang atau kaki depan mas.. Kan pas lompat ujung kaki belakang yang sampai, otomatis kaki depan (jari) juga nempel

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penilaian di nilai kaki belakang mas, kalau asal depan nanti bisa di curangi, hehehehe, itu kalau pakai garis namanya modifikasi permainan mas

      Delete
  4. aku belum bisa ngebayangin sistem dan cara dari olahraga lompat jauh.. pernah lihat sekilas tapi ga tahu ukuran lapangannya hehe.. trims ya..

    ReplyDelete
  5. dapet ilmu dari mas pur nih hehe jadi tahu ukurannya :) terimakasih ilmunya mas ..

    ReplyDelete
  6. Olahraga jenis ini menyenangkan bagi saya karena bisa mengekspresikan lompatan sendiri. Tapi olahraga tersebut waktu saya masih sekolah dulu sudah jarang di praktekkan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem mungkin karena memang minimnya sarana dan prasarana olahraga mbak, makanya olahraga di adakan seadanya saja

      Delete
  7. artikelnya sngat bermamfaat gan :)

    ReplyDelete
  8. Kalau lompat jauh, misalnya ni mas, ketika kita hendak mendarat dengan lompatan yang jauh dan tiba-tiba sewaktu mendarat dengan tidak sengaja tangan meninggalkan jejak dibelakang jejak kaki, trus yang diukur ko malah jarak lompatan dan jejak tangan? bukannya jejak kaki? apa memang aturan dalam lompat jauh seperti itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas memang seperti itu aturannya, walaupun yang digunakan adalah kaki untuk melompat tapi ukuran jauh jarak berdasarkan jejak yang ada, dan itu berlaku bagi semua anggota badan tubuh,dan yang terdekat dengan tumpuan bak lompat itu yang di ukur

      Delete
  9. kalau salah jatuh bisa keseleo tuh mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau takut keseleo gak jadi-jadi oleh raganya mas....kalau diterapkan dengan cara yang benar akan aman gan.

      Delete
  10. nah kalau begini kan bisa juga siswa belajar cara membuat lapangan lompat jauh sekalian buat belajar olah rega tersebut. makasih gan.

    ReplyDelete
  11. pernah juga keseleo dengan olahrga ini Pak, tehnik saat mendarat juga perlu diperhatikan ya hehehe, kalau dulu saya suka pake gaya jongkok saat mendarat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm, penting sekali itu mas, mendarat yang benar akan mengurangi terjadinya resiko kecelakaan

      Delete
  12. 9 meter lumayan panjang juga ya mas,saya klo lompat nggk bisa terlalu jauh hehe..

    ReplyDelete
  13. kalau pak guru seperti mas Purnama ini pasti lompat jauhnya sangat jauh karena sudah latihan setiap hari.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem ya gak gitu jauh juga bu, kan bidangnya beda-beda

      Delete
  14. Wah ngak dapet PERTAMAX ni

    Kalau saya ndak pernah tu melihat langsung lapangan lompat jauh mas, paling dari Internet saja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem ndak apa2 pak asal bisa tahu itu dah cukup kok

      Delete
  15. Saya pernah mempelajarinya ketika SD, cuma sekarang sudah lupa kang kalau tidak ada bacaan seperti iini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem perlu belajar lagi nih ya mas, :)

      Delete
  16. baru tau ternyata ada ukuran nya ya, lumayan panjang juga ya harus ada 9 m

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem benar mbak, hampir sama dengan ukuran lapangan bola voli, tapi 9m baru setengahnya

      Delete
  17. jadi inget masa smp,saya waktu sd belum pernah ada olahraga ini.biasanya pas sekolah sd olahraganya lari sama main bola aja :D
    lumayan nambah wawasan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mas, kalau dulu memang olahraga seadanya saja

      Delete
  18. Atlit lompat jauh saya lupa lagi siapa namanya yang pernah mau jadi pemain bola... :)

    ReplyDelete
  19. Pengetahuan dasar waktu di sekolah.. Terimakasih infonya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sama-sama, terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  20. jadi lebih tau nich Ukuran Lapangan Bak Lompat Jauh
    makasih sharenya mas

    ReplyDelete
  21. kalo dulu di SD lompat jauh nih jadi permainan keseharian. meski aturannya berbeda tapi intinya lompat jauh. caranya dengan menggunakan 2 buah bambu kecil yang makin lama jarak ke 2 bambu makin dijauhkan yang bisa melompatinya itulah pemenanngya. biasanya permainannya berkelompok biar rame

    ReplyDelete
    Replies
    1. YA MAS MUNGKIN YANG ANDA MAKSUD ADALAH BENTUK MODIFIKASI PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH, DAN MODIFIKASI PERATURAN JUGA DI PERBOLEHKAN UNTUK PENGENALAN AWAL

      Delete
  22. wah sungguh terpukau sekali saya mas membacanya, ulasannya sangat lengkap dan jelas sekali. Bagi yang ingin belajar lompat jauh, volimaniak aja :)

    ReplyDelete
  23. Selamat pagi Mas Pur, Ini permainan yang saya mainkan waktu sekolah dahulu....olahraga permainan lainnya saya nggak masuk nominasi, seperti voli, sepak bola, badminton, mungkin karena saya terlalu pendek

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mas, sebenarnya tidak harus tinggi juga kok, yang penting punya kemampuan teknik yang baik dah bisa memainkannya mas

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close