Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional Dan Internasional ( FIFA )

Lapangan Sepak Bola | Sepak bola merupakan olahraga yang sudah dikenal oleh hampir semua lapisan masyarakat. Memang olahraga sepak bola ini menjadi olahraga populer di jaman modern ini, mungkin juga bisa dikatakan olahraga sepanjang masa. Banyak berbagai informasi yang coba di rangkum dari permainan sepak bola, diantaranya, info berita sepak bola baik tingkat nasional maupun internasional.

Tahukah anda bahwa dalam permainan sepak bola di perlukan fisik yang kuat untuk bisa memainkannya dengan baik, selain fisik diperlukan juga penguasaan teknik dasar sepak bola dengan baik. pengetahuan sepak bola tidak lengkap rasanya jika kita hanya bisa menonton pertandingan sepak bola baik langsung maupun di televisi, tidakkah anda ingin tahu apa itu sebenarnya pengertian sepak bola ?, sejarah sepak bola itu dari mana? dan berapa ukuran lapangan sepak bola ?, dari pertanyaan di atas sebenarnya sudah saya bahas satu persatu di blog volimaniak ini. tetapi pada kesempatan kali ini volimaniak mencoba memberikan informasi lebih detail mengenai Ukuran lapangan sepak nasional dan internsional ( FIFA ),

Sebenarnya saya sudah banyak menyinggung dan menjelaskan mengenai lapangan sepak bola pada postingan saya yang lalu yang bertemakan sarana dan prasarana sepak bola, tetapi tidak ada salahnya kalau volimaniak ingin memberikan lebih rinci mengenai lapangan sepak bola ini, untuk informasinya mari kita simak dan pelajari bersama.

Lapangan sepak Bola nasional


Dari sumber wikipedia di jelaskan bahwa ukuran lapangan sepak bola yang digunakan untuk tingkat nasional secara detailnya adalah sebagai berikut :
  • panjang garis samping : 90-110 m
  • Lebar                         : 45-90 m
  • Jari-jari lingkaran tengah : 9.15 m
  • Daerah Gawang : 18.3 x 5.5 m
  • Daerah Pinalti : 40.3 x 16.5 m
  • Jarak titik tendangan hukuman penalti dengan garis gawang : 11 m
  • Tinggi gawang berukuran : 2.4 m
  • Lebar Gawang berukuran : 7.3 m

Lapangan sepak Bola Internasional (FIFA)

Sebenarnya ukruan lapangan sepak bola internasional juga tidak jauh beda dengan ukuran lapangan sepak bola nasional, yang membedakan hanyalah di panjang dan lebar lapangannya, untuk penjabarannya adalah sebagai berikut :

Untuk pertandingan internasional dewasa, lapangan sepak bola internasional yang digunakan memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter.Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter.Di bagian depan dari gawang terdapat area pinalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang.Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan pinalti atau tidak.

ukuran lapangan sepak bola

Detail Rinci lapangan Sepak bola Internasional adalah sebagai berikut :
  • panjang garis samping : 100-120 m
  • Lebar                         : 75-90 m
  • Jari-jari lingkaran tengah : 9.15 m
  • Daerah Gawang : 18.3 x 5.5 m
  • Daerah Pinalti : 40.3 x 16.5 m
  • Jarak titik tendangan hukuman penalti dengan garis gawang : 11 m
  • Tinggi gawang berukuran : 2.4 m
  • Lebar Gawang berukuran : 7.3 m
Demikian informasi yang bisa volimaniak mengenai lapangan sepak bola, semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam bermain sepak bola, dan jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan artikel bisa anda menambahkannya dalam kotak komentar.terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

4 Responses to "Ukuran Lapangan Sepak Bola Nasional Dan Internasional ( FIFA )"

  1. Informasi bermanfaat untuk menambah wawasan mengenai ukuran lapangan bola kaki nasional maupun nasional mas Purnama...Pantasan pemain kita sering kecapekan karena luas lapangan nasional lebih kecil ukurannya dari lapangan internasional, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, memang ukuran lapangan sepak bola nasional lebih kecil, pemain indonesia kecapean mungkin juga karena postur mereka lebih kecil dari pada orang barat.

      Delete
  2. wah info tentang lapangan bolanya lengkap mas, saya suka sepak bola tapi baru kali ini tau ukuran2 lapangan standar sepak bola...

    nice info mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, semoga informasi lapangan sepak bola di atas bisa membantu

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.