Strategi Permainan Futsal Modern

Strategi Permainan Futsal Modern - Dalam bermain futsal pastinya sangan penting dalam menyusun formasi ataupun strategi. Formasi merupakan cara terpenting yang selalu digunakan tim-tim olahraga dalam menjalankan pertandingan. Dengan adanya formasi maka permainan akan terlihat lebih tersusun rapi dalam melakukan penyerangan maupun pertahanan.

Nahhh, untuk mengetahui bagaimana cara menyusun formasi dalam bermain futsal dengan baik, silahkan baca artikel yang telah saya buat yaitu Strategi Permainan Futsal Modern yang ada dibawah ini.
Strategi Permainan Futsal Modern

Strategi Futsal Modern

1. Formasi 2-0-2 (Square)
Formasi yang diisi dua pemain belakang dan dua pemain depan ini digunakan untuk menciptakan keseimbangan dalam pertandingan. Formasi ini baik digunakan dalam situasi apapun. Dengan formasi ini keseimbangan dalam melakukan penyerang dan pertahanan akan berjalan dengan cepat.
2. Formasi 3-0-1 (The Wall)
Formasi ini merupakan cara bertahan penuh yang digunakan suatu tim. Dalam formasi ini terdiri dari tiga pemain bertahan dan satu pemain penyerang. Bisanya formasi ini digunakan suatu tim pada menit – menit terakhir pertandingan dalam kondisi menang tipis. Sementara satu pemain penyerang hanya bertugas untuk merebut bola dipertahan lawan dan melakukan serangan sendiri.
3. Formasi 2-1-1 (The Counter)
Formasi dengan dua pemain bertahan dan satu pemain tengah serta satu pemain depan ini dianggap lebih efisien dalam melakukan pertahanan dengan mengandalkan serangan balik. Kunci sukses dari formasi ini terletak pada pemain tengah yang mengatur alur jalannya bola dari bertahan ke menyerang. Namun, formasi ini juga harus didukung oleh kecepatan dari para pemain dalam melakukan serangan balik.
4. Formasi 1-1-2 (The “Y)
Formasi ini biasa digunakan dalam melakukan penyerangan atau untuk menciptakan gol. Namun, formasi dengan dua penyerang, satu pemain tengah dan satu pemain belakang ini memiliki kelemahan dalam segi pertahanan.

Setelah formasi digunakan, strategi yang harus dijalankan para pemain futsal agar formasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.


1. Strategi Melebar
Strategi melebar sangat efektif digunakan pada formasi 2-0-2 atau square. Dengan formasi tersebut setiap pemain bisa melebar ke empat sudut lapangan. Keuntungan dengan formasi ini yaitu para pemain dapat memainkan bola secara leluasa dengan memanfaatkan lebar lapangan, saat pemain depan sudah berada di daerah pertahanan lawan, pemain belakang dapat masuk membantu untuk melakukan penyerangan. Sementara itu, strategi ini memiliki kelemahan yaitu pada saat pemain lawan dapat memotong operan. Dengan begitu, pemain lawan akan lebih mudah melakukan serangan balik.
2. Strategi Total Football
Strategi ini pada mulanya digunakan pada sepakbola yang dicetuskan di Belanda pada era Johan Cruyff. Namun, strategi ini kemudian juga digunakan pada olahraga futsal. Dalam futsal Total Football digunakan untuk mencari gol dan melakukan penyerangan. Strategi ini biasanya dinamakanPower Play di mana penjaga gawang juga dapat berperan dalam melakukan penyerangan.
3. Strategi Tiki Taka
Strategi ini digunakan dengan teratur, kunci sukses strategi ini terletak dari pergerakan pemain serta operan yang akurat. Strategi ini kerap dilakukan untuk memancing permainan lawan untuk keluar dari pertahanan hingga untuk mengelabui atau mengacak – acak pertahanan lawan.
4. Strategi Negative Football
Strategi ini kerap digunakan dalam kondisi menang. 3-0-1 menjadi formasi yang sering digunakan dalam strategi ini. Meski strategi ini terlihat sangat membosankan tetapi dalam sebuah pertandingan sebuah tim berhak menggunakan strategi apa saja dalam mempertahankan skor.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai olahraga Futsal dalam membahas tentang Strategi Permainan Futsal Modern. Semoga bermanfaat untuk anda dan menambah pengetahuan tentang olahraga futsal, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan ataupun pembahasan. Terimakasih.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

0 Response to "Strategi Permainan Futsal Modern"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close