Teknik Pegangan Raket Pada Permainan Bulutangkis

Cara Memegang Raket Yang Benar Pada Permainan Bulutangkis. Salah satu olahraga yang banyak di minati orang selain sepak bola adalah permainan bulutangkis, jika kita lihat sejarah bulutangkis di indonesia banyak sekali hal yang bisa kita ambil hikmah sekaligus penyemangat baru untuk menjadi atlet badminton yang super bagus.

Memang semua itu tidak bisa diraih begitu saja, butuh waktu dan kerja keras yang tinggi untuk bisa bermain bulutangkis dengan baik. Perlu anda ketahui bahwa dalam permainan bulutangkis anda wajib mengenal basicnya terlebih dahulu sebelum berlatih ke tingkat lebih lanjut, sebagai contoh saja, masak kita belum bisa melakukan pukulan forehand tetapi sudah latihan smash, tentunya akan terasa sulit sekali untuk latihan, kalaupun jadi juga pukulannya kurang maksimal.

Untuk itulah kali ini volimaniak akan mencoba berbagi kepada anda semuanya untuk mengenal bagaimana cara memegang raket yang benar. untuk lebih lanjutnya silahkan dipahami dan bisa dipraktekan dirumah,

Teknik Pegangan Raket permainan Bulutangkis


Teknik memegang raket adalah salah satu teknik dasar permainan bulutangkis yang wajib kita kuasai terlebih dahulu sebelum berlatih jenis pukulan badminton yang lain, seperti dropshoot, lob, neting, smash dan sebagainya, maka dari itu perlu anda pahami dan lakukan dengan benar cara memegang raket itu. berikut analisa saya yang bisa saya infokan.

Cara memegang raket yang sering digunakan ada 2 yaitu forehand dan backhand. Oleh PBSI (1985), cara memegang raket dapat dibedakan menjadi 4 jenis yakni:
  1. American Grip
  2. Forehand Grip
  3. Backhand Grip
  4. Combination Grip

American Grip

Cara memegang raket dengan model American grip yaitu:

Letakan raket di lantai, lalu ambil dan ambil dan peganganglah pada ujung tangkainya dengan cara memegang pukul kasur. Bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan tangakai yang luas, sedangkan permukaan raket sejajar dengan posisi lantai.

Kelebihan :
  • Efektif bila digunakan sebagai killing smaah, karena perkeneen dengan shuttelcock lurus.
  • Jarang terjadi shuttlecock membentur frame, karena permukaan raket membentur ke shuttelcock secara   maksimal
Kekurangan :
  • Sulitnya digunakan untuk pukulan netting.

Forehand Grip

Cara memegang raket dengan model Forehand grip yaitu:
teknik pegangan raket permainan bulutangkis

Letakan raket di lantai dengan posisi miring. Lalu peganglah raket dengan cara bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk dalam posisi menempel pada permukaan tangkai yang sempit.Raket dipegang dengan tanpa berubah – ubah. Letak ibu jari seharusnya tidak kurang dari posisi letak jari telunjuk.

Keuntungan:
  • Pegangan terasa lebih kuat dan tidak mudah lepas
  • Dapat melakukan gerakan pukulan terhadap shuttlecock yang datangnya kesebelah kanan badan dengan mudah, sehingga pukulan ini dapat dilakukan dengan cermat baik dalam kecepatan maupun ketepatan.
  • Kesalahan dalam penempatan posisi daun raket terhadap datangnya shuttlecock lebih kecil.
Kekurangan:
  • Agar posisi tangan tidak berubah-ubah maka diperlukan kekuatan tangan dan sendi bahu yang sangat kuat , sehingga butuh latihan yang khusus.
  • Model pegangan ini lemah untuk menerkam shuttlecock di muka net.

Backhand Grip

jenis pegangan pada permianan bulutangkis

Cara pemegangan backhand grip merupakan kelanjutan dari cara memegang forehand grip. Dari forehand grip dapat dialihkan ke backhand grip dengan memutarar ralet seperempat putaran kekiri, namun posisi ibu jari tidak seperti pada forehand grip, melainkan agak dekat dengan daun raket.

Kelebihan:
  • Sulit diterkanya hasil pukulan . Shuttlecock bisa melayang keras , tetapi tetap dapat terkontrol
Kekurangan :
  • Dalam pengembalian shuttlecock, smash yang datangnya dari tangan badan, lebih –lebih bola smash yang menuju arah bahu dan pinggang sebelah kanan, akan sulit dikembalikan.

Combination Grip (Pegangan Campuran)


Combination grip adalah cara memegang raket dengan mengubah cara pegangan raket yang disesuakan dengan arah datangnya shuttleccok dan jenis pukulan. Model ini merupakan kombinasi antara forehand grip dan backhand grip.

Kelebihan:
  • Pemain tidak perlu mengubah posisi raket saat akan memukul shuttlecock.
Kekurangan:
  • Teknik ini membuat para pemain sulit untuk memukul shuttlecock yang sudah melampaui tubuh pemain itu sendiri
Hal Penting Yang Perlu diperhatikan Ketika Memegang Raket
  1. Pegang raket harus luwes atau tidak kaku.
  2. Jangan meremas raket karena hanya akan membuang tenaga dengan percuma.
  3. Usahakan pada saat memukul pergelangan tangan juga ikut bermain baik menukik keatas maupun menukik kebawah.
  4. Anda harus membiasakan diri untuk pergantian pegangan raket dari forehand ke backhand dan sebaliknya sehingga anda tidak kaku.
Daftar Pustaka : Alusin, Syahrini.2007.Gemar Bermain Bulu Tangkis.Surakarta: CV “Seti Aji”

Nah cukup sekian dulu yang bisa saya infokan mengenai teknik pegangan raket pada permianan bulutangkis, semoga anda bisa melakukan dengan benar, dan terus berlatih untuk menguasai semua teknik dasar permainan bulutangkis dengan benar.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: