Sistematika / Urutan Melakukan Senam Aerobik dengan Benar

Sistematika / Urutan Melakukan Senam Aerobik dengan Benar ~ Yah ayo yang hobi senam aerobik jangan sampai ketinggalan informasi senam di volimaniak, dalam melakukan senam ada beberapa pedoman dasar yang harus dilakukan diantaranya pemanasan,peregangan,gerakan inti, dan pendinginan, semua uruta itu dilakukan agar semua bisa dilakukan dengan baik untuk menghindari cedera, kalau kemarin sudah saya perjelas mengenai sejarah senam aerobik tiba saatnya volimaniak akan berbagi kepada anda semua mengenai sistematika / urutan melakukan senam aerobik.

jangan sampai kebalik ya dalam melakukan senam aerobik agar tujuan utama dalam melakukan senam bisa tercapai. jika tidak dilakukan dengan benar manfaat senam aerobik akan kurang maksimal, untuk lebih jelasnya berikut rincian lengkapnya;

Pemanasan Senam Aerobik


Pemanasan, Dilakukan kurang lebih selama 15 menit, pada sesi ini mencakup latihan-latihan:

  1. Isolation, pada tahap latihan ini biasanya posisi kita tidak berpindah kemana-mana, misalnya posisi half squat (kaki dibuka selebar satu setengah bahu lutut agak ditekuk) gerakan yang dilakukan hanya terbatas pada persendian dan otot lokal saja. Latihan pada tahap ini tentunya dilakukan dengan menggunakan intensitas yang rendah, pada sesi ini latihan bertujuan untuk menaikkan suhu, dengan menyiapkan otot-otot lokal dan persendian untuk mampu melakukan latihan berikutnya.
  2. Full body doings, menggerakkan keseluruhan bagian otot tubuh gerakan bounching menekuk dan meluruskan tungkai dengan kombinasi gerakan yang bertujuan untuk melatih semua otot dan persendian, ingat orientasikan melatih semua yang kita punya. Gerakan-gerakan memindahkan titik berat badan atau berpindah tempat juga bisa dilakukan seperti tap side, approachable wander, marching take in hand atau marching backward, melakukan gerakan single atau double step tentunya dengan kombinasi gerakan tangan yang relatif mudah.
  3. Stretching, usahakan agar tetap menjaga gerakan yang ditampilkan baik secara teknik, tujuan dan intensitas, karena pada tahap ini peregangan yang dilakukan adalah peregangan dinamis (involved stretch). Lakukan peregangan dengan teknik yang betul dan lakukan peregangan dengan menggunakan daerah gerak yang betul dan yang lebih penting adalah untuk tetap menjaga intensitas latihan tetap terjaga. Secara umum ada beberapa bagian tubuh yang harus diregangkan yaitu:
  • Paha depan
  • Paha belakang
  • Betis
  • Pantat
  • Punggung

Latihan inti senam aserobik


http://www.volimaniak.com/

Latihan Inti I (cardiorespiratory), latihan ini ditujukan untuk membakar lemak, melatih pernafasan serta daya tahan otot tubuh, dilakukan + selama 20 menit, terdiri dari latihan-latihan:
  1. Pre aerobic (low impact) latihan untuk mengantarkan kita ke dalam tujuan kelas senam aerobik yang kita targetkan. Kalau pada tahap full body energy kita telah membuat blok gerakan, maka kita dapat menggunakan blok gerakan tersebut pada sesi pre aerobic, tetapi jangan lupa untuk menaikkan intensitas, untuk try denyut nadi naikkan intensitas latihan perlahan-lahan, selalu ingat untuk tidak membuat rasa capek yang mendadak, berilah porsi yang seimbang untuk kerja otot dan persendian sehingga kelas akan tetap berjalan dengan keceriaan tanpa merasa tersiksa dengan rasa capek juga dengan penggunaan gerakan atau blok gerakan yang bisa diikuti oleh peserta.
  2. Peak aerobik, pada sesi inilah position of view toward yang kita capai harus dipertahankan untuk beberapa saat, misalnya tujuan yang hendak dicapai adalah latihan untuk melatih sistem peredaran darah dan pernafasan lewat kelas combination impact maka yang harus menjadi bahan pertimbangan adalah penggunaan waktu dan pemilihan gerakan.
  3. Post aerobik (low impact), pemilihan gerakan yang paling tidak menguras konsentrasi adalah kalau kita menggunakan gerakan-gerakan yang ada pada sesi pre aerobic, yang perlu dingat bagaimana kita mengatur intensitas, menurunkan intensitas secara perlahan adalah bagian harus kita lakukan agar pada sesi selanjutnya kita lebih siap untuk melakukan latihan kekuatan atau latihan peregangan.
Latihan Inti II (challestenic), dilakukan + 15 menit, terdiri dari latihan-latihan:
  • Pengencangan
  • Penguatan (strenght)
  • Kelentukan (flexibility)

Pendinginan senam aerobik


Pendinginan (cooling all along), dilakukan + selama 10 menit, terdiri dari latihan-latihan:
  • Dynamic stretching
  • Static stretching
Itulah sedikit informasi bagaimana urutan senam aerobik yang benar, untuk lebih detail mengenai senam aerobik akan saya bahas lebih lengkap dalam postingan mendatang, sampai disini dulu, semoga bermanfaat,terimakasih

Dapatkan Info Terbaru dari Volimaniak:

14 Responses to "Sistematika / Urutan Melakukan Senam Aerobik dengan Benar"

  1. Melakukan senam Aerobic ternyata gak boleh sembarangan, Harus mengikuti aturan-aturannya.. Saya suka lupa pemasanan kalo olahraga, mangkanya sering cidera/Keram otot di kakinya... kalo langsung ke inti senam emang gak boleh ya mas pur.
    Kalo ada gambar disetiap langkah senam aerobic mungkin bisa lebih dipahami mas.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mas, ini contoh yang bagus nanti akan saya update untuk jenis gambar gerakannya, untuk sekarang hanya sebatas tulisan dulu, sebenarnya saya lebih suka membuat kolaborasi dan menciptkan musik sendiri jadi lebih pas gerakannya

      Delete
  2. Ini spesial guru olahraga nih.kalau saya jarang senam nih mas. soalnya ga ada komunitas senam seperti disekolah. ada tips?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang keseharian guru olahraga, walau gak ada komunitas senam kita bisa memulai dengan hal singkat dan sederhana kok mas, senam bisa dilakukan siapa saja, gerakan bisa di pilih yang ringkas dan mudah tidak usah rumit dulu

      Delete
  3. seperti yang Saya tau senam memang sebaiknya dilakukan dengan berurutan mulai dari pemanasan, inti dan pendinginan, tapi yang baru Saya tau ternyata ada istilah yang musti dilakukan dalam pemanasan, inti maupun pendinginan..

    Sepertinya si Bos ini guru olah raga yia... thx Bos sangat menambah wawasan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh kalau di telusuri memang senam itu ada istilah asing dan banyak mas, hampr setiap olahraga itu memiliki istilah yang berbeda dan kebanyakan bahasa inggris, ya mas memang spesialis saya guru olahraga dan musik

      Delete
  4. Replies
    1. hadeh saya ini laki-laki mbak, kok panggilnya mbak juga

      Delete
  5. Ini penyakit saya kalo mau maen futsla langsung cocor tanpa peregangan, ternyata bisa cedera termasuk sekedar senam yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai sekarang dirubah pak, agar nanti tidak mudah kena penyakit tua, baik dari encok,sendi, dan yang lain

      Delete
  6. Jadi inget waktu kerja di yamaha musi dulu mas. Tiap pagi WAJIB ikut senam. Tapi asik sih, hehe.
    Pernah ga ikut, pas kerja badannya ga enak. Karena udah kebiasaan kali ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hem aktifitas olahraga yang rutin dilakukan kadang jika tidak dilakukan otot akan terasa kaku mas, apalagi senam, rasanya jika tdak melakukan badan malah kurang sehat

      Delete
  7. segala sesuatu itu ada teknik dan aturannya ya mas,hehe
    terimakasih udah share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak, termasuk senam aerobik juga ada urutannya

      Delete

Terimakasih kunjungan anda. ( Fast Respont comment dengan akun google anda )

Jadilah Pembaca Yang Bijak Dengan meninggalkan jejak jika Artikel di volimaniak membantu anda

Aturan Koment :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> sesuai topik Artikel
> kritik dan saran membangun
> seputar pertanyaan
> Saya akan berkunjung balik ke blog sobat secara rutin

Mohon maaf jika koment di balas telat

Admin ucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan support anda untuk kemajuan blog ini.

close