Update Aplikasi Dapodikdas V.3.0.4 Tahun Pelajaran 2015/2016

Tak terasa kita sudah memasuki peralihan kenaikan kelas dan juga pastinya kelulusan siswa siswi untuk tingkat SMP tahun 2015 ini, memang terakhir kalinya kita mengetahui bahwa terkahir update aplikasi dapodikdas adalah aplikasi dapodikdas v.303 dan untuk fungsi terbarunya akan ada update terbaru untuk aplikasi dapodikdas yaitu aplikasi dapodikdas v.3.0.4. untuk lebih jelasnya berikut penjelasan yang saya dapatkan dari rekan guru saya dadangjsn.com

Untuk tahun pelajaran 2015/2016 mendatang, versi aplikasi Dapodikdas akan dirilis versi terbarunya yakni Dapodikdas v.3.0.4 yang dijadwalkan akan dirilis sesuai kalender Dapodikdas pada tanggal 15 Juli 2015 yang mana pada saat itu telah memasuki akhir bulan puasa Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

Hal ini berdasarkan sekilas informasi yang disampaikan oleh Pak Yusuf Rokhmat pada akun Fb-nya bahwasannya proses updating data siswa lulus dan siswa baru dilakukan di versi selanjutnya Dapodik 3.04. sesuai dengan kalender pendataan yang jatuh di tanggal 15 Juli 2015.

Update Aplikasi Dapodikdas V.3.0.4 Tahun Pelajaran 2015/2016

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan data-data pokok pendidikan mulai dari data peserta didik baru, data PTK, hingga data sekolah lainnya hendaknya benar-benar dipersiapkan secara matang dan perlu dikoordinasikan kepada Kepala Sekolah maupun Rekan PTK lainnya agar kirannya saat proses input data nantinya kita tidak mengalami kesulitan dalam hal sumber data, bukti fisik dan kelengkapan lainnya.

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam proses updating data di tahun pelajaran 2015/2016 nantinya di antaranya :
  1. Formulir peserta didik yang poin-poin penting isian data serta lampirannya diperlukan dalam pengisian Dapodik, seperti KK untuk mengetahui NIK, Kartu Perlindungan Sosial / KPS (bagi peserta didik baru yang memiliki), akta lahir untuk peserta didik baru jenjang SD, maupun untuk kelengkapan dan akurasi data periodik peserta didik lainnya.
  2. Untuk data PTK juga perlu dilampirkan fotocopy SK kenaikan pangkat terbaru, SK kenaikan gaji berkala terakhir bagi PTK PNS, sertifikat pendidik, dan data PTK lainnya.
  3. Data sekolah perlu diinput status akreditasi, rekening BOS, dan data-data lain terkait sekolah yang kebetulan belum dientrikan.pada versi sebelumnya.
  4. Tersedianya fasilitas komputer PC maupun laptop yang fit serta jaringan internet yang OK, agar sinkronisasi berjalan lancar.
  5. Dan lain sebagainya.
Update :


Itulah sedikit sharing pada kesempatan kali ini mengenai Update Aplikasi Dapodikdas V.3.04 Tahun Pelajaran 2015/2016, semoga bisa bermanfaat dan semakin baik kinerja kita sebagai rekan operator menginjak tahun pelajaran 2015/2016, semoga bisa membantu dan menjadi informasi penting untuk anda rekan operator untuk selalu update info maupun aplikasi dapodikdas versi terbarunya,terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close