Metode Cara Melatih Passing Atas Nomal Pada Bola Voli

Bola voliMetode Cara Melatih Passing Atas Nomal Pada Bola Voli | Anda hobi dengan olahrga bola voli ?, Dalam permainan bola voli ada beberapa tugas yang wajib emban oleh pemain. Ada beberapa formasi yang bisa diterapkan agar pola permainan bola voli bisa terbentuk. formasi ini bisa digunakan untuk formasi pertahanan bola voli, maupun formasi penyerangan bola voli, Kaitannya dengan posisi pemain bola voli, ada beberapa aspek dari tiap posisi pemain yang harus dikembangkan, sebagai contoh, kita ingin melatih seorang atlet untuk fokus smash, maka atlet itu harus diberikan latihan yang mengarah khusus pada Smash saja.

Dengan mengetahui beberapa formasi pemain tersebut, kali ini volimaniak akan sedikit mengulas mengenai latihan teknik dasar bola voli, jika anda belum tahu apa saja itu, silahkan baca teknik dasar bola voli. topik bahasan kali ini adalah Metode Cara Melatih Passing Atas Nomal Pada Bola Voli, dalam bermain bola voli, pasing atas atau umpan sangat mutlak diperlukan karena hal ini adalah ujung tombak dari sistem penyerangan khususnya untuk smasher, jika umpan tidak dilakukan dengan baik seorang smasher tidak akan bisa melakukan smash dengan baik, ada beberapa bagian atau macam-macam umpan / set-up, tiap umpan juga bisa dilatih sedemikian hingga.

http://www.volimaniak.com/

Jika kebetulan anda seorang pelatih mungkin bisa menerpakan beberapa latihan melatihan pasing atas posisi normal ini, atau jika anda seorang atlet mungkin bisa melakukan latihan mandiri yang disiplin agar anda bisa menjadi set-upper/ pengumpan yang baik. untuk lebih jelasnya silahkan baca uraian cara melatih passing atas dibawah ini;

Metode latihan pasing atas yang bisa anda terapkan adalah sebagai berikut :

Pelatih memberikan instruksi terlebih dahulu


Pelatih memberikan penjelasan teori sikap permulaan, sikap saat perkenaan bola, sikap akhir gerakan yang benar dan baik teknik passing atas normal, Kemudian pelatih memberikan contoh gerakan keseluruhan pasing atas normal. Penjelasan dan contoh yang jelas dari pelatih agar anak latih memiliki gambaran gerakan teknik passing atas normal.

Latihan Gerakan Bayangan


Latihan gerakan bayangan teknik pasing atas normal tanpa dengan bola secara klasikal. pemberulan bentuk telapak tangan, lengan dan sikap badan, kaki serta gerakan lengan dalam memberikan tekanan kepada bola, dan ini harus diperhatikan secara benar oleh pelatih. Frekuensi gerakan melakukan gerakan bayangan minimal 3x10 percobaan.

Latihan Memantul-mantulkan bola ketanah


Bola dipantul-pantulkan ketanah dengan dua tangan seperti memantulkan bola basket. Disini bola itu benar-benar dikuasi oleh cekungan setengah lingkaran yang dibentuk oleh telapak tangan dan jari-jari. Perasaan / feeling gerakan jari, pola dan lengan dalam usaha memantul-mantulkan bola ke tanah perlu diraskan oleh anak latih dengan penuh konsentrasi.

Latihan Gerakan lengan, pola dalam pasing atas normal dengan duduk telunjur


  1. Anak latih duduk telunjur , kedua tangan siap untuk passsing didepan atas dahi. Sementara itu pelatih atau teman anak latih meletakkan bola pada kedua telapak tangan, jari-jari yang membentuk setengah lingkaran. bola ditekan kebawah oleh pelatih sedang anak latih menahan dengan sikap passing tadi, sehingga anak latih merasakan benar-benar gerakan melawan bola untuk dipasing kedepan atas, terutama jari-jari dan pola terasa untuk mempasing bola. 
  2. Bola yang ditekan pelatih harus ditahan dengan jari-jari yang ditegangkan dan pols, kemudian boal dilepaskan dari penekanan pelatih, akibat tahanan jari dan pola anak latih. bola akan memantul kedepan atas dengan membentuk aprabol dengan baik. Latihan ini bisa dikerjakan secara bergantian dengan temannya. usahakan anak latih yuang sedang duduk telunjur mendapat tekanan bola dari teman itu tidak mendorong bola aktif dan akan berbaring karena tekanan tadi, mestinya yang benar tahan saja bola itu dan duduklah dengan tegak.

Latihan menangkap Bola dengan menerapkan posisi tangan dan perkenaan bola yang benar


Anak latih duduk telunjur seperti posisi diatas tadi, teman atau pelatih berdiri di depannya berjarak dua meter untuk melemparkan bola tepat pada kedua telapak yangan yang membentuk posisi pasaing atas didepan atas muka dahi. Demikian Bola sampai pada tangan, doronglah kedepan atas agak cepat dengan gerakan jari, pola dan lengan yang telah siap sebelumnya bola tersebut kembali ke teman atau pelatih yang melempar bola. Jarak dapat diperjauh dan disesuaikan jika kemampuan anak semakin baik dan meningkat. 

NB. Tujuan dari latihan ini adalah agar anak latih benar-benar dapat merakan secara benar gerakan jari,pola , lengan dan pandangan saat perkenaan pasing atas normal.

Latihan menempatkan badan dibawah bola


Agar bola yang selalu terletak didepan atas muka dahi sebelum pelaksanaan pasing, anak lati berdiri dalam sikap normal dan labil, teman atau pelatih melempar bola ke arah depan, samping kanan, samping kiri dengan ketinggian bola diatas kepala, Setelah bola dilempar, segera pemain bergerak maju menuju dibawah bola dengan cepat, tangkap bola dengan sikap tangan seperti akan pasing atas normal. 

Latihan ini dapat dilanjutkan dengan melanjutkan melempar bola kedepan atas setelah bola ditangkap oleh anak latih.

Passing dengan teman berjarak 3-4 meter


Anak latih saling melakukan pasing atas dengan banyak frekuensi memantulkan bola, gerakan keseluruhan secara global ini perlu koreksi perorangan maupun koreksi klasikal. Bisa juga jika sudah berkembang dengan latihan mengarahkan bola keteman depannya, latihan dengan 1 lawan 3 orang. untuk lebih jelas volimaniak hanya bisa memberikan gambarannya dengan bagan atau gambar dibawah ini :

http://www.volimaniak.com/



Bermain Bola voli Sederhana yang dimodifikasi


Permainan modifikasi pasing atas ini bisa anda terapkan dengan bermain bola voli dengan aturan pemain yang sesungguhnya yaitu pemain 6 lawan 6, dalam aturan permainannya pemain hanya boleh melakukan pasing atas. semua bentuk passing harus dengan passing atas tidak boleh memukul / smash maupun passing bawah. 

Latihan ini bertujuan agar anak terbiasa dengan memberikan umpan kepada teman, serta memperkuat jari-jari tangan agar bisa mendorong bola dan mengumpankannya keteman. Pentingnya teknik dasar/ fundamental ini sangat dianjurkan agar anak latih bisa benar-benar menguasai teknik dasar permainan bola khususnya pasing atas dengan baik.

Demikian yang bisa volimaniak sampaikan, rasanya tangan saya sudah capek sekali mengetik segitu banyaknya, untuk mengulas semua seluk beluk permainan bola voli, maupun metode melatih bola voli secara detail dari tiap item teknik dasarnya akan saya bahas pada kesempatan mendatang, semoga membantu,dan saya ucapakan terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close