Mengenal Fungsi Utama Menu Verval Verifikasi Validasi Peserta Didik PD Kemenag Sebelum Melakukan Verval NISN

Verval NISN pada sekolah madrasah baik dari tingkat satuan MI,MTS,MA maupun yang lain perlu dilakukan secepatnya mengingat himbauan bahwa NISN akan digunakan dalam pengisian ijasah pada peserta didik anda semuanya. Himbauan ini diberikan oleh operator kemenag tingkat kabupaten dan khususnya untuk siswa siswi kelas VI,IX maupaun kelas XII.

Tepatnya kemarin saya mengikuti rapat panduan verval NISN pada kantor kemenag dan ada beberapa instruksi penting yang belum paham penggunaan aplikasi verval PD kemenag ini. adapun solusi yang bisa kita lakukan adalah dengan memahami betul apa itu isi dari aplikasi itu dan memahami semua fungsi dari menu utama pada dasbor verval PD Kemenag.

Sebelum rekan operator madrasah semua malakukan verval NIS pada Aplikasi PD kemenag mari kita pahami bagaimana alur pelaksanaan proses verval ini, berikut gambar pejelasan alur verval NISN;

Verifikasi Data NISN Kemenag
Melihat gambar diatas pastinya anda bingung kan, dari mana dulu saya harus memulai verval NISN ini, pada dasarnya proses yang harus dilakukan adalah melakukan entri / verifikasi data peserta didik pada PD Kemenag, kemudian kita melakukan pengecekan keseuaian data peserta didik sesuai dengan sekolah kita baru disitu ada namannya proses pencocokan data atau muncul Match dan Unmatch.

Fungsi dan Penjelasan Menu Aplikasi Verifikasi Validasi Peseta Didik Kemenag

Untuk lebih lanjut sebelum anda melakukan verval NISN saya jelaskan dulu fungsi menu utama dalam verval NISN PD Kemenag itu apa saja kegunaannya, berikut rinciannya;

Tampilan menu utama aplikasi verval pd adalah sebagai berikut :
veval NISN PD Kemenag

  1. HOME : Tampilan awal aplikasi Verval PD Kemenag.
  2. DASHBOARD: Menampilkan dashboard Verval PD Kemenag, yang menggambarkan perbandingan antara data siswa di menu referensi dan menu residu baik menurut jumlah maupun persentase siswa.
  3. SEKOLAH : Menampilkan data siswa per sekolah yang sudah memiliki NISN. Data ditampilkan sesuai dengan kewenangan user (jabatan saat registrasi di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan/SDM, baik itu Madrasah, Kabupaten/Kota, Propinsi, atau Pusat).
  4. REFERENSI : Menampilkan data siswa per madrasah yang sudah memiliki NISN dan dilengkapi juga dengan tombol UNMATCH, tombol yang berfungsi untuk mengembalikan data siswa dari menu referensi ke menu residu.
  5. RESIDU : Menampilkan data siswa per sekolah yang belum diverifikasi NISN-nya dan harus dikelola oleh operator verval PD Kemenag. Fungsi untuk pengajuan NISN baru dan pengelolaan NISN berada di menu ini, melalui tombol MATCH dan NOT-MATCH.
  6. EDIT DATA : Fasilitas untuk mengajukan perubahan NISN dan juga merubah identitas siswa (nama dan tanggal lahir). Pengajuan perubahan dilakukan oleh operator Kemenag Kabupaten/Kota sesuai dengan permintaan dari madrasah. Data yang bisa diedit adalah data siswa yang sudah masuk ke dalam data referensi Verval PD Kemenag.
  7. KONFIRMASI DATA : Fasilitas untuk mengupdate/memperbaharui database arsip NISN PDSP (laman arsip NISN – http://nisn.data.kemdikbud.go.id), agar data referensi hasil Verval PD Kemenag bisa dicek oleh siswa atau madrasah secara mandiri melalui laman Arsip NISN.
  8. APPROVAL : Menampilkan data siswa-siswa yang diajukan perubahan NISN atau nama dan tanggal lahir
  9. (EDIT DATA). Setiap pengajuan perubahan NISN oleh operator Kemenag Kabupaten/Kota memerlukan persetujuan (approval) terlebih dahulu dari Admin PDSP. Sedangkan setiap pengajuan perubahan nama dan tanggal lahir, memerlukan persetujuan (approval) dari Kanwil Kemenag Provinsi. Oleh karena itu, Operator Kanwil Kemenag Provinsi harus melakukan pemeriksaan terhadap dokumen pendukung secara cermat dan teliti.
  10. SYSTEM (Logout) : Menu untuk keluar dari Aplikasi Verval PD Kemenag (logout).
Nah dari penjelasan Diatas sudah paham belum anda semuanya, jika belum saya akan perjelaskan lebih lengkap mengenai penggunaan aplikasi verval NISN pada kesempatan yang akan datang saja, karena penjelasannya lebih rumit dan agak panjang lebar, tunggu saja updatenya ,semoga bermanfaat, terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: