Pengertian Permainan Bulutangkis/Badminton

Pengertian Permainan Bulutangkis. Olahraga yang di kenal dengan cara bermain menggunakan raket adalah bulutangkis, olahraga ini termasuk dalam kategori olahraga permainan bola kecil yang mana sudah sering kita terima pelajarannya ketika masih duduk dibangku sekolah,

Permainan bulutangkis merupakan olahraga yang bisa di bilang cukup modern dan hampir dikenal oleh semua orang masyarakat indonesia, karena olahraga ini termasuk olahraga yang mudah di pelajari dan bisa dilakukan oleh berbagai umur, termasuk dari anak-anak, remaja, dan dewasa.

Olahraga ini salah satu olahraga termahal yang membutuhkan biaya banyak untuk bisa bermain, karena memang perlengkapan utama yang dibutuhkan adalah shuttlechock, dan ini sifatnya hanya dalam satu permainan sudah rusak, tidak seperti olahraga lain seperti permainan bola voli yang bolanya bisa digunakan dalam beberapa tahun.

Hem walaupun mahal olahraga ini termasuk laris dan seringkali dimainkan oleh beberapa kalangan, karena badminton juga bisa dimainkan dimanapun, untuk lebih idealnya memang olahraga ini dimainkan di ruangan tertutup yang tidak ada angin, bisa di GOR atau pun yang lain, saya pun juga sering mengisi waktu luang pada waktu malam hari untuk bermain bulutangkis ini lo, memang asyik dan menyenangkan walau harus keluar uang lumayan banyak untuk bisa bermain.
pengertian bulutangkis
Pengertian Bulutangkis, Source image : indopos.co.id
Pada topik kali ini masih seputar bulutangkis, untuk menambah wawasan anda selain mempelajari teknik dasar bulutangkis, alangkah baiknya jika anda lebih tahu secara detail apa sih pengertian bulutangkis itu?

Ok tak usah lama-lama saya menguraikannya, bagi yang sudah ingin lanjut materi ini, wajib di baca sampai habis ya, berikut keterangan lebih lanjut mengenai pengertian bulutangkis.

Pengertian Bulutangkis/Badminton


Hem emang ada ya arti dari badminton itu? yah semua materi penjas bisa di artikan lo, baik dari permainan, aquatik, atletik, kebugaran jasmani dan sebagainya, termasuk olahraga badminton ini, ok berikut pengertian permainan badminton;

Dari sumber wikipedia disebutkan bahwa pengertian permainan bulutangkis adalah : Suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Sekarang sudah tahu kan apa itu arti permainan bulutangkis, untuk lebih lengkap lagi juga akan saya bahas sedikit informasi dari permainan bulutangkis, untuk lebih jelas, bisa dibaca berikut ya;

Sejarah permainan bulutangkis

Olah raga yang dimainkan dengan kok dan raket, kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Tiongkok.

Nenek moyang terdininya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa, Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Alih-alih, objeknya dimanipulasi dengan kaki. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.

Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini.

Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.

Untuk lebih jelas lebih lengkap mengenai sejarahnya bisa anda baca pada postingan yang lalu yaitu : Sejarah permainan bulutangkis

Teknik Dasar Bulutangkis


Untuk bisa bermain bulutangkis dengan baik perlu penguasaan teknik dasar badminton dengan baik, maka dari itu anda yang belum tahu bisa baca baik-baik, teknik dasar bulutangkis di bagi menjadi beebrapa bagian yaitu ;
  • Cara memegang raket (Grip)
  • Sikap Berdiri
  • Gerak Kaki (Foot Work)
  • Teknik Pukulan (Strokes)
  • Pukulan dari atas kepala :
  • Pukulan dari tengah atau samping
Tidak perlu saya jelaskan lebih lanjut mengenai uraian dari tekniknya, ini sudah saya bahas secara lengkap beserta pembagiannya, anda bisa membacanya lebih lanjut pada postingan saya yang lalu :

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

46 Responses to "Pengertian Permainan Bulutangkis/Badminton"

  1. Sudah lama gak pernah main bulutangkis, tapi biasanya cuman sekedar main aja gak terlalu paham teorinya... Sekarang baru baca-baca teorinya, apalagi sejarahnya baru tahu sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem ayo deh mas, maen badminton lagi, biar selalu sehat

      Delete
  2. hobi saya dulu main bulu tangkis sekarang g bisa ga ada tempatnya sedangkan angin kenceng sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang pengaruh angin yang kencang bisa tidak stabil kock nya mas

      Delete
  3. jadi inget jaman dulu mas meski belum pernah ikut kejuaraan. yang pasti saya senag kalo main bulu tangkis.
    sudah lupa semua aturannya saya mas. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem aturan terbaru badminton menggunakan sistem rally point mas

      Delete
    2. makanya mangs sesekali harus diulang ulang mangs biar jadi murid teladan :) hahahahaha

      Delete
    3. wakakaa benar juga tuh mas mukhlis

      Delete
  4. Bulu tangkis, salah satu olahraga yang paling banyak memberikan prestasi, bisa membanggakan negara... saya lebih memilih main bulutangkis daripada disuruh futsal.. bulu tangkis sejarahnya sebenarnya dari inggris apa china ya... saling ngaku ngaku...jadi bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaa, nah itu yang jadikan semua belum pasti mas, belum ada sumber terpercaya juga kok

      Delete
    2. bingung bingung, seperti gentayangan saja ya :(

      Delete
    3. hehehe kayak pocong donk mas

      Delete
  5. Makin eksis aja bang purnama posting artikel nya....
    Tumben saya blogwalking lagi ni bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya mas, kan memang biar tambah banyak aja, hem koneksi lelet ya kok sampai banyak komentnya, wakakaka

      Delete
  6. Makin eksis aja bang purnama posting artikel nya....
    Tumben saya blogwalking lagi ni bang :)

    ReplyDelete
  7. Makin eksis aja bang purnama posting artikel nya....
    Tumben saya blogwalking lagi ni bang :)

    ReplyDelete
  8. tuh kan saya jadi semakin mengerti dan memahami pengertian dari permainan bulu tangkis teh, nggak cuman maennya doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas, minimal kita tahu apa arti badminton itu, gak cuma asal maen

      Delete
  9. kalo dengar masalah bulu tangkis teringat masa dulu dan sampai sekarang termasuk olah raga faforit saya tuh mas :) satu lagi voli sama berenangg plus bola kaki :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem gitu ya mas mukhlis, termasuk penggemar olahraga juga nih ya

      Delete
  10. dulu setiap bulutangkis main badan rasanya panas dingin nonton apalagi kalau piala thomas saat ini aduh badminton kita begitu tertinggal dari negara lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem memang pak, semakin hari pemain kita semakin tertinggal, ini yang perlu di benahi untuk atlet badminton indonesia

      Delete
  11. bulutangkis, salah satu cabang olahraga yang sering membawa nama Indonesia di kancah kejuaraan dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, tapi sekarang sudah mulai menyusut

      Delete
  12. saya lebih suka olah raga bulu tangkis, sepertinya nantik malam saya akan menuju ke tkp mas, hehe, maklum mas orang kami mah begitu :) hehehe

    ReplyDelete
  13. Saya kurang suka main bulu tangkis, mas. Soalnya ya itu tadi, mahal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem memang mas, boros juga kalau sering maen

      Delete
  14. biasa main bulu tangkis di pekarangan rumah haha gak ada netnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem gak apa2 mas yang penting sehat deh

      Delete
    2. haha sehat ngejar kok yang arahnya ke sana kemari

      Delete
    3. hem gak apa2 mas, yang penting kan sehat dulu

      Delete
    4. hem gak apa2 mas, yang penting kan sehat dulu

      Delete
  15. ternyata bulutangkis itu ada tehniknya ya, kalo saya main bulutangkis suka ngasal tepak aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah mbak defa nih biasa gebukin kasur makanya bisa bulutangkis, wakakaka

      Delete
  16. saya masih harus mengasah kemampuan bulu tangkis nih mas, belum masuk lagi latihan saya teh, kemarin mbak susi susantinya belum datang soalnya.dia mau mewariskan tekniknya ke saya loh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka, nunggu 60 tahun lagi mas, kalau nunggu mbak susi datang

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.