Solusi Siswa Yang Tidak Bisa Login UN CBT Dapat Malakukan UN susulan

UN / Ujian nasional sudah di mulai dari hari senin kemarin, dan ini pun termasuk hari kedua pelaksanaan UN tingkat jenjang pendidikan Menengah atas, disebagian kota besar sudah diadakan model ujian Nasional yang berbasis CBT, apa itu CBT ?

CBT bisa diartikan Computer Bassed Test yang mana secara umum memiliki pengertian UN yang dilaksanakan dengan sistem Komputer, jika pada tahun 2014 ini memang yang sudah melakukan sistem komputer adalah seleksi CPNS. yaitu CPNS tahun 2015 dengan sistem CAT. Kembali lagi masalah UN CBT tahun 2015 banyak sekali kendala yang di hadapi salah satunya adalah tidak bisa login / gagal login ke sistem CBT dan  pemerintah pun memberikan solusi bagi  siswa yang tidak bisa / gagal login tes UN CBT bisa melaksanakan UN susualan, berikut volimaniak share informasi resmi dari kemdikbud.

agaknya pelaksanaan UN tahun 2015 juga sudah berjalan lancar dan juga siswa tidak perlu takut karena banyaknya paket soal seperti pada tahun kemarin, karena pada tahun 2015 paket UN hanya 5 paket.

Pelaksanaan ujian nasional (UN) berbasis komputer atau CBT (Computer Based Test) untuk jenjang SMA/sederajat pada hari pertama telah berlangsung dengan baik. Namun demikian, masih terdapat beberapa kendala di lapangan, salah satunya beberapa peserta UN tidak dapat masuk ke sistem atau login saat akan melaksanakan UN CBT, dan kendala tersebut tidak dapat ditangani di hari yang sama.

Berdasarkan data yang didapatkan dari tiket pengaduan Posko UN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sekitar 23 siswa dari total 160.000 peserta UN CBT tidak bisa login saat akan melaksanakan ujian tersebut. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Nizam mengatakan, sebanyak 0,014 persen siswa yang tidak bisa login UN CBT itu bukan tidak diperbolehkan mengikuti UN melainkan terdapat kendala teknis bagi siswa tersebut dalam pelaksanaan UN CBT.

http://www.volimaniak.com/

Berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) UN apabila terdapat siswa yang tidak dapat login dalam melaksanakan UN CBT dan kendala tersebut tidak dapat ditangani di hari yang sama, maka siswa tersebut akan diikutsertakan dalam UN CBT susulan. "Dipastikan mereka dapat melakukan login," kata Nizam di Kantor Kemendikbud, Senin (13/04/2015).

UN Susulan untuk jenjang SMA/Sederajat rencananya akan dilaksanakan pada 20-22 April 2015 dan khusus SMK akan dilaksanakan pada 20-23 April 2015.

Salah satu keuntungan bagi siswa dari kejadian ini adalah siswa dapat memanfaatkan waktu menunggu pelaksanaan UN Susulan untuk belajar lebih giat lagi. Diharapkan dapat menghasilkan nilai UN yang optimal dari siswa-siswa tersebut.

Hal tersebut berbeda dengan kendala teknis yang dialami oleh SMKN 3 Kasihan, Bantul, dimana para peserta UN di sekolah tersebut tidak bisa login dikarenakan kesalahan penginstalan dari beberapa data yang didapatkan dari server pusat. Namun, kendala tersebut dapat segera teratasi dan sebanyak 30 siswa di sekolah tersebut dapat melakukan ujian susulan pada  sore harinya. (Agi Bahari)

Semoga dengan adanya sistem UN berbasis komputer ini tidak menjadi kendala yang menyulitkan siswa tetapi justru bisa memberikan pengetahuan teknologi kepada mereka dan juga meningkatkan kualitas mutu pendidikan di indonesia,buat adek adek yang sedang melakukan UN saya harap bisa lulus dengan nilai yang baik dan bisa mengerjakan semua soal UN dengan baik. cukup sekian informasi dari volimaniak mengenai solusi siswa yang gagal login UN CBT, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: