Tatacara mengikuti uji kompentisi guru / UKG online tahun 2015

Tatacara mengikuti uji kompentisi guru / UKG online tahun 2015 ~ Salam edukasi buat rekan seperjuangan guru semuanya, masih membicarakan mengenai pelaksanaan UKG tahun 2015, jika kemarin sudah saya jelaskan lebih rinci mengenai tatacara pelaksanaan UKG online, kali ini untuk menambah wawasan anda serta mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam UKG tahun 2015, volimaniak akan memberikan informasi penting ini buat anda semuanya yaitu Tatacara mengikuti uji kompentisi guru / UKG online tahun 2015, untuk lebih lengkapnya mari kita bahas bersama-sama.

UKG secara rutin telah dilakukan sejak tahun 2012 bagi guru yang akan mengikuti sertifikasi guru. Mulai tahun 2015 ini UKG secara rutin akan dilakukan untuk mengukur profesionalisme guru. Tujuannya untuk mengetahui level kompetensi individu guru dan peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Pelaksanaan UKG difokuskan pada identifikasi kelemahan guru dalam penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional.

UKG tahun 2015 akan diikuti oleh semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS dengan jumlah jenis soal yang akan diujikan adalah 192 mata pelajaran/guru kelas/paket keahlian/BK. Perolehan hasil UKG pada masing-masing guru menjadi bagian dari penilaian kinerja guru, oleh karena itu sesuai dengan prinsip profesional guru akan mengikuti UKG pada mata pelajaran sesuai dengan sertifikat pendidik dan jenjang pendidikan yang diampunya. Disamping itu, hasil UKG juga digunakan sebagai bahan pertimbangan kebijakan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru serta pemberian penghargaan dan apresiasi kepada guru.
cara mengikuti ukg online
Pelaksanaan UKG melibatkan berbagai instansi di lingkungan peperintah pusat dan pemerintah daerah. Keterlaksanaan dan suksesnya pelaksanaan UKG sangat bergantung kepada tim pelaksana UKG di masing-masing unit terkait. Oleh karena itu agar seluruh instansi yang terlibat dalam pelaksanaan UKG memiliki pemahaman yang sama tentang dasar pelaksanaan, mekanisme pelaksanaan UKG, dan prosedur operasional standar UKG, maka perlu disusun informasi yang lengkap tentang persiapan dan pelaksanaan UKG tahun 2015 dalam satu pedoman pelaksanaan UKG.

Cara Mengikuti Ujian Kompetensi Guru Online


Berikut yang harus anda ketahui untuk mengikuti UKG secara online, anda bisa mengikuti semua petunjuk yang ada.
  1. Registrasi UKG online terlebih dahulu, jika belum tahu baca petunjuknya pada Tatacara Pendaftaran UKG online.
  2. Setelah registrasi, peserta memasuki ruangan minimal 30 menit sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan identitas lainnya.
  3. Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis.
  4. Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta UKG dan NUPTK.
  5. Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit menggunakan soal ujicoba atau soal latihan
  6. Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal UKG yang disediakan.
  7. Waktu ujian akan tampil di layar komputer dan mulai menghitung mundur saat soal ujian mulai diakses.
  8. Menjawab soal ujian dengan cara memilih jawaban yang dianggap benar dengan menggunakan mouse atau menekan keyboard (huruf A, B, C atau D).
  9. Jika terjadi salah pilih jawaban, peserta dapat memperbaiki jawaban dengan cara yang sama pada butir g di atas. Peserta dapat mengganti jawaban beberapa kali tanpa mengurangi nilai.
  10. Soal akan tampil di layar komputer satu per satu.
  11. Aplikasi UKG online akan berhenti secara otomatis pada saat waktu ujian berakhir.
  12. Peserta yang telah menyelesaikan ujian meninggalkan ruangan.
Cukup singkat padat dan jelas bukan, ok cukup sekian dulu yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini mengenai cara mengikuti UKG online tahun 2015, semoga bermanfaat. terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak: