Cara Membuat Model Jadwal Baru / Template jadwal Kelas Mingguan

Jadwal Kelas mingguan bisa dikatakan jadwal kelas / jadwal pelajaran yang menjadi rutinitas atau acuan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolahan. Kaitannya dengan padamu negeri kita sebagai operator sekolah juga harus memenuhi kriteria pengisian jadwal kelas mingguan yang harus di isi,hal ini bertujuan untuk menyinkronkan data pelajaran serta guru pengampu setiap mapel pelajaran agar valid jumlah jam mengajar mereka. untuk itu anda harus segera lakukan pengisian jadwal kelas mingguan untuk melengkapi administrasi di padamu negeri.

Dengan adanya jadwal kelas mingguan ini juga akan menjadi jalan mudah untuk PTK yang sudah bersertifikasi karena data jam mengajar juga akan sinkron di padamu negeri, sehingga keaktifan baik di dapodikdas maupun dapodikmen sesuai dengan jumlah jam mengajar per minggu dan memenuhi syarat wajib mendapat tunjangan profesi guru yaitu 24 jam per minggu.

Sebenarnya saya sudah jelaskan pada postingan yang lalu mengenai jadwal kelas mingguan ini yaitu cara membuat jadwal kelas mingguan. tetapi semua secara global. untuk rincinya volimaniak akan sampaikan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai cara membuat model jadwal baru / template jadwal kelas mingguan padamu negeri.

Model template jadwal kelas mingguan bisa disesuaikan dengan kondisi sekolahan yang sudah memiliki banyak kelas dan juga sudah memiliki banyak guru. secara default hanya berjumlah 7 kolom, namun bagaimana cara mudahnya membuat kolom jadwal baru ini.model jadwal kelas mingguan bisa anda modifikasi sesuai kurikulum yang sedang sekolahan jalankan baik dari KTSP maupun K13,untuk lebih jelasnya berikut rinciannya;

Sebelum Anda membuat jadwal kelas mingguan, tentukan dahulu model jadwal yang akan digunakan pada masing-masing kelas. Ikuti langkah berikut untuk menset model jadwal maupun membuat model jadwal baru :

1. Pilih submenu Jadwal pada menu Sekolah.

2. Pada dasbor Jadwal, pilih Kelola Model untuk Jadwal Kelas.

http://www.volimaniak.com/

3. Pada halaman baru yang muncul, pilih tombol Buat Model baru.

http://www.volimaniak.com/

4. Isi data Model Jadwal Baru. pilih Simpan jika sudah sesuai.

http://www.volimaniak.com/
* Penting : Perhatikan dengan baik dalam membuat model jadwal baru diatas,jika dalam sehari jam mengajar lebih dari 8 maka anda bisa menyesuaikan sesuai kondisi sekolahan anda, bisa di isi 7-10, dan waktu / durasi jam mengajar juga harus di isi dengan benar, untuk SMP / MTs biasanya 40 menit, Untuk SMK/SMA/MA biasanya 45 menit, hari libur pilih sesuai libur yang anda terapkan di sekolahan, karena masih ada sekolahan MTs yang liburnya pada hari Jumat. tinggal pilih saja dan akan tercentang seperti gambar diatas.
5. Selanjutnya, akan ditampilkan template default model jadwal sesuai jumlah jam belajar mengajar yang telah Anda tentukan sebelumnnya.

6. Isikan data jadwal pelajaran / Tatap Muka pada tabel, klik pada kolom seperti pada gambar untuk mengisikan kegiatan
http://www.volimaniak.com/

7. Edit kegiatan tiap jam tatap muka sesuai peraturan sekolah Anda. Pilih jenis kegiatan dan durasi kegiatan tersebut, misal hari Senin jam pertama adalah Upacara. Klik Tombol Simpan jika sudah benar.

http://www.volimaniak.com/
8. Model jadwal berhasil dibuat. Ulangi langkah ke-3 untuk membuat Model Jadwal yang lainnya. Berikut contoh hasil akhir Model Jadwal yang telah dibuat.

http://www.volimaniak.com/

Sampai disini anda sudah berhasil membuat model jadwal kelas mingguan baru, jika masih ada kesulitan silahkan tinggalkan di kotak komentar, atau bisa saya buatkan model kelas mingguan baru dengan meremote laptop atau komputer anda. semoga bisa membantu,terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close