KI dan KD Penjasorkes / PJOK SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017

KI dan KD Penjasorkes / PJOK SMK/SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017. Halo rekan guru semuanya khususnya yang mengampu mapel penjas, kali ini masih menemani anda dalam nuansa pendidikan khususnya mapel PJOK Kurikulum 2017 Revisi Terbaru.

Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan di indonesia telah mengalami beberapa perubahan baik dalam perangkat pembelajaran, administrasi ataupun metode pengajaran yang diterapkan, pada kurikulum 2013 dulu ditetapkan pada jenjang pendidikan SMP/ MTS, SMK/SMA/MA jumlahnya 3 jam per JP, dengan total jumlah jam 318, tetapi pada revisi kurikulum 2013 revisi tahun 2017 ini mengalami perubahan diantaranya pengurangan jumlah jam dan hanya menjadi 2 jam per JP, dan itupun hanya untuk kelas X dan XI untuk jenjang pendidikan menengah atas.

ok untuk menyingkat waktu, langsung saja mari kita lihat apa yang terkandung di dalam KI dan KD Penjasorkes SMK Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 ini, silahkan bisa anda amati dengan baik dan cermat dibawah ini, dan kemudian bisa menerapkannya kedalam sekolah bapak/ibu guru semuanya.
ki-kd-penjas-k13-revisi-2017

KI dan KD Penjasorkes / PJOK SMK/SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap social yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi pesertadidik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3(PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis,dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan meta kognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4(KETERAMPILAN
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerakmahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa langsung mendownloadnya dibawah ini saja ya bapak/ibu guru, daripada saya tulis semua komplet juga saya capek, hehehehe

Download KI dan KD Penjasorkes SMK/MAK 2013 revisi tahun 2017 Disini.

Demikian informasi singkat yang mungkin bisa membantu rekan guru olahraga di seluruh tanah air, semoga bermanfaat dan salam olahraga.

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close