Solusi Siswa Yang Tidak Bisa Login UN CBT Dapat Malakukan UN susulan

UN / Ujian nasional sudah di mulai dari hari senin kemarin, dan ini pun termasuk hari kedua pelaksanaan UN tingkat jenjang pendidikan Menengah atas, disebagian kota besar sudah diadakan model ujian Nasional yang berbasis CBT, apa itu CBT ?

CBT bisa diartikan Computer Bassed Test yang mana secara umum memiliki pengertian UN yang dilaksanakan dengan sistem Komputer, jika pada tahun 2014 ini memang yang sudah melakukan sistem komputer adalah seleksi CPNS. yaitu CPNS tahun 2015 dengan sistem CAT. Kembali lagi masalah UN CBT tahun 2015 banyak sekali kendala yang di hadapi salah satunya adalah tidak bisa login / gagal login ke sistem CBT dan  pemerintah pun memberikan solusi bagi  siswa yang tidak bisa / gagal login tes UN CBT bisa melaksanakan UN susualan, berikut volimaniak share informasi resmi dari kemdikbud.

agaknya pelaksanaan UN tahun 2015 juga sudah berjalan lancar dan juga siswa tidak perlu takut karena banyaknya paket soal seperti pada tahun kemarin, karena pada tahun 2015 paket UN hanya 5 paket.

Pelaksanaan ujian nasional (UN) berbasis komputer atau CBT (Computer Based Test) untuk jenjang SMA/sederajat pada hari pertama telah berlangsung dengan baik. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala di lapangan, salah satunya beberapa peserta UN tidak dapat masuk ke sistem atau login saat akan melaksanakan UN CBT, dan kendala tersebut tidak dapat ditangani di hari yang sama.

Berdasarkan data yang didapatkan dari tiket pengaduan Posko UN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sekitar 23 siswa dari total 160.000 peserta UN CBT tidak bisa login saat akan melaksanakan ujian tersebut. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Nizam mengatakan, sebanyak 0,014 persen siswa yang tidak bisa login UN CBT itu bukan tidak diperbolehkan mengikuti UN melainkan terdapat kendala teknis bagi siswa tersebut dalam pelaksanaan UN CBT.

http://www.volimaniak.com/

Berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) UN apabila terdapat siswa yang tidak dapat login dalam melaksanakan UN CBT dan kendala tersebut tidak dapat ditangani di hari yang sama, maka siswa tersebut akan diikutsertakan dalam UN CBT susulan. "Dipastikan mereka dapat melakukan login," kata Nizam di Kantor Kemendikbud, Senin (13/04/2015).

UN Susulan untuk jenjang SMA/Sederajat rencananya akan dilaksanakan pada 20-22 April 2015 dan khusus SMK akan dilaksanakan pada 20-23 April 2015.

Salah satu keuntungan bagi siswa dari kejadian ini adalah siswa dapat memanfaatkan waktu menunggu pelaksanaan UN Susulan untuk belajar lebih giat lagi. Diharapkan dapat menghasilkan nilai UN yang optimal dari siswa-siswa tersebut.

Hal tersebut berbeda dengan kendala teknis yang dialami oleh SMKN 3 Kasihan, Bantul, dimana para peserta UN di sekolah tersebut tidak bisa login dikarenakan kesalahan penginstalan dari beberapa data yang didapatkan dari server pusat. Namun, kendala tersebut dapat segera teratasi dan sebanyak 30 siswa di sekolah tersebut dapat melakukan ujian susulan pada  sore harinya. (Agi Bahari)

Semoga dengan adanya sistem UN berbasis komputer ini tidak menjadi kendala yang menyulitkan siswa tetapi justru bisa memberikan pengetahuan teknologi kepada mereka dan juga meningkatkan kualitas mutu pendidikan di indonesia,buat adek adek yang sedang melakukan UN saya harap bisa lulus dengan nilai yang baik dan bisa mengerjakan semua soal UN dengan baik. cukup sekian informasi dari volimaniak mengenai solusi siswa yang gagal login UN CBT, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

26 Responses to "Solusi Siswa Yang Tidak Bisa Login UN CBT Dapat Malakukan UN susulan"

  1. Kasihan yang tidak bisa Login CBT. emang sih bisa ikut ujian susulan, tapi bisa menjadi beban tersendiri bagi siswa yg mengerjakan ujian susulan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mas, tetapi juga ada sisi baiknya siswa punya kesempatan belajar lebih banyak lagi dan mengetahui soal sebelumnya,dan kisi-kisinya lebih matang

      Delete
  2. ya segitumah ujiannya sudah lumayan ya pak.. persentasi kegagalannya kecil, walau masih disesalkan hanya dengan masalah sepele gagal login, untuk selanjutnya mungkin bisa diantisipasi.. kalau tingkat kecurangannya aman pak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem iya mbak, ya mungkin karena banyak akses, dan server blm kuat menampung banyak user, mungkin perlu pembenahan lebih lanjut

      Delete
  3. semakin canggih saja ya pak, UN 2015 ini berbasis komputer, mungkkin untuk kedepannya lagi yg gax bisa login bisa lagi di antisipasi dengan baik lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga bisa diperbaiki sistemnya mas, baik dari server atau input data siswa yang benar dan valid datanya

      Delete
  4. Wah kasian mereka...harusnya sistem di sempurnakan dulu itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. beban servernya terlalu berat mas, dan ini banyak faktor yang di hadapi,bisa dari data siswa yang kurang lengkap dan sebagainya

      Delete
  5. mungkin kedepan perlu diperhatikan lagi soal sistem/jaringan internetnya supaya tdk ada siswa yg jadi korban tdk bisa login/listrik mati lagi ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas, perlu persiapan yang matang dan memperhitungkan segala kondisi yang ada

      Delete
  6. kegagalan yang kecil ya 0,014 %.
    mungkin belum beli paket modem kali. hehehe bcanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe mungkin saja mas, yang namanya teknologi pasti perlu percobaan dan pembenahan mas

      Delete
    2. kalo kegagalannya segitu aja. berarti sukses inih

      Delete
    3. yah bisa dikatakan 90 % berhasil lah mas

      Delete
  7. tp menurut saya yang ga bisa login enak. nanti dapat bocoran soal dari temennya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe bisa aja seperti itu mas

      Delete
    2. iakan. hehe ia aja deh maksa :0

      Delete
  8. jika gak bisa online, apa itu masuk kendala ya? hehehe

    ReplyDelete
  9. wah kasian nih yang tisak bisa login,pasti mereka resah,soalnya yang lainnya sudah bisa login ini enggak.tapi ada untungnya juga sih masih bisa susulan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, biar mereke juga sama2 bisa berkompetensi untuk UN

      Delete
  10. semakin canggih aja, semoga bisa terus maju pendidikan indonesia ini mas..

    ReplyDelete
  11. ternyata masih banyak yang mengalami hal itu ya pak, apalagi bagi siswa yang lokasi nya di daerah pedesaan, gimana tu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk daerah pedesaan belum menggunakan CBT mas, karena ada 2 alternatif ujian tahun 2015 ini masih menggunakan sistem dulu dan CBT,ibaratnya masih dalam uji coba terlebih dahulu

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close