Senam Aerobik

Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang telah dipilih dengan durasi tertentuAerobik mengandung pengertian suatu sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen di dalam jaringan tubuh. Pemasukan oksigen ini ditentukan oleh kapasitas maksimal paru-paru saat menghirup udara. Latihan aerobik yang dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup akan memperbaiki kerja jantung dan paru-paru.

Dengan sering melakukan aktifitas senam aerobik akan menambah daya tahan tubuh sehingga kesehatan anda akan meningkat, memang jika kita lihat manfaat senam aerobik sangat banyak, tetapi kali ini volimaniak akan bahas secara apa umum apa itu sebenarnya senam aerobik. tidak usah lama-lama berikut rinciannya.


Sejarah Senam


Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang – orang berlatih tanpa pakaian. Sedangkan Gymnasium adalah suatu tempat yang dipergunakan untuk mengadakan latihan senam. Pada zaman itu Gymnastik dilakukan dalam rangka upacara – upacara kepercayaan yaitu guna menyembah
dewa Zeus.
senam aerobik

Pada awal permulaan abad ke – 20, senam telah menjadi rencana pendidikan di sekolah – sekolah Amerika. Hal ini berkat usaha dari Dr.J.F. Williams, Dr.Dubly sorgen dan Thomas D.Wood.
Frederik Jahn adalah bapak Gymnastik, dia memkombinasikan latihan-latihan gimnastik dengan pertunjukan-pertunjukan patriotik. Dia juga menemukan beberapa peralatan senam, diantaranya adalah palang horizontal, palang sejajar, kuda – kuda melintang, dan bak lompat. Senam di negara Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu namanya “Gymnastiek”, zaman jepang dinamakan “Taiso”. Pemakaian istilah “senam” sendiri kemungkinan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.

Sejarah perkembangan senam dimulai sejak zaman kuno, sebelum Masehi, baik di dunia barat, di dunia timur atau timur tengah. Materinya dibagi dalam empr bagian yang masing – masing merupakan satunera dengan cirinya masing – masing : yaitu zaman kuno, zaman abad pertengahan dan permulaan zaman modern, zaman modern di eropa dan bagian akhir adalah senam di abad ke Duapuluh.

Pengetahuan tentang sejarah terkadang membosankan bila kita hanya melihat dongengnya saja. Tapi apabila anda perhatikan dengan seksama, maka di dalamnya penuh dengan buah pikiran, kejadian, situasi, sifat, tingkah laku, yang indah, yang jahat, yang bermanfaat dan sebagainya, yang semuanya akan menambah wawasan pribadi anda yang tentu akan sangat berguna bagi anda sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Dengan memahami sejarah senam sejak zaman kuno sampai sekarang, anda akan menghargai karya dan buah pikiran orang lain sebelum anda dan banyak di antaranya yang dapat anda jadikan contoh suri tauladan dalam menjalankan tugas anda sehari – hari baik sebagai pendidik ataupun sebagai siswa.

Senam pada zaman kuno


Sejarah perkembangan senam erat sekali hubungannya dengan perkembangan pendidikan jasmani dan pendidikan pada umunya. Sejak dadulu, para ahli filsafat percaya bahwa tingkat kesegaran jasmani masyarakat (istilah sekarang) menurun maka tingkat pendidikannya juga akan menurun. Bila hal ini terjadi, maka para pendidik harus mengarahkan perhatiannya pada faktor peningkatan kesegaran jasmani nasional. Kenyataan yang berusaha memasukkan senam dan pendidikan jasmani ke dalam kurikulum sekolah adalah para ahli filsafat dan pemimpin masyarakat. Dewasa ini orang percaya bahwa pendidikan jasmani merupakan aspek penting dari program pendidikan umum. 

Sejarah perkembangan senam dan pendidikan jasmani pada umumnya merupakan evolusi yang dipengaruhi oleh tuntutan dan keadaan negara, pemerintah, kota, lembaga –lembaga maupun kelompok dan individu / perorangan.

Mesir 2000 s.M


Para ahli berpendapat bahwa berdasarkan penemuan – penemuan pada peninggalan bangsa mesir kuno yang terdapat dalam piramida - piramida, senam telah menjadi kebudayaan penduduk. Dalam hal ini dapat dilihat pada tulisan-tulisan, gambar – gambar, relief dan mosaics. Bangsa mesir menggemari perlombaan senam, latihannya banyak berbentuk senam lantai seperti tubling. Ada pula latihan berbentuk yoga.

Yunani Kuno. 1000 – 800 s.M


Orang yunani saat itu membentuk tujuan pendidikannya ialah keutamaan individu. Ini dapat dicapai dengan mengembangkan motto “men of action dan Men of Wisdom” orang terampil (yang sehat dan kuat) dan orang yang bijaksana. Prinsip ini dimasukkan ke dalam program pendidikan jasmani yang tujuannya membentuk prajurit. Maksudnya untuk mengatasi situasi yang memaksa. Yunani memusatkan latihannya kepada keterampilan dan kualitas keprajuritan. Mereka menyukai pertandingan beregu maupun perorangan yang secara langsung terasa pengaruhnya hingga sekarang. Mereka telah juga memberi kepada pendidikan jasmani dengan menambah sportifitas, menyukai olahraga dan perjuangan. Senam pada masa itu bersifat informal dan sebagian besar kegiatan tersebut berhubungan erat dengan upacara keagamaan. Cerita tentang llliad dan Odyssey menunjukkan bahwa hanya orang, yang turut serta dalam olahraga semacam itu. untuk lebih jelasnya silahkan anda bisa membaca sejarah senam aerobik.

Pengertian Senam 


Senam adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya. Berlainan dengan cabang olahraga lain umumnya yang mengukur hasil aktivitasnya pada obyek tertentu, senam mengacu pada bentuk gerak yang dikerjakan dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari setiap bagian anggota tubuh dari komponen-komponen kemampuan motorik seperti : kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, agilitas dan ketepatan. Dengan koordinasi yang sesuai dan tata urutan gerak yang selaras akan terbentuk rangkaian gerak artistik yang menarik.
Untuk mengetahui pengertian senam, kita harus mengetahui cirri-ciri senam antara lain:
  1. Gerakan-gerakannya selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja
  2. Gerakan-gerakannya harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu (meningkatkan kelentukan, memperbaiki sikap dan gerak atau keindahan tubuh, menambah ketrampilan, meningkatkan keindahan gerak, meningkatkan kesehatan tubuh)
  3. Gerakannya harus selalu tesusun dan sistematis
  4. Berdasarkan cirri-ciri diatas, batasan senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.

Macam-macam Gerakan Senam Aerobik

Sebenarnya macam-macam gerakan senam aerobik itu ada 5 macam gerakan, tetapi disini akan saya bahas dulu gerakan dasar senam aeobik,berikut penjelasannya.

1. Senam Aerobik


Senam aerobik merupakan senam yang dilakukan dengan memakai musik sebagai iringannya. Jenis senam ini memiliki irama tertentu dan sangat mirip dengan menari. Hanya saja, bedanya tujuan gerakan senam aerobik lebih ke kesehatan dan bukan pada tujuan keindahan ataupun seni seperti kegiatan menari. Tujuan dari senam aerobik adalah untuk kebugaran, kesehatan, pembentukan tubuh dan meningkatkan denyut jantung serta paru-paru untuk memperlancar peredaran darah. Tidak hanya itu, senam aerobik yang dilakukan secara rutin bisa membuat seseorang menjadi awet muda. Senam yang memiliki manfaat ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik perempuan maupun lelaki.

2. Gerakan Senam Aerobik


Gerakan senam aerobik bisa dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu pemanasan,inti, dan pendinginan. Ketiga gerakan tersebut harus ada dalam senam aerobik. Ketiga gerakan senam aerobik tersebut memiliki tujuannya masing-masing.

a. Pemanasan

  • Pemanasan adalah gerakan awal yang wajib dilakukan sebelum melakukan gerakan senam aerobik yang lainnya.
  • Tujuan secara umum adalah untuk melemaskan otot-otot yang kaku, mengurangi cidera, meningkatkan suhu tubuh untuk persiapan gerakan berikutnya.
  • Biasanya, dilakukan selama 10-15 menit.
  • Pemanasan juga dibagi menjadi 3 bagian, yaitu menggerakkan sebagaian tubuh tanpa berpindah, menggerakkan seluruh tubuh secara berpindah, dan peregangan.
  • Menggerakkan tubuh tanpa berpindah bisa dilakukan dengan menggerakkan kepala, jalan di tempat, mengayunkan tangan ke kanan dan ke kiri, serta meletakkan tangan di pinggang.
  • Irama musik dalam pemanasan masih wajar dan tidak terlalu cepat.

b. Inti

  • Gerakan awal, disebut juga low impact
  • Gerakan puncak atau inti.
  • Gerakan akhir sebelum pendinginan.
  • Waktu yang digunakan biasanya antara 40 sampai 55 menit.
  • Tujuan dari gerakan inti adalah untuk membentuk tubuh menjadi lebih indah.
  • Gerakan inti lebih keras dan disiplin dibandingkan dengan gerakan pemanasan.
  • Pada gerakan inti, keringat yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan gerakan pemanasan.
  • Dalam gerakan inti ini, denyut nadi jadi lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya.
  • Irama musik dalam gerakan inti sangat cepat dibandingkan gerakan senam aerobik yang lainnya.

c. Pendinginan

  • Gerakan yang dilakukan tidak seperti gerakan inti.
  • Digunakan untuk mengatur pernapasan.
  • Merupakan fase-fase sebelum mengakhiri senam aerobik.
  • Gerakan pendinginan adalah gerakan yang bertujuan untuk kembali menormalkan denyut nadi yang berdetak kencang.
  • Musik yang diperdengarkan dalam proses pendinginan ini lebih slow dibandingkan pada bagian pemanasan dan inti.
Itulah 3 macam gerakan senam aerobik. Ketika gerakan senam aerobik tersebut merupakan gerakan yang wajib ada dalam senam aerobik. 

Cukup sekian dulu wawasan mengenai senam aerobik untuk lebih jelas dan lengkapnya mengenai olahraga senam aerobik baik dari video senam aerobik akan saya bahas pada kesempatan mendatang, semoga bermanfaat,terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

close