Inilah Cara Mendaftar Guru Garis Depan / GGD

Panduan atau cara Daftar menjadi Guru Garis Depan ~  progam baru dari pemerintah dalam dunia pendidikan adalah dengan adanya progam guru garis depan yang tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas dan prestasi pendidikan di indonesia serta meningkatkan kesejahteraan guru.

Syarat daftar progam guru garis depan terbilang tidak susah sih asal anda benar-benar mengikuti prosedurnya dengan benar. dan syarat wajib utamanya adalah dengan anda pernah ikut progam SM3T, anda bisa simak lebih lanjut jika ingin mendaftar SM3T dengan mengetahui Persyaratan Daftar SM3T.

Berikut informasi yang bisa volimaniak sampaikan mengenai tata cara pendaftaran guru garis depan,silahkan bisa di baca dengan teliti;

GGD adalah program sinergis antara Kemristekdikti, Kemdikbud, dan KemenPANRB yang mengapresiasi para sarjana yang akan berkarier sebagai PNS guru di garis depan Nusantara. Cikal bakal program ini bermula dari tahun 2011 saat Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidkan Direkorat Jenderal Pendidikan Tinggi menciptakan mekanisme pengawalan guru profesional melalui Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T).
cara pendaftaran guru garis depan

Tanggung jawab mengawal guru berada pada lapisan Pendidikan Tinggi, terutama dari kampus berlabel Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau LPTK. Ke depan, Kemristekdikti akan tetap terus mempersiapkan calon-calon guru untuk kebutuhan hari mendatang, melalui reformasi LPTK. Ikhtiar ini dimulai dari proses penerimaan calon mahasiswa ilmu keguruan, revitalisasi kurikulum, dan program pendidikan guru berasrama

Angkatan yang pertama, yang akan kita berangkatkan sebanyak 798 guru (Pidato Presiden Jokowi pada laman setkab). Kenapa harus ada dan dilakukan program ini? Kita tahu semuanya, negara kita ada lebih dari 17 ribu pulau. Pulau besar, sedang, maupun kecil. Kita juga mempunyai daerah-daerah yang terpencil, daerah-daerah perbatasan, kabupaten-kabupaten yang memerlukan pendidikan, pendidik, guru, daerah, ke Dompu, ke Merauke, perbatasan di Entikong, di Pulau Sebatik.

Memang daerah-daerah tadi memerlukan guru, pendidik untuk anak-anak kita. Ini adalah angkatan pertama, dan akan kita lihat perkembangan selanjutnya. Apabila kebutuhan itu memang sangat diperlukan, dan saya melihat sangat diperlukan, akan disusul dengan angkatan yang berikutnya. Angkatan kedua, ketiga, keempat, dan selanjutnya.

Guru Garis depan lahir dari SM-3T, menjadi guru garis depan tidak lepas dari rangkaian SM-3T,” begitu pengakuan Arfrah Jufri, calon peserta Guru Garis Depan yang merupakan alumni SM-3T. Ia menyampaikannya di hadapan  Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir dan segenap undangan lain yang hadir dalam pameran pendidikan dan peresmian program Guru Garis Depan, di Hotel Golden Boutiqe, Jakarta, Minggu (24/5).

Guru Garis Depan adalah program sinergis antara Kemristekdikti, Kemdikbud, dan KemenPANRB yang mengapresiasi para sarjana yang akan berkarier sebagai PNS guru di garis depan Nusantara. Cikal bakal program ini bermula dari tahun 2011 saat Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidkan Direkorat Jenderal Pendidikan Tinggi menciptakan mekanisme pengawalan guru profesional melalui Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T).

“Kami (Kemristekdikti-Red) menggembleng calon guru profesioanl lewat LPTK dan program profesi guru. Naungan tempat mereka berkarier ditangani oleh Kemdikbud,” kata Menteri Nasir, ketika ditanyakan kontribusi ke depan yang akan terus dilakukan untuk membina calon guru.

Cara Mendaftar Program Guru Garis Depan (GGD)
  1.  Harus Lulusan dari LPTK
  2.  Mengikuti Seleksi Program SM-3T (administrasi, tes online, wawancara, prakondisi)
  3.  Pengabdian selama 1 tahun di daerah 3T (pedalaman Indonesia) (2,5jt/bulan)
  4.  Mengikuti program PPG Pasca SM-3T berasrama selama 1 tahun (beasiswa)dan uang saku 750.000 ribu/bulan)
  5.  Tes UTL dan UTN (mendapat sertifikat pendidik)
  6.  Tes CPNS formasi khusus SM-3T (memilih formasi umum juga boleh)
  7.  Dinobatkan sebagai Guru Garis Depan/GGD (berstatus PNS, sertifikasi, mendapat tunjangan fungsional, dan asuransi) dan gaji guru garis depan 8 Juta per bulan nya
Demikain informasi mengenai progam guru garis depan khususnya cara mendaftar guru garis depan,semoga bisa bermanfaat, jika anda berminta silahkan bisa langsung saja mendaftar progam garis depan. cukup sekian dulu ya, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: