Pengertian Toser, Blocker, Smasher, Universal, Servis, Passing dan Libero Lengkap Dengan Tugasnya

Hallo kawan semua, sudah lama sekali saya tidak sempat membuat postingan baru pada Volimaniak ini karena adanya kesibukan dan juga rutinitas yang tidak bisa saya tinggalkan, berhubung kali ini ada kesempatan / waktu luang saya mengajak anda semuanya untuk mempelajari lagi seluk beluk dalam Permainan Bola Voli.

Siapa sih tidak kenal dengan bola voli yang merupakan olahraga murah yang dikenal di sebagian banyak rakyat indonesia baik dari kalangan masyarakat biasa, menengah ataupun modern. biasanya olahraga Permainan Bola Voli sendiri banyak dimainkan oleh kalangan pelajar yang mana mereka adalah satu bibit pemain bola voli penerus bangsa yang nantinya akan dicetak menjadi atlet bola voli.

Memang tidak mudah seperti yang dibayangkan untuk bisa meraih itu semua, karena butuh waktu dan proses yang panjang, butuh latihan kedisiplinan, ketukunan serta kerja keras dalam latihan. karena ketrampilan motorik harus dilatih secara terus menerus agar tidak hilang kemampuan yang ada.

Ngomong-ngomong dalam permainan bola voli pastinya anda sudah mengenal apa itu Toser, Blocker, smasher, universal, servis dan passing kan, memang anda pasti sudah sering melakukannya tetapi pasti dari sebagian banyak orang tahu cara melakukannya tetapi mereka kurang tahu apa arti sebenarnya. nah untuk itulah biar anda juga tahu materi permainan bola voli saya akan jelaskan lebih rinci apa itu Pengertian Toser, Pengertian Blocker, Pengertian Smasher, Pengertian Universal, Pengertian Servis, Pengertian Passing,Pengetian Libero untuk lebih jelasnya yuk mari kita bahas bersama-sama.

Pengertian Toser, Blocker, Smasher, Universal, Servis, Passing dan Libero Lengkap Dengan Tugasnya


Setelah sedikit penjelasan diatas mari kita bahas satu persatu dari tiap kategori yang sudah saya sebutkan diatas;

Pengertian Toser Dan Tugas Toser / Set-upper

Toser adalah salah satu bagian dari 4 Teknik Dasar Bola Voli yang mana ini wajib di kuasai terlebih dahulu oleh seorang pemain bola voli, karena memang tanpa ada penguasaan pasing yang baik maka permainan tidak bisa berjalan dengan baik.

Pengertian Toser adalah seorang yang pemain bola voli yang bertugas utama sebagai pengumpan. pastinya tanpa adanya Toser yang baik maka permainan akan pincang / kurang sempurna karena ini adalah faktor utama agar bisa melakukan proses penyerangan.

Tugas Toser :
  1. Pemberi umpan ke smasher ( bisa quick, long, medium)
  2. Pengatur Serangan
  3. Melakukan Blocking ( jika pemain berada pada posisi depan bisa bertugas multi sebagai blocker )
  4. Memukul Bola Yang tanggung ( jika ada bola tanggung dari lawan seorang toser juga bisa melakukan serangan balik dengan smash cepat )
  5. Mendorong bola di celah area lawan yang kosong bisa disebut juga tipuan

Pengertian Blocker Dan Tugas Blocker


pengertian-blocker-dan-tugas-blockerSebelum membahas apa itu Pengertian Blocker secara umum bisa kita cermati bahwa Pengertian block dalam permainan bola voli adalah sebuah usaha membendung serangan lawan yang berupa smash agar tidak menghasilkan point.

Sedangkan Pengertian Blocker adalah Seorang pemain bola voli yang bertugas utama untuk membendung serangan lawan yang berupa smash agar bola tidak melewati net sehingga tidak menghasilkan keuntungan point bagi lawan.

Sedangkan Tugas Blocker adalah sebagai berikut;
  • Melakukan Block agar serangan lawan tidak menghasilkan point
  • Melakukan smash dadakan jika bola tanggung
  • Menjaga tipuan lawan
  • -Melakukan serangan balik dengan cepat

Pengertian Smasher Dan Tugas Smasher


pengertian-smasher-dan-tugas-smasherPastinya setiap pemain bola voli mendambakan agar bisa menjadi seorang smasher yang baik dengan pukulan keras dan tajam. tapi tidak semudah itu kawan ada beberapa faktor penting agar semua itu bisa terwujud. baik dari Jumping Bola Voli dan juga tingkat penguasaan teknik smash yang baik.

Secara umum dulu sudah saya perjelas juga dalam postingan saya mengenai Smash Bola Voli, tetapi untuk lebih jelasnya akan saya bahas apa pengertian dari smasher dan juga tugasnya. smash bola voli bisa diartikan sebagai  pukulan keras yang bertujuan untuk mematahkan serangan dan menghasilkan poin.

Sedangkan Pengertian Smasher adalah seorang pemain bola voli yang bertugas sebagai penyerang utama untuk mematahkan serangan lawan sehingga menghasilkan poin untuk teamnya.adapaun Tugas Smasher adalah sebagai berikut;
  • Mematahkan serangan lawan
  • Sebagai Penyerang Utama dalam permainan bola voli
  • Multi fungsi sekaligus sebagai blocker
  • Memberikan smash cepat
  • Menghasikan point dengan tipuan

Pengertian Libero dan Tugas Libero


Pengertian Libero adalah Pemain yang dianggap sebagai pemain spesialis barisan belakang. Pemain ini hanya bermain dalam barisan belakang dan diperbolehkan mengganti pemain barisan belakang manapun tanpa batas pada saat bola mati. Libero tidak boleh melakukan servis, mengumpankan bola ke penyerang dari depan garis serangan, atau menyerang bola dari atas puncak jaring. Adapun Tugas Libero adalah ;
  • Sebagi Pemain Belakang
  • Melakukan Passing ke Set upper / Toser
  • Menjaga Tipuan Lawan
  • Menangkal Serangan Smash Lawan untuk lebih jelasnya anda bisa simak pada postingan saya yang lalu yaitu : Ketentuan Libero Dalam Bol Voli

Pengetian Universal dan Tugasnya


Pasti dalam olahraga permainan ada yang dijadikan sebagai pemain universal tak lain bedanya dengan bola voli ini juga di kenal dengan universal, adapun  Pengertian Universaler adalah pemain serba guna, bisa sebagai pengumpan, bisa sebagai penyerang, dan juga bisa sebagai pemain bertahan. dan ini untuk lebih jelasnya anda bisa baca Pola Permainan Bola Voli.

Adapun Tugas Pemain Universal dalam permainan bola voli adalah sebagai pemain multi fungsi yang posisinya bisa menempatkan dan mengampu tugas sesuai dengan posisi yang ada.seperti contohnya pemain berada diposisi belakang maka bisa berugas passing, jika didepan bisa sebagai smasher dan blocker. nah biasanya pemain ini memiliki penguasaan Teknik dasar bola voli yang cukup baik sehingga bisa menempatkan posisinya dimanapun berada.

Pengertian Servis dan Pasing

pengertian-servis-bola-voli

Nah servis dan Passing juga menjadi faktor utama dalam berjalannya permainan bola voli yang baik dalam menerapkan berbagai Formasi pola permainan seperti pola menyerang atau pola bertahan. adapun Pengertian Servis adalah : sajian pertama dalam permainan bola voli untuk mengawali permainan. Sedangan Pengertian pasing bola voli adalah gerakan mengumpan bola kepada teman atau mengembalikan bola lawan. sedangkan pasing sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu : pasing atas / set up dan pasing bawah

Nah saya rasa sudah jelas bukan mengenai Pengertian Toser, Pengertian Blocker, Pengertian Smasher, Pengertian Universal, Pengertian Libero, saya juga sudah capek juga dalam menulis panjang lebar, saya istirahat dulu deh, saya beraharap anda lebih paham dan tahu apa itu sebenarnya permainan bola voli, dan pahami semua seluk beluknya, baik dari pengetahuan dasar serta ketrampilannya, Semangat kawan anda pasti bisa. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close