28 Kabupaten Lokasi Penugasan Guru Garis Depan

Guru Garis Depan adalah program sinergis antara Kemristekdikti, Kemdikbud, dan KemenPANRB yang mengapresiasi para sarjana yang akan berkarier sebagai PNS guru di garis depan Nusantara. Cikal bakal program ini bermula dari tahun 2011 saat Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidkan Direkorat Jenderal Pendidikan Tinggi menciptakan mekanisme pengawalan guru profesional melalui Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T).

Pada postingan yang lalu saya sudah informasikan mengenai tatacara pendaftaran guru garis depan / GGD yang mana gaji guru garis depan ini sangat menggiurkan yaitu sebesar 8 juta perbulan. nah untuk menambah wawasan anda dalam memahami apa itu sebenarnya progam guru garis depan, volimaniak akan berbagi informasi penting terkait lokasi penempatan guru garis depan yang mana ini saya ambil dari sumber jpnn. untuk info lebih lanjut inilah 28 kabupaten lokasi penugasan guru garis depan


28 Kabupaten Lokasi Penugasan Guru Garis Depan

AKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyatakan program Guru Garis Depan (GGD) adalah langkah nyata pemerintah untuk menyediakan guru-guru terbaik di daerah yang paling membutuhkan di Indonesia, khususnya di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

GGD merupakan komitmen Pemerintah berupa penempatan guru jangka panjang, yang berbeda dengan penempatan guru secara temporer, seperti inisiatif semacam SM3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal)  atau program-program pengiriman guru oleh lembaga non-pemerintah yang mengirimkan guru untuk jangka pendek.

"Negara harus hadir bukan jangka pendek, tapi seterusnya, hadir jangka panjang untuk membangun Indonesia termasuk daerah terdepan. Ini sejalan dengan Nawacita ke-3 membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,”" kata Menteri Anies dalam siaran persnya yang diterima JPNN.

GGD juga merupakan kebijakan afirmasi Kemdikbud melalui penempatan guru di daerah terdepan. Ini mengubah kebijakan bahwa guru terbaik berasal dari daerah asal menjadi guru terbaik adalah yang kompetensinya baik serta bisa ditempatkan di mana saja di wilayah Indonesia,” tutur Anies Baswedan.

Sebanyak 798 guru angkatan pertama Program GGD ini adalah hasil seleksi para calon yang bersumber antara lain dari alumni SM3T yang telah lulus Pendidikan Profesi Guru (PPG)-SM3T untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Formasi GGD ini disahkan dengan penerbitan Kebijakan Permenpan-RB No. 26 Tahun 2014 tentang Formasi Khusus ASN Kemeneterian/Lembaga Tahun Anggaran 2014 dan Keputusan Menteri PAN-RB No. 762 Tahun 2014 tentang Formasi PNS untuk SM-3T.

Adapun wilayah penempatannya meliputi 28 Kabupaten, yaitu Kab. Aceh Besar, Aceh Timur, Aceh Singkil, dan Aceh Selatan, Gayo Lues, Simeulue, Alor, Deiyai, Flores Timur, Jayawijaya, Kepulauan Yapen, Kab.Kupang, Lanny Jaya, Kab.Manggarai, Kab.Manggarai Timur.

Selain itu Kab.Manokwari, Kab.Manokwari Selatan, Pegunungan Bintang, Raja Ampat, Rote Ndao, Kab.Sorong, Kab.Sorong Selatan, Sumba Timur, Supiori, Tambrauw, Teluk Bintuni, Waropen, dan Yalimo.

Demikian informasi yang bisa volimaniak sampaikan mengenai kabupaten lokasi penugasan guru garis depan,semoga bisa jadi wawasan baru anda dan jika anda berminat bisa langsung mendaftarkan diri, adapaun caranya bisa anda lihat : cara mendaftar Guru Garis depan

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

2 Responses to "28 Kabupaten Lokasi Penugasan Guru Garis Depan"

  1. Ini kabar gembira bagi guru yang sedang menunggu untuk menjadi PNS guru, mas Purnama. Tentu saja akan mengurangi calon guru yang menganggur di desa maupun di kota...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin pak, semoga nasib guru honorer semakin baik dengan adanya progam guru garis depan,termasuk saya pak yang masih honorer juga, hehehehe

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close